Contoh Soal TOEFL Structure

Contoh Soal TOEFL Structure

titiknolenglish.com – TOEFL merupakan tes kemampuan bahasa Inggris berstandar Internasional yang diperlukan untuk mengurus keperluan akademik maupun non akademik. Dalam tes ini, kamu akan diujikan  dengan beberapa jenis pertanyaan, salah satunya adalah Structure and Written Expression.

Tes TOEFL saat ini telah menjadi persyaratan untuk berbagai kepentingan termasuk kepentingan akademik maupun non akademik. Masing-masing institusi biasanya juga memiliki standar nilai TOEFL tersendiri yang harus dipenuhi oleh peserta. Oleh sebab itu, kamu harus bisa menjawab semua soal dengan maksimal termasuk bagian Structure and Written Expression ini.

Lalu seperti apa materi dan contoh soal TOEFL Structure and Written Expression itu? Untuk informasi lengkapnya, simak penjelasan di bawah ini:

Materi Soal TOEFL Structure and Written Expression

Banyak yang menganggap bahwa TOEFL Structure merupakan bagian tersulit pada ujian kemampuan bahasa Inggris ini. Hal ini karena tes ini menguji kemampuan peserta dalam bidang grammar atau tata bahasa dalam bahasa Inggris.

Pemberian soal jenis ini bertujuan untuk menguji kemampuan peserta dalam mengindentifikasi bahasa Inggris tulis yang digunakan dalam situasi formal. Soal Structure and Written Expression terdiri dari dua bagian, yaitu struktur kalimat (Structure) dan ekspresi bahasa Inggris tulis (Written Expression).

Soal Structure and Written Expression biasanya terletak pada bagian kedua materi tes TOEFL setelah sesi listening. Dalam bagian ini, peserta diminta untuk mengerjakan 40 soal yang berkaitan dengan structur dan grammar bahasa Inggris. Waktu pengerjaan untuk tes TOEFL bagian ini adalah 25 menit.

Secara umum, materi soal Structure and Written Expression dibagi menjadi dua model, seperti di bawah ini:

Part A

Sentence Completion atau Incomplete Sentence

Dalam model pertanyaan  part A ini merupakan pertanyaan pilihan ganda dimana peserta akan diberikan 15 soal pilihan ganda. Peserta harus memilih satu jawaban paling benar dari 4 pilihan jawaban yang disediakan.

Part B

Error Identification atau Underlined Word

Untuk soal pada part B ini, peserta harus menjawab pertanyaan sebanyak 25 soal. Kamu harus dapat mengindetifikasi bagian mana yang secara grammatika salah di antara 4 kata atau frasa yang digarisbawahi.

Contoh Soal TOEFL Structure dan Written Expression

Untuk lebih jelas tentang seperti apa TOEFL Structure dan Written Expression, berikut contoh soal yang perlu kamu perhatikan:

a. Soal TOEFL Structure

1. I wish you would tell me…………….

(A) Who is being lived next door

(B) Who does live in the next door

(C) Who lives next door

(D) Who next door was living

Untuk menjawab kalimat di atas, maka kamu perlu memahami susunan kalimat yang tepat terlebih dahulu. Susunan kalimat dalam bahasa Inggris yang benar adalah “subject + verb + complement + modifier”.

Dari pilihan jawaban yang ada, maka kalimat (D) sudah pasti salah karena tidak sesuai dengan aturan susunan kalimat yang baik. Sedangkan pada kalimat (A) “is being lived” tidak mungkin pada model structure verbal. Kalimat (B) bisa kamu abaikan karena kata “does” dan “in the” tidak penting berada dalam kalimat model ini. Jadi jawaban yang paling benar adalah (C).

