titiknolenglish – banyak yang ingin meraih mimpinya menjadi pegawai atau mencari pengalaman di Instansi pemerintah dan di beberapa instansi pemerintah ini mewajibkan pelamarnya untuk memiliki kemampuan bahasa Inggris yang dibuktikan dengan sertifikat TOEFL. Skor minimal TOEFL untuk CPNS tidak selalu sama, penentuan skor minimal bergantung pada apa yang sudah ditetapkan oleh masing-masing instansi.

terus instansi apa saja ya yang mengunakan toefl menjadi salah satu syarat untuk masuk kedalam instansi itu Dan berapa skor TOEFL minimal yang menjadi standarnya?

Daftar

Berikut ini 7 Instansi yang mewajibakan Toefl

1.Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemenkominfo)

Sertifikat dan tes TOEFL untuk CPNS juga diwajibkan oleh beberapa formasi di Kemenkominfo dengan syarat sertifikat TOEFL tersebut diambil dalam kurun waktu maksimal 2 tahun sejak diterbitkan. Pelamar untuk jabatan dengan kualifikasi pendidikan Sarjana (S1) dan Pascasarjana (S2) pada formasi umum, lulusan terbaik, dan penyandang disabilitas wajib menyertakan sertifikat bahasa Inggris dengan skor TOEFL minimal sebagai berikut:

  • TOEFL Prediction minimal skor 400
  • TOEFL IBT minimal skor 32

2. Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR)

Kementerian PUPR memiliki banyak formasi yang menjadikan sertifikat TOEFL  sebagai syarat daftar. Sertifikat bahasa Inggris tersebut berlaku paling lama satu tahun dari tanggal pelaksanaan tes.

Rincian minimum skor TOEFL minimalnya adalah sebagai berikut:

  • TOEFL ITP minimal 450
  • IBT minimal 53

3.Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM)

Sejumlah formasi di Kementerian ESDM mewajibkan sertifikat TOEFL (Paper Based/ITP/TOEFL Prediction/TOEFL Like-Test) yang masih berlaku sebagai syarat daftar. Skor TOEFL minimal yang diterima adalah 450 atau setara dengan 133 pada Computer Based TOEFL, dan 45 pada Internet Based TOEFL.

4.Kementerian Luar Negeri

Bagi calon peserta yang ingin melamar di Kemenlu wajib menyertakan sertifikat TOEFL dengan ketentuan masing-masing sesuai jabatan yang dilamar. Misalnya, untuk posisi jabatan fungsional Diplomat, skor TOEFL minimalnya 550. Sedangkan untuk jabatan fungsional Penata anselerai dan Pranata Informasi Diplomatik minimal skor TOEFL 475.

5. Kementerian Dalam Negeri

Bagi pelamar yang mendaftar pada jabatan fungsional dosen dan widyaiswara wajib menyertakan sertifikat TOEFL dengan skor minimal 450.

6.Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PPPA)

Semua jabatan di Kementerian PPPA mewajibkan Paper Based TOEFL/TOEFL ITP dengan skor TOEFL minimal 400 (setara dengan 133 pada Computer Based TOEFL, dan 45 pada Internet Based TOEFL).

Syarat ini tidak berlaku untuk pelamar penyandang disabilitas dan putra/putri Papua dan Papua Barat.

7.Kementerian Perindustrian

Kementerian Perindustrian membuka banyak formasi yang mewajibkan adanya sertifikat TOEFL. Persyaratan ini khususnya berlaku bagi para pelamar dengan jabatan guru, dosen, maupun jabatan yang penempatannya berada di Direktorat Jendral Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional. Skor minimal TOEFL CPNS yang berlaku di Kementerian Perindustrian dirincikan sebagai berikut:

  • TOEFL minimal 475 untuk formasi guru dan dosen
  • TOEFL minimal 500 untuk formasi di unit kerja Direktorat Jenderal Ketahanan, Perwilayahan, dan Akses Industri Internasional.

sekian artikel dari kami semoga kalian dapat memperoleh ilmu atau manfaat dari artikel ini see you .

REGULAR ONLINE COURSE

PRIVATE ONLINE COURSE

IELTS Writing – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Writing IELTS disertai praktek. Kamu akan belajar setiap Senin-Rabu-Jumat Pukul: 19:00-20:00 WIB PAKET: 6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

IELTS Speaking – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Speaking IELTS disertai praktek. Kamu akan belajar setiap Senin-Rabu-Jumat Pukul: 10:00-11:00 WIB PAKET: 6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)