Penjelasan Lengkap Grammar Bahasa Inggris

Penjelasan Lengkap Grammar Bahasa Inggris

titiknolenglish.com (Penjelasan Lengkap Grammar Bahasa Inggris) – Hallo TNers, bagaimana perkembangan skill bahasa Inggris kalian? Minol berharap kemampuan bahasa Inggris kalian semakin meningkat yaa!

Kali ini Minol akan memberikan penjelasan lengkap mengenai grammar bahasa Inggris. Minol rasa masih banyak nih dari kalian yang bingung jika menghadapi materi grammar. Apa-apa saja penjelasan lengkapnya? Yuk simak ulasannya sampai habis yaa!

Pengertian Grammar

Grammar adalah tata cara atau peraturan tentang struktur kata sebagai pembentuk kalimat yang sempurna. Dalam pelajaran umum Bahasa Indonesia, grammar merupakan tata cara dalam pembentukan kalimat atau SPOK (Subjek – Predikat – Objek – Keterangan).

Begitu pun dalam bahasa Inggris, grammar digunakan untuk membentuk struktur kata menjadi kalimat yang benar. Dalam kenyataan di kehidupan sehari-hari, grammar sudah kita temui sejak kita masih balita. Naluri alami seorang anak ketika mendengar percakapan orang tuanya pasti lama kelamaan akan membantu anak tersebut untuk mengolah kata menjadi kalimat untuk percakapan yang baik dan benar.

Walaupun kedengarannya mudah, namun bagi kita yang bukan seorang yang bertutur asli bahasa Inggris tentunya akan sulit untuk mengaplikasikannya. Oleh sebab itu, beberapa cara dan tahapan yang perlu kita ketahui akan kita bahas di sini.

Seberapa Penting Grammar

Penggunaan grammar penting bagi kamu yang ingin melanjutkan kuliah di luar negeri. Grammar dibutuhkan dalam percakapan atau menulis esai (baik dalam ujian untuk mendapatkan beasiswa maupun dalam mata pelajaran akademik yang akan kamu hadapi nanti).

Walaupun dalam kenyataannya banyak perdebatan yang menyatakan bahwa grammar akan membuat percakapan kamu terlalu kaku, akan tetapi sebagai Scholarship Hunter dalam ranah yang ingin kamu hadapi nanti grammar sangat dibutuhkan untuk membantu kamu dalam menghadapi situasi-situasi formal.

Komponen Dasar Tata Bahasa dalam Bahasa Inggris

Dalam bahasa Inggris, ada 3 komponen tata bahasa yang perlu diketahui, yaitu Etymology, Orthography, dan Syntax.

a. Etymology

Etymology dalam bahasa Inggris merupakan tata cara tentang cara penyusunan huruf-huruf yang tepat ke dalam sebuah kata. Kata-kata dalam bahasa Inggris dalam Etymology dikelompokkan menjadi 8 bagian, yaitu noun, adjective, verb, pronoun, adverb, preposition, conjunction, dan interjection.

b. Orthography

Orthography merupakan tata cara ejaan suatu bahasa atau bunyi bahasa suatu tulisan. Orthography adalah materi yang meliputi masalah ejaan, kapitalisasi, pemenggalan kata, serta tanda baca.

Adapun materi yang diajarkan adalah:

  • Letter (huruf), merupakan lambang dari bunyi atau dalam arti yang lain disebutkan bahwa letter adalah tanda goresan yang diucapkan atau dibunyikan.
  • Word, merupakan rangkaian dari huruf-huruf yang membentuk sebuah arti, misalnya: take (mendapatkan), year (tahun).
  • Syllable (suku kata), merupakan bagian-bagian dari sebuah kata yang dapat langsung diucapkan, misalnya glass, book, clever.

Syllable dapat dikelompokkan lagi menjadi 4 jenis, yaitu

  • Monosyllable: kata-kata yang terdiri dari satu suku kata saja, contoh: book, bring, think, broom, clean, make, etc.
  • Disyllable: kata-kata yang terdiri dari dua suku kata, contoh: crazy, lazy, happy, like, etc.
  • Trisyllable: kata-kata yang terdiri atas tiga suku kata, contoh: remember, happiness,
  • Polysyllable: kata-kata yang terdiri dari empat suku kata atau lebih, contoh: determined, allocation, responsible, etc.

c. Syntax

Syntax ialah bagian dari tata bahasa yang mempelajari tentang proses pembentukan sebuah kalimat. Secara umum, syntax merupakan aturan grammar pada kata atau klausa dalam membentuk kalimat.

