Perbedaan Do, Does, Did, dan Done

Perbedaan Do, Does, Did, dan Done

titiknolenglish.com (Perbedaan Do, Does, Did, dan Done) – Hallo TNers! Hallo Scholarship Hunters! Hallo semuanya! Kali ini Minol akan memberikan ulasan mengenai materi dasar dalam bahasa Inggris. Buat kamu yang baru saja ingin mendalami bahasa Inggris, wajib simak ulasannya sampai habis yaa!

Do, does, did dan done merupakan salah satu jenis kata kerja yang sangat sering digunakan dalam bahasa Inggris. Secara umum, keempat kata tersebut bisa digunakan sebagai kata kerja (verb) atau bisa juga digunakan sebagai kata kerja bantu (auxiliary verb).

Meskipun memiliki kedudukan yang sama, akan tetapi do, does, did dan done memiliki cara penggunaan yang berbeda yang tidak jarang membingungkan khususnya bagi kamu yang baru belajar bahasa Inggris.

Baca juga: Perbedaan to Infinitive dan Gerund

Perbedaan Do, Does, Did, dan Done terletak pada tenses dan subject yang digunakan. Meskipun kesemuanya adalah kata ganti, tapi memiliki fungsi yang berbeda. Lalu sebenarnya, apa perbedaan keempat kata ini dan bagaimana cara menggunakannya dalam kalimat? Daripada penasaran, yuk simak ulasan lengkapnya di bawah ini:

Do

“Do” digunakan pada kalimat Simple Present Tense jika subject-nya I, you, we, atau they dan kata-kata yang bisa menggantikan kata-kata tersebut.

Contoh: I do my home work everyday

Does

Does” merupakan bentuk singular dari verb 1 “Do”. Does digunakan untuk kalimat Simple Present Tense jika subject-nya singular. Yang dimaksud dengan singular subject ini adalah he, she, it dan nouns yang dapat digantikan dengan he, she dan it.

Contoh: He does his homework everyday

Baca juga: Perbedaan How Much dan How Many

Did

“Did” merupakan kata yang menunjukkan peristiwa atau kejadian yang telah berlalu (Simple Past Tense). Did berfungsi sebagai kata dasar dan juga sebagai kata kerja bantu sama dengan Do atau Does hanya saja berbeda waktu kejadian peristiwanya.

Contoh: What did you do last year before you stop from your job?

Done

“Done” merupakan kata yang menunjukkan peristiwa atau kejadian yang telah berlalu baik secara Present maupun Past Tense. Done berfungsi sebagai kata sifat yang berarti sesuatu sudah selesai atau tuntas. Selain itu, done juga bisa berfungsi sebagai kata kerja ketiga atau verb 3 atau Past Participle dalam kalimat Perfect.

Contoh: I have done my job / I had done it yesterday

Cara Menggunakan Do, Does, Did, dan Done dalam Kalimat Bahasa Inggris

Bagi kamu yang masih bingung bagaimana cara menggunakan kata do, does, did dan done dalam kalimat bahasa Inggris yang baik dan benar, simak penjelasannya berikut ini:

1. Cara Menggunakan Kata Kerja Do

Do merupakan kata kerja bentuk pertama yang berarti mengerjakan atau melakukan. Kata ini biasanya digunakan pada kalimat dengan bentuk Present Tense dan Future Tense. Kata Do bisa diterapkan untuk kalimat positif, negatif maupun kalimat introgatif.

  • Sebagai Kata Kerja Utama

Pada penggunaan sebagai kata kerja utama, do diartikan secara harfiah sesuai dengan makna dasarnya yaitu mengerjakan atau melakukan.

Contoh:

You do your job really well and the boss praises you all the time. (Kamu mengerjakan pekerjaanmu dengan sangat baik dan bos selalu memujimu)

  • Sebagai Kata Kerja Bantu

Do sebagai kata kerja bantu berfungsi untuk mendukung kata kerja lainnya dan tidak memiliki arti sendiri. Penggunaan jenis ini biasanya untuk bentuk kalimat negatif dan introgatif.

Contoh:

I do not know what you’re talking about. (Aku tidak tahu apa yang kamu bicarakan)

Do you understand the lesson completely? (Apakah mereka benar-benar memahami pelajarannya)

  • Sebagai Kata Ganti Orang Pertama dan Kedua

Do juga bisa digunakan sebagai kata ganti orang pertama (I, we) dan kata ganti orang kedua (we, they) dalam bahasa Inggris.

