Titiknolenglish.com – Jika kita sudah belajar suatu hal pasti kita tidak bisa menghindari namanya tes, tes digunakan untuk menguji kemampuan kalian selama belajar apapun itu. Jadi kita bahas sedikit tentang soal tes untuk IELST dan TOEFL, dan kamu bisa mengunduh soal-soal yang kami sediakan untuk latihan.

Untuk menguji kompetensi atau menguji kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki, ada beragam cara atau jenis tes yang bisa kamu lakukan. Salah satunya dengan mengikuti tes seperti TOEFL, TOEIC, dan IELTS.

Titik Nol English Course juga menyediakan program untuk kamu yang ingin mendapatkan nilai bagus pada ujian TOEFL atau EILTS dengan cara mempersiapkan materi pembelajaran sebelumnya. Tentu ketika tes dimulai, kamu sudah siap akan tantangannya.

Skor dari tes ini berkisar mulai dari 0-9. Untuk mendapatkan nilai yang termasuk dalam kategori standar baik, kamu harus memperoleh skor minimal 5,5 sampai 7. Namun jangan khawatir! Standar skor yang kamu butuhkan tentu akan berbeda dan bergantung pada kebijakan dari universitas. Kamu harus mengetahui terlebih dahulu persyaratan yang diminta oleh program yang akan kamu pilih.

Durasi IELTS sendiri akan memerlukan waktu selama 2 jam 45 menit. Kamu akan menemukan beberapa bagian soal yang diantaranya:

  • Listening: 30 menit
  • Writing: masing-masing 1 jam
  • Reading: 60 menit
  • Speaking: 14-15 menit dengan 3 bagian

Nah, itu dia serangkaian tantangan yang bakal kamu hadapi! Perlu diingat, setiap soal memerlukan strategi pengerjaan yang berbeda. Kamu harus mengerjakan secara seksama dan bisa memutuskan jawaban dengan cepat serta matang. Agar dapat memahami lebih mudah tentang tes ini, yuk simak beberapa gambaran contoh soal IELTS beserta tips pengerjaannya dibawah ini:

Baca Juga : Info Terbaru Biaya Kursus di Kampung Inggris 2022

Tips Mengerjakan Tes IELTS

1. Listening

Dalam modul Listening, kamu diharuskan menjawab 40 pertanyaan dari 4 bagian rekaman. Bagian ini bertujuan untuk menguji kemampuan mendengar kamu termasuk pengertian keseluruhan percakapan, informasi yang disebut, hingga opini pembicara.

Rekaman hanya akan diputar sekali saja dan pertanyaan yang muncul akan ada berbagai macam. Pertanyaan yang diajukan seperti melengkapi kalimat, kesimpulan, melengkapi bentuk, hingga pilihan ganda. Rekaman itu akan memuat suara native speaker dan meminta peserta tes untuk menjawab soal sesuai dengan pertanyaan yang diajukan.

Sebagai contoh:
Bagian 1 biasanya merupakan percakapan antara 2 orang dalam kehidupan sosial sehari-hari (percakapan aktivitas kemarin ataupun mencari tempat tinggal).

Bagian 4 biasanya monolog mengenai topik akademik (misalnya perbincangan kuliah oleh dosen).

“Tips penting: Atur perhatian penuh dan fokuslah pada rekaman tersebut agar kamu dapat memahami detail pembicaraan untuk mengetahui jawaban dari pertanyaan yang ada. Kamu bisa membuat catatan pada kertas pertanyaan sembari mendengarkan rekaman tersebut.”

2. Writing

Jenis pertanyaan yang ada dalam Writing IELTS berbasis komputer tidak berbeda jika dibandingkan dengan paper test.

Contoh soal IELTS dalam modul Writing seperti:

Bagian 1, kamu akan diberikan grafik, daftar, atau diagram, dan akan diminta untuk merangkum atau menjelaskan informasi tersebut dengan kata-kata sendiri. Kamu juga bisa diminta untuk mengurai tahapan-tahapan suatu proses, bagaimana sesuatu bekerja, atau menggambarkan suatu objek atau peristiwa.

Bagian 2, kamu akan diminta untuk menulis esai sebagai tanggapan terhadap sudut pandang, argumen, atau sebuah masalah.

“Tips penting: Usahakan untuk lebih teliti dalam menjelaskan topik permasalahan yang sedang dibahas. Selain kemampuan gramatikal yang baik dan tepat, keakuratan jawaban dalam memecahkan masalah juga diperhitungkan.”

Baca Juga : Rekomendasi 5 Tempat Kursus IELTS Terbaik di Indonesia

3. Reading

Dalam soal Reading, kamu akan memiliki waktu satu jam untuk menyelesaikan seluruh pertanyaan. Jawaban tentu akan ada didalam artikel bahkan jika kamu merasa itu terlihat implisit.

Karenanya, kamu perlu teliti dalam membaca keseluruhan konteks. Soal Reading pun bervariasi. Biasanya akan meliputi pengidentifikasian informasi, mencocokkan judul, melengkapi ringkasan, kalimat, maupun catatan, hingga label pada diagram.

“Tips penting: Sering-seringlah membaca dan menjawab pertanyaan sebuah artikel sebelum mengerjakan bagian tes ini agar kamu terbiasa. Selain itu, sangat penting untuk teliti dan menguasai pengelolaan waktu. Kecepatan dalam membaca dan menjawab merupakan strategi utama untuk menyelesaikan bagian ini dengan baik.”