Materi dalam Syntax meliputi contoh part of speech seperti verb, noun, subject hingga pembentukan struktur kalimat majemuk. Biasanya Syntax ditandai dengan bentuk tree diagram dan simbol. Kegunaannya adalah untuk memudahkan penamaan part of speech ketika ditelaah satu persatu.

Tree diagram dapat dibuat jika kita mampu membandingkan antara kata, frasa, dan klausa. Ketiga hal tersebut dapat membantu kamu dalam menganalisis setiap bagian yang berpotensi dalam membentuk kalimat yang sempurna.

Komponen Umum dalam Grammar

Nah selain komponen yang agak rumit di atas, grammar juga memiliki komponen umum yang pastinya sering kamu dengar. Apa-apa saja komponen umum tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini.

a. Sentence

Dalam bahasa Inggris, sebuah sentence dianggap lengkap jika memiliki subject dan predicate. Sentence bisa dilengkapi juga dengan object. Selanjutnya dalam subject bisa menggunakan noun dan pronoun. Sementara itu, predicate bisa menggunakan verb atau adjective.

b. Noun & Pronoun

Noun adalah kata benda atau kata yang mewakili suatu benda hidup dan benda mati.Selain itu, nama orang, hewan, atau tempat juga termasuk dalam noun.

Sedangkan pronoun adalah kata ganti orang dan benda, yang meliputi kata ganti tunggal dan kata ganti jamak. Contoh dari pronoun adalah sebagai berikut:

1. Kata Ganti Orang Pertama (Tunggal):

  • Subject Pronoun: “I”
  • Object Pronoun: “Me”
  • Possessive Adjective Pronoun: “My”
  • Possessive Pronoun: “Mine”
  • Reflexive Pronoun: “Myself”

2. Kata Ganti Orang Kedua (Tunggal)

  • Subject Pronoun: “You”
  • Object Pronoun: “You”
  • Possessive Adjective Pronoun: “Your”
  • Possessive Pronoun: “Yours”
  • Reflexive Pronoun: “Yourself”

c. Be

Be atau To Be adalah kata sambung untuk menyatukan kata noun/pronoun dengan verb, adjective, ataupun dengan kata noun/pronoun lainnya. Tanpa be atau pun to be, kata-kata tidak akan bisa membentuk sebuah kalimat, walaupun be atau to be sendiri tidak memiliki arti.

Contoh dari be atau to be adalah sebagai berikut:

  • “I” – “am” – “was”
  • “You” – “are” – “were”

d. Verb

Verb adalah kata kerja. Berdasarkan waktu penggunaannya, ada empat jenis verb, yakni V1, V2, V3, dan Ving.

  • V1: kata kerja dasar, contoh: study, write, swim
  • V2: kata kerja untuk bentuk simple past, contoh: studied, wrote, swam
  • V3: kata kerja untuk bentuk past participle dan past perfect. Bentuknya bisa serupa V2, bisa juga berbeda sama sekali, misalnya studied, written, swum
  • Ving: kata kerja untuk bentuk simple presentverbal adjective/noun, contoh: studyingwriting, swimming

d. Adjective

Adjective adalah kata yang digunakan untuk mendeskripsikan apa yang ditangkap oleh panca indera, mulai dari penampilan, suara, rasa, kesan, hingga bau. Contoh kata-kata adjective, yaitu: beauty, handsome, tall, short, ect.

f. Tenses

Tenses adalah metode tata bahasa (grammar) dalam Bahasa Inggris yang berbasis pada kata kerja (verb). Tenses biasanya digunakan untuk menunjukkan waktu atau keadaan suatu tindakan pada saat suatu kalimat diucapkan.

Tenses dibedakan berdasarkan konteks waktu dan keadaan. Tenses berdasarkan konteks waktu, yaitu:

  • Past (lampau): yang dilakukan sebelum saat ini.
  • Present (sekarang): yang dilakukan saat ini, atau apa saja yang berkaitan dengan saat ini.
  • Future (masa depan): yang dilakukan setelah saat ini.

Sedangkan tenses berdasarkan konteks keadaan, yaitu:

  • Continuous (berkelanjutan): tindakan yang belum selesai dilakukan.
  • Perfect (sempurna): tindakan yang sudah selesai dilakukan.

Itulah ulasan mengenai Penjelasan Lengkap Grammar Bahasa Inggris. Bagaimana TNers? Tentunya ulasan dari Minol ini bisa membantu kamu untuk memahami materi grammar lebih dalam. Namun, jika kamu rasa masih kurang, langsung saja daftarkan diri kamu untuk kursus di Titik Nol English Course. Atau kamu bisa juga follow akun Instagram Titik Nol English Course untuk info-info terupdate seputar bahasa Inggris dan beasiswa luar negeri.