Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

titiknolenglish.com – Anak usia dini sangat penting untuk diperhatikan salah satunya adalah kemampuan kognitifnya. Berbahasa merupakan kemampuan kognitif yang perlu dilatih sejak dini karena anak lebih cepat mengingat dan menyerap informasi. Selain itu melatih bahasa Inggris sejak dini juga akan memudahkan anak untuk terbiasa, dan lebih cepat belajar di masa yang akan datang. Tentunya orang tua perlu mengetahui materi belajar bahasa Inggris untuk anak TK agar dapat memberikan bahan belajar yang tepat. Kali ini kita akan membahas seputar belajar bahasa Inggris untuk anak usia dini atau usia TK

Pentingnya Belajar Bahasa Asing Untuk Anak Usia Dini

Ada beberapa hal mengapa bahasa Inggris perlu orang tua kenalkan sejak anak masih kecil. Selain tidak memiliki banyak kesibukan dan tuntutan, mereka akan lebih senang mengenal hal-hal baru. Oleh sebab itu orang tua perlu tahu beberapa manfaat berikut:

1. Mempermudah Proses Belajar Bahasa Inggris

Hal-hal yang telah dipelajari sejak kecil akan lebih mudah dipelajari saat usia anak telah tumbuh. Ya, tentunya anak seorang pengrajin kayu akan memiliki keterampilan seni dalam membuat prakarya saat di sekolah. Begitupun jika orang tua mengajarkan bahasa Inggris kepada anak saat ia masih kecil. Suatu saat anak akan lebih mudah belajar bahasa Inggris karena sudah memiliki dasar kota kata yang kuat.

2. Menambah Kepercayaan Diri

Tidak hanya orang tua, anak juga ingin memiliki prestasi di sekolah. Dengan menguasai keterampilan bahasa Inggris mendahului teman-temannya, anak akan merasa bangga dengan kemampuannya, sehingga ia akan mempertahankan predikatnya sebagai anak yang bisa bahasa Inggris. Hal ini akan meningkatkan semangat belajar yang kompetitif.

3. Melatih Kemampuan Kognitif

Tahapan awal belajar bahasa asing membutuhkan daya ingat yang kuat. Jika otak smakin dilatih menyerap informasi, otak akan terbiasa dan akan lebih mudah mengingat sesuatu. Oleh karena itu dengan belajar bahasa Inggris, anak akan melatih kemampuan kognitifnya agar lebih tajam dan memiliki daya ingat yang kuat.

4. Peluang Untuk Masa Depan

Tentunya para orang tua dan siapapun pasti setuju soal yang satu ini. Memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus akan membuka banyak peluang di masa depan. Entah memperluas jaringan pertemanan, pekerjaan, hingga berkesempatan mengambil program beasiswa ke luar negeri.

Untuk itu orang tua bisa mencoba beberapa materi belajar yang mudah. Nah kali ini Minol akan memberikan materi-materi yang cocok sebagai bahan belajar bahasa Inggris untuk anak TK. Dan tentunya orang tua bisa memberikan beberapa permainan menarik agar anak senang dalam belajar. Berikut adalah materi bahasa Inggris untuk anak usia dini.

5 Materi Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak TK Beserta Cara Mengajarkannya

Berikut adalah materi bahasa Inggris yang bisa kamu ajarkan kepada anak usia TK beserta bagaimana cara mengajarnya agar bisa lebih dipahami.

1. Greeting

Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Pertama orang tua bisa mengajarkan greeting atau salam. Cara mengajarkan materi greeting bisa kamu awali dengan cara mengucapkan salam kepada anak misalnya “good morning”. Anak akan bertanya tentang kalimat aneh yang tidak pernah ia dengar, dan itulah saatnya orang tua menjelaskan dan meminta anak untuk mengikuti cara memberikan salam dalam bahasa Inggris.

Berikut ini adalah kalimat greeting secara umum yang bisa kamu ajarkan kapada anak:

  • Good morning! – Selamat pagi!
  • Good afternoon! – Selamat siang!
  • Good Night! ­– Selamat malam!
  • Thank You! ­– Terima kasih!
  • I’m sory! – Maaf
  • How are you? – Apa kabar?
  • What’s your name? – Hai! Siapa namamu?
  • Nice to meet you! – Senang bertemu denganmu!
  • Goodbye! – Selamat tinggal!
  • Have a nice day! – Semoga harimu menyenangkan!

