Titiknolenglish.com – Di artikel kali ini kita akan bahas tentang berapakah nilai minimal tes IELTS dan TOEFL yang dapat digunakan sebagai syarat kuliah maupun kerja di luar negeri. Pada awalnya tes IELTS diterima oleh institusi di beberapa negara ini, seperti negara Australia, Inggris dan Selandia Baru. Bahkan sekarang IELTS dapat dikatakan sudah menjadi standart di seluruh dunia khususnya Eropa dan USA.

Sedangkan untuk di dalam negeri, instansi lokal menggunakan IELTS sebagai salah satu syarat yang wajib dimiliki dalam proses promosi atau kenaikan jabatan. Eh, anak sekokah atau mahasiswa juga tidak ketinggalan loh. Beberapa Universitas menjadikan IELTS sebagai syarat kelulusan bagi mereka, Hayoo.

Lalu berapa sih standart nilai kelulusan dalam tes IELTS ? Nilai IELTS berkisar dari range 0 – 9. Biasanya setiap universitas menetapkan standart minimum score yang berbeda-beda . Rata-rata Untuk program S1 membutuhkan sekitar 5.5 – 6.5 sedangkan program S2 membutuhkan 6.5 – 7.5 Semangat!!

Representasi skor IELTS?

Setelah melalui beberapa tes IELTS, Kamu akan mendapatkan hasil tes yang dikirimkan oleh pusat penyelengara dalam waktu 13 sampai dengan 15 hari. Namun, setelah itu, kamu masih harus menafsirkan hasil tersebut.

Lebih baik jika kamu juga mengetahui metode penghitungan skor IELTS dan skor yang dibutuhkan untuk memasuki universitas atau organisasi profesional yang kamu inginkan sebelum mengikuti tes. Mendaftar tes membutuhkan biaya yang tidak sedikit, jadi sangat disayangkan jika kamu gagal apalagi gagal secara terus menerus.

Jadi, sebaiknya kamu harus memastikan untuk lulus, idealnya hanya dengan sekali coba, dan menargetkan skor yang diperlukan sesuai dengan tujuan kamu. Apakah kata-kata pemula menjadi penghambat kamu untuk berkembang? tentu tidak kan?!

Persiapan IELTS sangat dianjurkan untuk dilakukan sebelum kamu mengikuti tesnya. Pada tautan berikut ini Kamu akan menemukan berbagai materi dan tips pendukung yang dapat membantu Kamu mempersiapkan diri menghadapi tes tersebut dengan sebaik mungkin.

Daftar Kursus TOEFL dan IELTS

Bagaimanakah Cara Menghitung Skor IELTS?

Penilaian IELTS sendiri dimulai dari 0 (atau 1) sampai dengan 9 (ahli). Nilai keseluruhan yang didapatkan pada tes merupakan skor rata-rata pada setiap seksi. Setiap seksi juga dinilai dari 0 sampai dengan 9. Skor IELTS diperoleh dengan mengakumulasikan kemudian diambil rata-rata nilai (listening, reading, writing, speaking).

Bagaimanakah skor IELTS bersesuaian dengan tingkat kemampuan berdasarkan skala CERCL (Kerangka Acuan Bersama Eropa untuk Bahasa)?

Skor IELTS yang tergolong bagus berkisar diantara 6 hingga 9. Dari sini bisa disimpulkan bahwa persiapan sebelum melakukan tes sangatlah penting, dan di Titik Nol English Coursevkamu akan mendapatkan semua hal yang kamu butuhkan sebelum melakukan tes TOEFL maupun IELTS.

Apakah IELTS Juga Menjadi Syarat di Perusahaan?

IELTS (International English Language Testing System) adalah tes yang diperuntukkan bagi mereka yang ingin beremigrasi ke luar negeri, mendapatkan naturalisasi dan mendapatkan visa untuk negara berbahasa Inggris. Oleh karena itu, IELTS sangat dikenal di lingkup perusahaan dalam konteks ekspatriasi dan juga imigrasi (terutama di Kanada, Inggris, Australia, dan Selandia Baru).

Meskipun diakui di seluruh dunia, IELTS lebih sesuai untuk kamu yang ingin mengikuti pelatihan di luar negeri atau yang ingin melanjutkan pendidikan di universitas negara-negara Anglo Saxon, dll.

Untuk dunia kerja, tes yang lebih tradisional, seperti TOEIC, GRE (Graduat Record Examination), Cambridge (CAE, CPE) lebih disarankan.

Tidak diragukan lagi, tes yang paling terkenal di dunia kerja adalah TOEIC, sangat populer di CV. Umumnya, TOEIC akan menjadi referensi tes bahasa Inggris bagi perusahaan dan pemberi kerja untuk menilai tingkat kemampuan kandidat pelamar atau karyawan perusahaan tersebut.

Minimal Skor Untuk TOEFL

Test of English as a Foreign Language), disingkat TOEFL merupakan ujian kemampuan berbahasa Inggris (logat Amerika) yang dibutuhkan untuk keperluan mendaftar ke universitas di Amerika Serikat atau negara yang berbasis Bahasa Inggris. Ujian ini sangat diperlukan bagi pendaftar yang bahasa aslinya bukan bahasa Inggris.