Contoh:

We do not give our permission to the government. (Kami tidak memberikan izin kepada pemerintah)

Do you eat meal? (Apakah kamu makan daging?)

2. Cara Menggunakan Kata Kerja Does

Does merupakan kata kerja bentuk pertama dan memiliki arti yang sama dengan Do. Does juga digunakan dalam kalimat positif, negatif dan introgatif. Akan tetapi, kata kerja ini hanya digunakan pada kalimat dengan bentuk Present Tense saja.

  • Sebagai Kata Kerja Utama

Pada penggunaan sebagai kata kerja utama, does diartikan secara harfiah sesuai dengan makna dasarnya yaitu mengerjakan atau melakukan.

Contoh:

He does his homework after school. (Dia mengerjakan PR-nya sepulang sekolah)

  • Sebagai Kata Kerja Bantu

Penggunaan does sebagai kata kerja bantu berfungsi untuk mendukung kata kerja lain dan biasanya diterapkan pada kalimat negatif dan introgatif.

Contoh:

She does not want to be a doctor. (Dia tidak mau jadi dokter)

Does he give the present to you? (Apakah dia memberi hadiah untuk kamu?)

  • Sebagai Kata Ganti Orang Ketiga

Does juga bisa digunakan untuk kata ganti orang ketiga, yaitu he, she, dan it.

Contoh:

It does not matter anymore. (Itu tidak menjadi masalah lagi)

Does it still hurt you? (Apakah hal itu masih menyakitimu?)

3. Cara Menggunakan Kata Kerja Did

Did merupakan kata kerja bentuk kedua dari Do dan Does yang digunakan untuk kalimat dengan bentuk Part Tense. Did bisa digunakan dalam tiga bentuk kalimat seperti berikut:

  • Sebagai Kata Kerja Utama

Sama seperti do dan does, kata kerja did juga bisa digunakan sebagai kata kerja utama atau ordinary verb.

Contoh:

I did my job better than I expected. (Aku melakukan pekerjaanku lebih baik dari yang aku kira)

He did his homework after being scolded by his homework. (Dia mengerjakan PR-nya setelah diomeli oleh ibunya)

  • Sebagai Kata Kerja Bantu

Penggunaan did juga bisa sebagai kata kerja bantu yang berfungsi untuk mendukung kata kerja lain dan biasanya diterapkan pada kalimat negatif serta introgatif.

Contoh:

You did not understand my feeling at all. (Kamu tidak mengerti perasaanku sama sekali)

Did she come to the class this morning? (Apakah dia datang ke kelas pagi ini?)

  • Untuk Semua Kata Ganti

Did dapat digunakan untuk semua kata ganti baik kata ganti orang pertama (I dan we) kata ganti orang kedua (you dan they) dan kata ganti orang ketiga (he, she, it)

Contoh:

We did the good deed again today. (Kita melakukan hal baik lagi hari ini)

Did he say something about his experience yesterday? (Apakah dia bilang sesuatu tentang pengalamannya kemarin)

4. Cara Menggunakan Done

Done merupakan bentuk turunan ketiga (verb 3) dari kata Do. Kata Done digunakan untuk semua jenis subject. Kata kerja bentuk ketiga ini digunakan pada bentuk kalimat Present Tense, Past Perfect Tense, Future Perfect Tense dan Past Future Perfect Tense.

Contoh:

I have done my homework. (Saya telah menyelesaikan PR-ku)

Andy has done his homework. (Andi telah menyelesaikan PR-nya)

She will have done the report. (Dia akan telah menyelesaikan laporan tersebut)

Itulah ulasan menarik dan penting seputar perbedaan dan penggunakan kata Do, Does, Did, dan Done yang perlu kamu ketahui. Namun jika kamu masih bingung dalam memahami penggunaan Do, Does, Did, dan Done ini kamu bisa menonton video di bawah ini:

Belajar bahasa Inggris dengan baik dan benar memang tidak mudah, termasuk untuk membedakan tentang penggunaan keempat jenis kata kerja tersebut. Akan tetapi kamu bisa dengan mudah menguasai itu semua jika kamu mendaftarkan diri kamu untuk kursus di Titik Nol English Course. Atau kamu bisa juga mem-follow akun Instagram Titik Nol untuk mengikuti update-an informasi seputar bahasa Inggris dan beasiswa-beasiswa luar negeri.