Apa itu TOEFL Prediction Test?

titiknolenglish.com (Apa itu TOEFL Prediction Test?) – Hallo TNers, apakah kamu mau tau bagaimana caranya untuk mendapatkan pengalaman mengikuti tes yang hampir sama dengan tes asli TOEFL? Hitung-hitung sebagai sarana latihan kamu juga sebelum menghadapi tes TOEFL yang resmi. Bagi kamu yang belum kenal, yuk kenalan sama TOEFL Prediction Test. Simulasi tes TOEFL ini bisa jadi solusi buat kamu yang masih ragu dengan kemampuan TOEFL mu. Bahkan kabar baiknya, sertifikat hasil dari TOEFL Prediction Test ini bisa juga dijadikan salah satu kelengkapan berkas untuk mendaftar pekerjaan di beberapa instansi lho!

Nah, sampai disini makin penasaran kan? Minol sudah siapkan ulasan tentang “Apa itu TOEFL Prediction Test” di bawah ini. Tapi kamu pastikan juga untuk membaca ulasannya sampai habis ya, karena Minol akan memulai penjelasannya dari perkenalan apa itu TOEFL Prediction Test hingga kegunaan dari sertifikat hasil dari tes tersebut. Yuk mari kita simak ulasannya di bawah ini.

Apa itu TOEFL Prediction Test?

TOEFL atau Test of English as a Foreign Language adalah salah satu tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional. Seperti yang sudah kita ketahui tes ini diperlukan untuk berbagai keperluan mulai dari syarat masuk kuliah, daftar beasiswa hingga melamar pekerjaan di perusahaan Internasional.

Ada beberapa jenis ujian TOEFL yang bisa kamu pilih, mulai dari TOEFL ITP, PBT hingga IBT. Masing-masing jenis TOEFL tersebut memiliki tujuan berbeda yang bisa kamu pilih sesuai dengan kebutuhan.

Agar bisa lolos dalam ujian TOEFL dan mendapatkan skor yang tinggi maka kamu perlu melakukan berbagai persiapan. Persiapan tersebut seperti: belajar materi tes TOEFL secara mandiri, ikut kursus TOEFL secara intensif hingga mendaftarkan dirimu untuk mengikuti tes simulasi TOEFL atau TOEFL Prediction Test.

TOEFL Prediction Test merupakan tes simulasi yang dilakukan sebagai latihan sebelum menjalani tes TOEFL sungguhan. Materi yang diujikan tidak jauh berbeda dengan tes TOEFL resmi sehingga peserta akan mendapatkan gambaran bagaimana tes TOEFL resmi nanti akan dijalani. Dengan begitu, kamu bisa mempersiapkan diri dengan lebih baik sehingga hasilnya juga akan lebih maksimal.

Manfaat Mengikuti TOEFL Prediction Test

Buat kamu yang masih ragu dengan kemampuan TOEFLmu, pasti sangat terbantu jika kamu mengikuti TOEFL Prediction Test ini. Nah, untuk lebih jelasnya berikut beberapa manfaat mengikuti TOEFL Prediction Test yang perlu kamu ketahui:

Simulasi Tes TOEFL yang Sesungguhnya

TOEFL Prediction Test bisa menjadi salah satu sarana simulasi untuk mendapatkan gambaran bagaimana tes TOEFL yang sesungguhnya. Format tes yang diberikan dalam TOEFL Prediction ini tidak jauh berbeda dengan tes resmi. Dalam tes ini, kamu juga akan diberikan soal yang sama, yaitu: Listening Comprehension, Structure and Written Expression hingga Reading Comprehension.

Menjadi Wadah Evaluasi Kemampuan Diri

Skor yang didapatkan dari hasil TOEFL Prediction Test memang tidak seakurat dari tes TOEFL resmi. Akan tetapi hasil tes ini bisa dijadikan sebagai acuan untuk mengetahui kemampuan diri kamu.

Dengan hasil tersebut, kamu akan tahu pada bagian mana yang harus ditingkatkan kemampuannya dan bagian mana yang perlu dipertahankan. Nantinya jika menghadapi tes TOEFL sungguhan maka kamu akan bisa mendapatkan hasil atau skor yang lebih maksimal.

Lebih Siap dan Percaya Diri Saat Tes TOEFL Resmi

Dengan latihan dan gambaran yang kamu dapatkan dari TOEFL Prediction Test ini, nantinya akan membuat kamu lebih siap dan percaya diri saat menghadapi tes TOEFL sungguhan. Kamu tidak akan khawatir untuk mengerjakan ujian karena telah memiliki gambaran dari soal latihan yang sudah dikerjakan sebelumnya.

Mengikuti TOEFL Prediction Test juga membuat kamu bisa mengatur strategi terbaik saat menjawab pertanyaan. Hasilnya skor yang akan didapatkan pasti menjadi lebih tinggi karena telah mempersiapkan segala hal dengan baik.