Ujian TOEFL ini diselenggarakan oleh lembaga ETS (Educational Testing Service) di Amerika Serikat untuk semua peserta tes di seluruh dunia. TOEFL pada umumnya diperlukan untuk persyaratan masuk kuliah pada hampir semua universitas di Amerika Serikat dan Kanada baik untuk program undergraduate (S-1) maupun graduate (S-2 atau S-3).

Hasil tes TOEFL ini juga digunakan sebagai salahsatu bahan pertimbangan mengenai kemampuan berbahasa Inggris dari calon mahasiswa yang mendaftar ke universitas di negara lain, termasuk universitas yang berada di Eropa dan Australia.

Secara umum, TOEFL lebih berorientasi kearah American English, dan sedikit berbeda dengan IELTS yang berorientasi kearah British English. Tidak seperti IELTS, TOEFL ini pada umumnya tidak mempunyai bagian individual interview test.

Selain itu TOEFL pada sekarang ini sudah mulai banyak digunakan dalam dunia kerja sebagai salah satu mekanisme recruitment atau jenjang kenaikan pangkat. Biasanya tes ini memakan waktu sekitar tiga jam dan diselenggarakan dalam 4 bagian, yaitu bagian:

  • listening comprehension
  • grammar structure and written expression
  • reading comprehension
  • writing

Tes bahasa inggris TOEFL terdiri dari dua jenis yaitu Computer-based Testing dan Paper-Based Testing. Model Computer-based Testing merupakan tes yang menggunakan media berupa komputer. Skor penilaian model ini berada di kisaran 216-677.

Sedangkan untuk Paper-Based Testing merupakan tes yang menggunakan kertas sebagai media pengujiannya. Skor penilaian dengan model ini berada di kisaran 450-550 ke atas. Nilai hasil ujian TOEFL berkisar antara: 310 (nilai minimum) sampai 677 (nilai maksimum) untuk versi PBT (paper-based test).

TOEFL IBT

Sejak tahun 1998, tes TOEFL diadakan masive secara online dengan menggunakan komputer (Computer-based Testing/CBT), dan sejak tahun 2005 istilah tersebut dirubah menjadi IBT (Internet-based Test). Di tempat-tempat yang belum bisa melaksanakan IBT (karena belum ada fasilitas komputer dan jaringan internetnya), ujian TOEFL ini masih tetap diadakan secara manual menggunakan kertas dan pensil (paper-based test atau PBT).

Informasi lebih lengkap tentang tes CBT dan paper-based TOEFL berkaitan dengan pendaftaran, lokasi penyelenggaraan, biaya, dan bahan-bahan persiapan tes dapat dilihat di situs resmi TOEFL, http://www.toefl.org (hasil ujian TOEFL versi CBT mempunyai nilai berkisar antara 0 sampai 300, sementara nilai untuk IBT adalah dari 0 sampai 120).

Akhir-akhir ini lembaga penyelenggara tes TOEFL juga mengadakan jenis tes TWE (Test of Written English) yang hasil nilainya sudah terpisah dari nilai tes TOEFL. Tes ini memakan waktu selama 30 menit, dan peserta akan diminta untuk menuliskan karangan singkat yang menggambarkan kemampuan kamu untuk mengekspresikan dan menuangkan suatu gagasan atau ide, serta mendukung gagasan itu dengan contoh-contoh yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari dengan menggunakan bahasa Inggris yang standar. Bila TWE (Test of Written English) termasuk bagian yang diujikan, biasanya tes ini dilaksanakan sebelum ujian Listening Comprehension.

TOEFL ITP

TOEFL ITP (Institutional Testing Program) merupakan uji kemampuan bahasa inggris berbasis kertas yang diselenggarakan oleh instansi atau lembaga tertentu dan biasanya hanya digunakan untuk keperluan internal. Berbeda dengan TOEFL IBT, TOEFL ITP hanya terdiri dari 3 bagian, yaitu :

  • kemampuan mendengarkan (listening comprehension)
  • kemampuan ekspresi struktur bahasa dan menulis (structure and writing expression)
  • kemampuan membaca (reading comprehension).

Terdapat dua tingkatan dalam TOEFL ITP, yakni level 1 untuk peserta menengah ke atar hingga mahir dan level 2 untuk peserta dengan kemampuan pemula hingga menengah ke bawah. Nilai tes TOEFL ITP level 1 berkisar antara 310 hingga 677, sedangkan untuk level 2 berkisar antara 200 hingga 500.

Saran : Perbanyak latihan dan perdalam materi sebelum tes, kami merekomendasikan untuk mencoba salahsatu dari pilihan paket dibawah ini, kamu bisa mempelajarinya terlebih dahulu

REGULAR ONLINE COURSE

Info Selengkapnya
Info Selengkapnya
Info Selengkapnya
Info Selengkapnya

PRIVATE ONLINE COURSE

IELTS Writing – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Writing IELTS disertai praktek.

Kamu akan belajar setiap

  • Senin
  • Rabu
  • Jum’at


Pukul:

19:00-20:00 WIB

PAKET:
6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

Info Selengkapnya

IELTS Speaking – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Speaking IELTS disertai praktek.

Kamu akan belajar setiap

  • Senin
  • Rabu
  • Jum’at

Pukul:
10:00-11:00 WIB

PAKET: 6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

Info Selengkapnya