Titiknolenglish.com – Apakah kamu sedang dalam persiapan tes TOEFL? Apakah kamu sudah mempersiapkan semuanya demi mendapatkan nilai yang baik? Ataukah kamu baru mendengar istilah TOEFL? Ada beberapa cara belajar TOEFL yang bisa kamu coba di rumah agar mental lebih siap dan bisa mendapatkan hasil terbaik. Ini dia beberapa tips ala Wall Street English.

Apa Itu TOEFL?

Buat kamu yang baru mendengar tentang TOEFL, TOEFL adalah tes yang terstandarisasi untuk mengukur kemampuan Bahasa Inggris dari seseorang yang bahasa ibunya bukanlah Bahasa Inggris dan orang tersebut bertujuan untuk bekerja atau kuliah di negara yang menggunakan Vahasa Inggris sebagai bahasa resmi yang digunakan.

Tes TOEFL biasanya digunakan oleh institusi yang berasal dari negara Amerika Serikat atau Kanada, sehingga bahasa yang digunakan dalam tes adalah Bahasa Inggris Amerika atau American English.

TOEFL memiliki dua jenis tes, yaitu PBT (paper-based test) dan iBT (internet-based test). Skor atau nilai untuk ujian PBT berkisar antara 310 – 677 sedangkan untuk yang iBT berkisar antara 0 – 120.

Mengetahui Format Tes

Bisa dikatakan cara terbaik dalam menghadapi perang adalah mengetahui medannya agar kamu leluasa saat melakukannya. Kamu harus tahu kira-kira soal apa saja yang akan keluar saat tes. Kamu bisa melakukan research di internet atau juga melakukan latihan dari buku soal yang banyak dijual.

Tak cukup hanya latihan mengerjakan soal, kamu juga disarankan untuk melakukan simulasi tes agar bisa menguasai “medan perang”. Format paper based (PBT) dan internet based (iBT) ternyata sedikit memiliki perbedaan. Apa saja perbedaannya?

Internet-based test

Reading section: 60-80 menit (36-56 pertanyaan)

Listening section: 60-90 menit (34-51 pertanyaan)

Short break: 10 menit

Speaking section: 20 menit (6 tugas)

Writing section: 50 menit (2 esai)

Paper-based test

Listening section: 30-40 menit (50 pertanyaan)

Writing section: 25 menit (40 pertanyaan)

Reading section: 55 menit (50 pertanyaan)

TWE test: 30 menit (Menulis 1 esai)

Daftar

Contoh Soal Latihan Tes TOEFL

Apakah kamu sudah melakukan latihan? Atau malah belum punya bayangan sama sekali seperti apa soal TOEFL? Di bawah ini ada beberapa contoh soal tes TOEFL yang bisa kamu pelajari agar persiapan kamu menjadi lebih matang.

Reading

Ada beberapa bagian dari soal TOEFL. Kali ini kita lihat contoh soal tes TOEFL di bagian reading.

Passage:

Please go to page 20 of “International Finance”, linked above, and read the first paragraph. This paragraph begins with the phrase “Countries interact…”

Example:

According to the author in the paragraph, what does the exchange rate measure?

  1. The difference between import and export
  2. The way to convert one currency into another currency
  3. The speed of exchange of goods between countries
  4. The rate of change in international trade

Passage:

Please refer to page 22 of “International Finance”, specifically to paragraphs 2, 3 and 4.

Example:

According to the text, which country relies on a single foreign currency to maintain its exchange value?

  1. USA
  2. Russia
  3. China
  4. Germany

Dua contoh soal di atas adalah contoh soal bagian reading. Dalam bagian ini kamu diharuskan untuk menjawab beberapa pertanyaan berdasarkan teks atau paragraf yang sudah diberikan.

Kamu diharuskan untuk benar-benar membaca dengan teliti, karena ada dua bagian yang bernama factual information dan negative factual information.

Dalam bagian negative factual information biasanya diselipkan pertanyaan serta pilihan jawaban yang mengecoh dan bisa berakibat mengurangi poin kamu. Biasanya masing-masing bagian terdiri dari 3-6 pertanyaan.

Written Expression

Selain ada reading yang memiliki pertanyaan menjebak, bagian writing juga memiliki pertanyaan yang tak kalah menjebak. Soal di bawah ini adalah salah satu contoh yang memiliki empat frasa atau kata yang digaris bawahi.