2. Animals

Selanjutnya adalah hewan. Anak tentu menyukai gambar-gambar hewan dan cepat dalam mengenali nam-nama hewan. Anda bisa mengajarkan nama-nama hewan dalam bahasa Inggris, namun orang tua perlu media belajar yang disukai oleh anak.

Kamu bisa membeli poster gambar hewan dan kebanyakan poster-poster ini akan menyebutkan nama hewan dalam bahasa Inggris. Tunjukan nama-nama hewan tersebut baik dalam bahasa Inggris maupun bahasa Indonesia. Suatu saat kamu bisa bermain tebak-tebakan dengan anak untuk menambah kesan permainan dan melatih daya ingatnya.

Kamu juga bisa mengajak anak ke kebun binatang sebagai media wisata edukasi yang disukai anak

3. Alphabet and Number

Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Materi belajar bahasa Inggris untuk anak TK selanjutnya adalah alphabet and number. Mungkin materi yang satu ini agak sulit untuk diajarkan karena tidak ada gambar dan warna yang membuat anak tertarik. Namun kamu bisa berkreasi dengan lagu atau mencontoh lagu-lagu belajar bahasa Inggri dari yotube.

4. Colors

Materi selanjutnya adalah warna. Anak kecil sangat suka dengan warna dan sesuatu yang berwarna, khususnya warna-warna cerah. Jika anak sudah akrab dengan bahasa Inggris, selanjutnya anda bisa mengenalkan warna-warna beserta bahasa Inggrisnya.

Belajar warna ini akan lebih mudah jika anak sudah terbiasa belajar bahasa Inggris dengan materi-materi di atas. Kamu cukup mengenalkan satu warna dan menyebutkan bahasa Inggrisnya, maka anak akan paham jika ia harus mengetahui keduanya.

5. Part of Body

Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak

Materi belajar bahasa Inggris untuk anak TK yang terakhir adalah part of body atau bagian-bagian tubuh. Tentunya anak di usia TK sudah mengetahui nama bagian-bagian tubuh dan kamu hanya tinggal mengajarkan nama-namanya dalam bahasa Inggris.

Atau kamu bisa mengajarkan materi part of body dengan cara bernyanyi.

Itulah materi-materi untuk anak TK yang bisa kamu ajarkan agar anak merasa senang belajar bahasa Inggris. Yang perlu kamu tahu adalah, meskipun daya tangkap anak TK itu cepat, namun setiap anak memiliki kemampuan yang berbeda-beda dan kamu harus sabar dalam mengajarkan materi ini kepada anak. Atau mungkin para orang tua bisa mengasah kreativitas dalam mengajar agar lebih bisa diserap dengan baik oleh anak usia dini.

Belajar Bahasa Inggris dengan Metode Gamified Learning & Age-Adaptive Content

Belajar bahasa Inggris untuk anak TK memang menjadi tantangan tersendiri bagi orang tua. Beberapa orang tua mencoba memberikan materi-materi bahasa Inggris dan akhirnya berujung menyerah karena anak kurang merasa enjoy. Untuk itu Titik Nol English Course memiliki program belajar bahasa Inggris untuk anak dengan metode gamified learning dan age-adaptive content.

Metode ini adalah metode belajar bahasa Inggris yang cocok untuk usia anak-anak dan akan membuat anak semakin enjoy dalam belajar. Selain itu materi ini akan diajarkan oleh tutor yang berpengalaman dalam mengajar bahasa Inggris kepada anak.

Pembelajaran di program ini akan didesain secara inovatif untuk memberikan rasa senang dan meningkatkan semangat belajar anak. Dan tentunya dengan memiliki kemampuan bahasa Inggris yang baik sejak dini, anak akan lebih percaya diri, lebih mudah dalam belajar, dan bersemangat untuk menggapai masa depan yang cerah.

Untuk informasi lebih lanjut klik gambar di bawah ini ya!