Step by Step Belajar TOEFL Sendiri

Step by Step Belajar TOEFL Sendiri

titiknolenglish.com (Step by Step Belajar TOEFL Sendiri) – Agar bisa lolos dalam seleksi beasiswa atau lowongan pekerjaan, kamu harus memastikan dapat memperoleh skor tinggi dalam tes kemampuan bahasa Inggris TOEFL. Akan tetapi untuk bisa mendapatkan skor yang maksimal, dibutuhkan latihan yang tidak sebentar.

Saat ini memang telah banyak lembaga kursus bahasa Inggris yang membuka khusus untuk mendalami materi tes TOEFL. Akan tetapi kamu juga bisa belajar sendiri materi TOEFL di rumah, baik melalui buku, simulasi soal di internet atau cara lainnya.

Oleh sebab itu, kali ini Minol akan memberikan tips untuk kamu agar bisa belajar TOEFL secara mandiri untuk mendapatkan hasil yang maksimal. Sudah tidak sabar untuk mengetahui tips-tipsnya? Yuk simak sampai habis ya!

Cara Belajar TOEFL Sendiri Secara Efektif

Dalam tes TOEFL, terdapat empat bagian pertanyaan yang harus diselesaikan oleh peserta ujian. Di antaranya adalah Listening Comprehension, Reading Comprehension, Structure and Written Expression, serta Writing. Kamu akan diberikan waktu kurang lebih selama 3 jam untuk mengerjakan semua bagian pertanyaan tersebut.

Selain itu, tes TOEFL juga memiliki beberapa jenis yang bisa kamu pilih sesuai dengan tujuan tes dan kebutuhan. Di antaranya adalah tes TOEFL ITP, PBT dan IBT. Dari semua jenis tersebut, hanya TOEFL IBT yang hasilnya diakui secara internasional. Berikut ini cara dan step by step belajar TOEFL sendiri secara efektif yang bisa kamu coba di rumah:

1. Buat Jadwal Belajar Setiap Hari

Mahir dalam bahasa Inggris, baik dalam hal menulis, mendengarkan atau berbicara tidak bisa didapatkan secara instan. Akan tetapi perlu latihan yang rutin untuk melatih kemampuan berbahasa Inggris agar semakin bagus.

Untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris sebelum mengikuti tes TOEFL, luangkan waktu paling tidak 2 jam setiap hari untuk belajar. Kamu bisa belajar bahasa Inggris dari berbagai sumber mulai dari buku, internet, ataupun Youtube.

Agar kemampuan bahasa Inggris semakin terasah, kamu juga bisa membiasakan diri untuk menonton film atau mendengarkan musik liris dalam bahasa Inggris. Cara ini cukup efektif dan menyenangkan untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu.

2. Belajar Komunikasi Menggunakan Bahasa Inggris

Materi belajar bahasa Inggris yang telah kamu dapatkan dari buku atau internet akan semakin meningkat dan terasah jika dibarengi dengan praktek secara langsung. Setelah banyak belajar tentang kosakata dan percakapan dalam bahasa Inggris, jangan ragu untuk mencoba mengucapkannya secara langsung.

Agar kemampuan bahasa Inggris semakin bagus dan terasah, tidak ada salahnya untuk belajar komunikasi menggunakan bahasa tersebut. Kamu bisa mengajak teman atau siapapun yang mengerti bahasa Inggris untuk latihan berkomunikas. Dalam hal ini, jangan tersingung jika ditegur saat ada pengucapan bahasa Inggris kamu yang salah.

3. Asah Kemampuan Menulis Bahasa Inggris

Selain menguji kemampuan berbicara, tes TOEFL juga menguji kemampuan peserta dalam menulis kata dan kalimat dalam bahasa Inggris. Maka dari itu, penting juga untuk belajar dan membiasakan diri menulis kata bahasa Inggris dengan baik dan benar.