Perbedaan Tes TOEFL Prediction dengan Tes TOEFL Resmi

Walaupun cara mengerjakan dan soal yang diberikan antara tes TOEFL Prediction dan tes TOEFL resmi hampir sama, akan tetapi kedua jenis tes ini tetap memiliki perbedaan. Berikut ini perbedaan tes TOEFL prediction dan tes TOEFL resmi yang perlu kamu ketahui:

Kegunaan Tes

Tes Prediction merupakan jenis tes TOEFL yang dilakukan untuk memprediksi skor dan kemampuan bahasa Inggris kamu sebelum melakukan tes TOEFL resmi. Secara umum, materi ujian yang diberikan pada tes prediction ini biasanya sama dengan materi tes TOEFL ITP karena memiliki sistem pengerjaan dan soal yang hampir sama.

Kedua jenis tes ini bisa dilakukan berulang kali jika belum mencapai skor yang diinginkan. Meskipun demikian, tetap ada perbedaan dari kedua jenis tes ini terutama dalam hal biaya. Tes TOEFL Prediction menawarkan biaya yang lebih murah jika dibandingkan dengan tes TOEFL resmi.

Komponen Materi Tes

Perbedaan kedua dari tes TOEFL Prediction dengan tes TOEFL resmi adalah pada komponen materi soal yang diberikan. Dalam tes TOEFL resmi, materi yang diujikan memiliki empat komponen soal, yaitu: Listening Comprehension, Reading Comprehension, Structure Written Expression, dan Speaking. Waktu pengerjaannya adalah sekitar 3 – 4 jam.

Sedangkan untuk tes TOEFL Prediction, materi yang diujikan hanya terdiri dari tiga komponen, yaitu Listening, Reading, dan Structure. Untuk waktu pengerjaan tes ini, peserta diberikan waktu selama 1.5 jam hingga 2.5 jam.

Biaya

Selain materi ujian yang berbeda, tes TOEFL Prediction dan tes TOEFL resmi juga memiliki perbedaan dalam hal biaya. Test TOEFL Prediction biasanya mematok harga sekitar Rp 50.000 hingga Rp 250.000 ribu untuk satu kali tes.

Sedangkan pada tes TOEFL resmi biaya bervariatif tergantung jenis tes yang kamu pilih. Akan tetapi secara umum biaya tes TOEFL resmi bisa berkisar antara Rp 550.000 hingga Rp 2.000.000 untuk jenis tes TOEFL IBT.

Kegunaan Sertifikat TOEFL Prediction Test

Sama halnya seperti dalam tes TOEFL resmi, dalam TOEFL Prediction Test kamu juga akan mendapatkan sertifikat setelah kamu berhasil menyelesaikan tesnya. Akan  tetapi sertifikat yang kamu dapatkan dari TOEFL Prediction Test ini memiliki hasil skor yang kurang akurat sehingga hanya bisa digunakan sebagai evaluasi proses belajar saja. Itu artinya sertifikat tersebut tidak bisa digunakan untuk mengurus berbagai keperluan akademik maupun non akademik.

Sedangkan dalam tes TOEFL resmi, sertifikat yang diperoleh oleh peserta diterbitkan langsung oleh ETS (Education Testing Service) yang berpusat di Amerika Serikat. Sertifikat tes TOEFL resmi ini bisa digunakan untuk mengurus berbagai keperluan termasuk keperluan akademik maupun non akademik.

Meskipun begitu, sertifikat yang diterbitkan dari TOEFL Prediction Test ini juga bisa digunakan untuk keperluan mendaftar di perusahaan dalam negeri atau pun mengikuti ujian Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang mensyaratkan sertifikat kemampuan bahasa Inggris sebagai salah satu kelengkapan berkas dari para pendaftarnya.

Nah, biasanya sertifikat TOEFL Prediction Test yang diterima oleh perusahaan atau instansi tersebut adalah sertifikat yang dikeluarkan oleh lembaga yang sudah memiliki izin dari Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) Republik Indonesia atau dalam hal ini adalah sertifikat dari lembaga kursus bahasa Inggris resmi yang terdaftar di Dinas Pendidikan.

Dalam hal ini, Titik Nol English Course juga menyediakan TOEFL Prediction Test  buat kamu yang membutuhkan sertifikatnya untuk kelengkapan berkas. Atau kalau kamu hanya ingin mengetahui sejauh mana kemampuan TOEFL kamu, sudah tentu sangat bisa!

Sample Sertifikat TOEFL Prediction Test

Apa itu TOEFL Prediction Test?

Informasi lengkap tentang TOEFL Prediction Test ini silakan chat Admin

Chat Admin

TOEFL Prediction Test ini bisa menjadi salah satu upaya belajar sekaligus praktek sebelum melakukan tes TOEFL sungguhan. Dengan harga yang cukup terjangkau tersebut, kamu bisa mengambil beberapa kali tes hingga mendapatkan skor yang maksimal. Dengan cara ini, saat mengikuti tes TOEFL resmi, maka kamu akan lebih siap sehingga bisa mendapatkan skor yang maksimal.

Nah itulah ulasan menarik dan penting seputar TOEFL Prediction Test yang perlu kamu ketahui. Selain dengan mengikuti tes simulasi ini, kamu juga bisa mempersiapkan diri untuk menghadapi tes TOEFL dengan ikut kursus intensif di Titik Nol English Course. Dengan materi belajar yang intensif dan soal latihan yang berkualitas, kamu akan lebih mudah mendapatkan skor maksimal. Selain itu juga, jangan lupa follow akun instagram Titik Nol yaa!