4. Speaking

Perlu diketahui bahwa Speaking IELTS dilakukan secara tatap muka dengan seorang penguji satu per-satu di ruang pribadi tanpa terganggu oleh peserta tes lain. Kelebihannya, kamu jadi tidak menemukan gangguan teknis dalam peralatan maupun distraksi lainnya!

Kamu harus menunjukkan pemahaman yang baik tentang instruksi dan pertanyaan Speaking IELTS yang diberikan untuk mencapai skor yang layak. Tanggapan kamu nantinya juga harus jelas dan memiliki hubungan langsung dengan topik dalam pertanyaan. Disamping itu, kamu juga bisa memaksimalkan skor dengan tata bahasa, tenses, dan kosakata setepat mungkin.

Dalam durasi waktu ujian Speaking 11-14 menit, kamu akan diberikan soal yang dibagi menjadi tiga bagian seperti berikut ini:

Bagian 1 – Introduction and Interviews:

Dimana bagian pertama dari tes selalu dimulai dengan perkenalan singkat oleh penguji dan diikuti dengan verifikasi identitas kandidat.

Bagian 2 – Individual Long Turn:

Kamu akan diberikan Candidate Task Card yang merupakan kartu yang berisi topik atau tugas tertentu.

Bagian 3 – Two-way Discussion:

Pada bagian ini, kamu akan memperluas topik yang ada pada bagian 2 untuk didiskusikan dengan penguji. Kamu akan menjelaskan poin-poin pendukung dari pandangan dan pendapat kamu mengenai hal yang nantinya dibicarakan bersama.

Baca Juga : 5 Website Belajar IELTS Gratis
Daftar Kursus TOEFL dan IELTS

Terus gimana sih belajar TOEFL atau IELTS? Gimana bentuk soal-soalnya, gimana cara jawabnya? Kira-kira ada penyedia gratis nggak sih? Rileks, kita hidup di jaman serba internet dan salah satu kenikmatannya adalah banyak sekali modul atau bahkan latihan soal-soal yang bertebaran dan gratis di mesin pencari.

Berkat teknologi yang terus berkembang, sudah tersedia banyak aplikasi atau bahkan website untuk belajar TOEFL ini dan gratis. Jadi, tinggal dimanfaatkan saja dari layar gadget kita. Kebetulan juga saya kemarin mengumpulkan thread di Twitter mengenai latihan Bahasa Inggris ini mulai dari vocabulary, tips mengerjakan toefl, modul-modul soal yang bisa dilihat di sini.

Namun biar nggak susah nyari dan skrol-skrol lagi, saya akan mengumpulkan tautan atau link untuk download gratis modul soal-soal latihan TOEFL dan IELTS secara gratis di bawah ini. Silakan di bookmark dan manfaatkan sebaik-baiknya ya!

Soal-soal latihan IELTS Cambridge 5-9 (http://bit.ly/IELTSfiles) (Password: IELTS-Preps56789) – Updated: Jika link tidak bisa dibuka, kamu bisa DOWNLOAD DI SINI

TOEFL Exam Essentials DOWNLOAD NOW
Cliff’s TOEFL Preparation Guide DOWNLOAD NOW
Peterson’s Master TOEFL Reading Skills DOWNLOAD NOW
Peterson’s TOEFL Success 2005 DOWNLOAD NOW
Longman English Grammar Practice Intermediate DOWNLOAD NOW

New Grammar Practice Pre-Intermediate DOWNLOAD NOW
TOEIC DOWNLOAD NOW
Barron’s TOEIC DOWNLOAD NOW
TOEFL CBT Pack DOWNLOAD NOW
TOELF IBT Pack DOWNLOAD NOW

Baca Juga : Berapakah Nilai Minimal Untuk Tes IELTS?

TOEIC Pack DOWNLOAD NOW
IELTS Pack DOWNLOAD NOW
TOEIC Starter New Format DOWNLOAD NOW
TOEIC Cambridge DOWNLOAD NOW
Download contoh soal TOEFL DOWNLOAD NOW

Download contoh soal TOEFL 2 DOWNLOAD NOW
Download contoh soal TOEFL 3 DOWNLOAD NOW
Download Materi All About English DOWNLOAD NOW
TOEFL & IELTS Latihan DOWNLOAD NOW

Berikut rekomendasi untuk membantu kamu dalam mempersiapkan TOEFL dan IELTS, terdapat kursus regular dan juga privat. Juga tersedia kelas secara offline dan online di Kampung Inggris Pare, Kediri

REGULAR ONLINE COURSE

Info Selengkapnya
Info Selengkapnya
Info Selengkapnya
Info Selengkapnya

PRIVATE ONLINE COURSE

IELTS Writing – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Writing IELTS disertai praktek.


Kamu akan belajar setiap

  • Senin
  • Rabu
  • Jumat


Pukul:

19:00-20:00 WIB


PAKET:
6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

Info Selengkapnya

IELTS Speaking – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Speaking IELTS disertai praktek.

Kamu akan belajar setiap

  • Senin
  • Rabu
  • Jumat

Pukul: 10:00-11:00 WIB

PAKET: 6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

Info Selengkapnya