Kamu perlu melakukan Identifikasi satukata bergaris bawah yang salah hingga perlu diubah untuk memperbaiki keseluruhan kalimat. Lihat contohnya di bawah ini:

  • Soal: The American (A) Declaration of Independence has been (B) signed on (C) July 4, 1776 (D) in Philadelphia, Pennsylvania.
    Jawaban: Kata yang perlu diperbaiki adalah (B) karena seharusnya menggunakan kata “was” untuk melengkapi kalimat pasif tersebut.
  • Soal: Cambodia’s (A) top court is to hear the case as early (B) the start (C) of next winter (D)
    Jawaban:Untuk komparasi, kata (B) kurang lengkap karena seharusnya menggunakan frasa “as early as”, bukan hanya “as early.”
  • Soal: Liberty of speech (A) is one of the (B) pillars of (C) Western democracy (D).
    Jawaban: Frasa “liberty of speech” kurang tepat karena yang benar adalah “freedom of speech” sehingga jawaban yang perlu diperbaiki adalah (A).

Structure

Seperti pada ujian Bahasa Inggris umumnya, soal structure juga akan keluar dalam TOEFL. Dalam structure kamu akan disuruh untuk mengisi kata yang tepat dalam kalimat yang tidak lengkap. Contoh:

Soal: Refugee migration is at ____ worldwide.

  1. an all-time high
  2. the all time high
  3. all times high
  4. the high all-time

Jawaban: Pilihan jawaban yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah (1). Dalam pilihan tersebut, terdapat article yang diikuti dengan kata sifat untuk kata benda “high”. Klausanya terpisah dengan klausa utama.

Soal: The Dallas Theater Center presents plays in two buildings, ____ was designed by the internationally renowned architect, Frank Lloyd Wright.

  1. which
  2. which one
  3. that which
  4. one of which

Jawaban: Frasa yang tepat untuk melengkapi kalimat di atas adalah “one of which” yang ada di pilihan jawaban (4) karena mengandung struktur kalimat yang lengkap.

Prose Summary

Dilansir dari FluentU, ada salah satu soal yang masih masuk dalam bagian reading bernama prose summary. Dalam soal ini kamu akan diberikan pertanyaan yang lebih mendalam mengenai bacaan yang disediakan.

Kamu akan diberikan enam pilihan jawaban panjang berdasarkan bacaan. Kamu akan disuruh untuk menganalisa garis besar dari sebuah bacaan dan disuruh memilih tiga jawaban yang tepat berkaitan dari bacaan tersebut.

Soal: The passage describes the basics of exchange rates and how they are used throughout the world. What are the main points of the passage?

  1. Countries rely on the exchange of currency to conduct trade and financial transactions across borders. Trade and investment are impossible without established currency exchange systems.
  2. The European Union maintains a fixed exchange rate between its member states, but a free-floating one in relation to every other country.
  3. The gold standard was a traditional way of pegging the currency to a commodity (gold) and basing the exchange rates on that.
  4. The Bretton Woods system allowed countries to maintain fixed currency rates and is still the norm today.
  5. Several types of currency systems are in use today, including free-floating, fixed, and composite currency fixed, among others.
  6. The IMF helps monitor currencies across the world, and every state’s central bank has to comply with its policies and Special Drawing Rights.

 

Nah, itu dia beberapa contoh soal tes TOEFL yang bisa kamu pelajari di rumah sambil mempersiapkan diri. Selain belajar soal-soal tes TOEFL, kamu juga bisa ikut kursus online di titiknol  yang punya materi sesuai dengan kebutuhan kamu.

 

REGULAR ONLINE COURSE

Pesan Sekarang
Pesan Sekarang
Pesan Sekarang
Pesan Sekarang

PRIVATE ONLINE COURSE

IELTS Writing – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Writing IELTS disertai praktek. Kamu akan belajar setiap Senin-Rabu-Jumat Pukul: 19:00-20:00 WIB PAKET: 6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

IELTS Speaking – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Speaking IELTS disertai praktek. Kamu akan belajar setiap Senin-Rabu-Jumat Pukul: 10:00-11:00 WIB PAKET: 6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)