2. During the Daytona, the lead car …………….. leaving the others far behind

(A) Forward far behind

(B) Advanced rapidly

(C) Advance forward rapidly

(D) Advanced in a rapidly manner

Setelah subject “the lead car” tentu kamu akan membutuhkan verb untuk melengkapi kalimat tersebut. Kata “forward” bukan merupakan verb, jadi jawaban (A) sudah pasti salah. Kemudian untuk jawab (B) adalah benar “verb + adverb rapidly”. Jawaban (C) terlalu berlebihan karena “advanced” artinya “move forward”. Sedangkan jawaban (D) tidak tepat karena “rapidly” harusnya digunakan sebagai bentuk adjective.

3. Refugee migration is at………….. worldwide

(A) An all time high

(B) The all time high

(C) All times high

(D) The high all time

Pilihan jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah (A). Dalam pilihan tersebut, terdapat article yang diikuti dengan kata sifat untuk kata benda “high”. Klausanya terpisah dengan klausa utama.

b. Soal TOEFL Written Expression

1. In the (A) United States, there (B) are much (C) holidays throughout the (D) year.

Dari kalimat di atas, peserta diminta untuk mencari kata yang salah dari 4 pilihan yang disediakan. Dalam kalimat tersebut, kata “much” dapat dikategorikan sebagai non-count nouns sedangkan kata “holidays” merupakan count noun. Jadi kata yang salah adalah (C) yang harusnya diganti dengan kata “many”.

2. Phoenix, Arizona, stands (A) where the Honokam Indians built a canal system (B) and carried on (C) irrigated farming before long (D) the time of Columbus.

Frasa “before long” kurang tepat karena yang benar adalah “long before” sehingga jawaban yang perlu diperbaiki adalah (D).

3. Founded by (A) the Spanish as (B) Yerba Buena in 1835, what is now San Francisco was taken (C) over by the United States in 1846 and later renamed it (D).

Kata kerja yang digunakan dalam pilihan jawaban (D) seharusnya bukan dalam format past tense “renamed” melainkan dalam bentuk present yaitu “rename”. Jadi jawaban untuk soal di atas adalah (D).

Tips Mengerjakan Soal TOEFL Structure and Written Expression

Structure and Written Expression merupakan salah satu bagian tes TOEFL yang menurut beberapa peserta ujian merupakan bagian yang paling sulit. Maka dari itu, jika ingin mendapatkan skor yang tinggi dalam tes ini, kamu membutuhkan tips yang tepat.

Berikut ini tips mengerjakan soal TOEFL Structure and Written Expression agar mendapatkan skor maksimal:

  • Relax dan tenang saat mengerjakan soal.
  • Teliti dalam membaca pertanyaan dan jawaban. Hal ini karena banyak sekali jebakan dalam soal structure and written expression yang bisa mengurangi skor jika kamu tidak teliti saat menjawab.
  • Jangan menghabiskan waktu untuk satu pertanyaan karena waktu pengerjaan tes TOEFL bagian ini sangat terbatas.
  • Pahami penggunaan part of speech (noun, adjective) dalam kalimat.
  • Kenali Agreement of Person, seperti “she is” bukan “she are”, Agreement of Number, “many moons” bukan “many moon”, dan Agreement of Tense seperti “I saw it yesterday” bukan “I see it yesterday”.
  • Pahami susunan kata dalam bahasa Inggris, seperti “beautiful girl” bukan “girl beautiful”.
  • Sering berlatih menjawab soal.

Itulah ulasan menarik seputar contoh Soal TOEFL bagian Structure and Written Expression yang perlu kamu ketahui. TOEFL Structure bisa dibilang menjadi salah satu bagian tersulit dalam tes kemampuan bahasa Inggris ini. Maka dari itu, perlu persiapan yang matang agar kamu bisa mendapatkan hasil yang maksimal. Selain dengan berlatih sendiri di rumah, kamu juga bisa ikut kursus di Titik Nol English Course untuk memahami materi Structure dan bagian lainnya dari tes TOEFL dengan lebih baik. Selain itu, follow juga akun Instagram Titik Nol untuk informasi seputar bahasa Inggris dan beasiswa luar negeri.