Kamu bisa membiasakan menulis bahasa Inggris di buku haria, pesan singkat dengan teman bahkan blog pribadi. Dengan cara seperti ini, kamu juga akan terbiasa menggunakan grammar dan ejaan bahasa Inggris yang tepat sehingga bisa meningkatkan skor saat tes TOEFL.

4. Baca dan Kenali Berbagai Tipe Soal

Cara paling efektif untuk belajar TOEFL agar mendapatkan skor yang tinggi adalah dengan rajin membaca soal-soal latihan. Dengan cara ini, kamu akan mengenal berbagai tipe soal sehingga tidak akan kaget jika melakukan ujian TOEFL sungguhan.

Saat ini telah banyak simulasi soal TOEFL yang bisa kamu temukan dan ikuti secara online dari internet. Cara ini bagus untuk mengukur sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang kamu miliki sehingga bisa lebih fokus untuk belajar pada bagian yang kurang dikuasai.

Tips Mengerjakan Tes TOEFL

Saat mengerjakan tes TOEFL, ada beberapa bagian pertanyaan yang perlu kamu pahami dan kerjakan dengan baik jika ingin mendapatkan skor yang maksimal. Nah, berikut ini tips mengerjakan soal TOEFL untuk semua bagian yang bisa kamu pelajari:

Listening Comprehension

  • Tenang, fokus dan dengarkan baik-baik setiap kata dan kalimat yang diperdengarkan.
  • Cari kata kunci atau kata penting pada setiap bagian soal listening yang diputar.
  • Jika sulit memahami percakapan yang diperdengarkan, pilih jawaban yang paling berbeda.

Structure and Written Expression

  • Jangan eliminasi jawaban tanpa menghubungkannya secara langsung dengan soal.
  • Jika sulit menemukan jawaban mengenai bagian kalimat yang bertanda, baca kembali soal dengan lengkap.

Reading

  • Jangan habiskan waktu untuk membaca teks.
  • Selalu cari kata kunci dalam setiap pertanyaan.
  • Pahami bagian-bagian tesk, seperti pembukaan, isi dan penutup.

Jika kamu mengikuti tes TOEFL IBT, maka akan bagian tes tambahan, yaitu: Speaking. Tes ini dilakukan untuk mengetahui kemampuan berbicara peserta ujian dalam bahasa Inggris. Jika ingin mendapatkan skor tinggi dalam tes TOEFL bagian ini, kamu perlu memperkaya diri dengan vocabulary. Semakin banyak vocabulary atau kosakata yang kamu miliki, maka akan semakin lancar kamu berbicara. Jangan lupa juga gunakan grammar yang tepat agar skor lebih tinggi.

Hal yang Perlu Diperhatikan Sebelum Mengikuti Tes TOEFL

Agar bisa mendapatkan hasil yang maksimal, ada beberapa hal penting yang perlu kamu perhatikan sebelum mengikuti tes TOEFL. Beberapa hal penting tersebut antara lain adalah:

  • Ketahui jadwal atau waktu tes TOEFL agar bisa mempersiapkan diri untuk belajar dengan baik.
  • Pahami bagaimana format tes TOEFL yang kamu pilih.
  • Ketahui berbagai kategori soal tes TOEFL.
  • Pahami sistem penilaian dan target skor tes TOEFL.
  • Ketahui berapa lama waktu yang diberikan untuk mengerjakan tes TOEFL.

Itulah ulasan menarik dan penting seputar cara dan step by step belajar TOEFL sendiri yang bisa kamu coba. Jika kamu belum puas dan ingin belajar TOEFL lebih efektif lagi untuk mengejar target skor yang maksimal, Titik Nol English Course dengan senang hati akan membimbing dan mengarahkan kamu untuk mencapai target tersebut.

Last but not least, jangan lupa juga untuk mem-follow akun Instagram Titik Nol English Course untuk info lebih banyak mengenai beasiswa dan tips-tips lainnya.