Titiknolenglish.com – Hay kawan apa kabar? pasti kamu masih bingung apa itu IELTS? dan mungkin apa perbedaan antara IELTS dengan TOEFL? mari kita bahas detail tentang ini, mari simak artikel ini sampai habis ya

Apa Itu IELTS ?

IELTS (International English Language Testing System) adalah sebuah sistem tes berbahasa Inggris skala Internasional yang sudah sangat populer pada saat ini. Fungsi IELTS bertitik tumpu untuk keperluan kerja, sekolah dan migrasi di luar negeri, IELTS pertama kali launching pada tahun 1989 sebagai tes kemampuan bahasa Inggris berstandar internasional untuk mereka yang bukan penutur asli bahasa Inggris.

IELTS di claim dan dikelola secara bersama-sama oleh 3 organisasi, yang pertama ditempati British Council kemudian yang kedua ada IDP: IELTS Australia dan yang terakhir ada Cambridge English Language Assessment.

Bersama dengan TOEFL, IELTS merupakan salah satu dari dua tes bahasa kemampuan bahasa Inggris utama di dunia. IELTS kini diakui di sebagian besar negara di dunia karena saat ini terdapat lebih dari 1,000 pusat tes yang tersebar di 140 negara

IELTS diakui oleh institusi-institusi pendidikan yang berada di negara Inggris, Amerika Serikat, Australia, Selandia Baru, Hong Kong, Irlandia, Afrika Selatan dan sejumlah badan profesional di seluruh dunia termasuk Dinas Imigrasi Selandia Baru serta Dewan Media Inggris General Medical dan juga IELTS kini diterima oleh lebih dari 6.000 organisasi di seluruh dunia.

Baca Juga : 5 Rekomendasi Buku IELTS Terbaik

Jenis-jenis IELTS

Secara gambaran umum, kamu sudah faham kan IELTS itu apa? nah kini kita akan membahas tentang jenis-jenis pada IELTS. Sebelumnya apakah kamu sudah mengerti jenis-jenis IELTS? atau jangan-jangan juga belum tau? eits kalian wajib tau nih apa saja jenis-jenis IELTS dikarenakan agar kamu tidak salah dalam memilih tes IELTS, terdapat dua jenis pada IELTS yaitu :

  • General Traning
  • Academic,

Nah jika kamu ingin mengambil kuliah di luar negeri yang memerlukan IELTS kamu bisa pilih IELTS Academic.

Kemudian jika kamu menginginkan pelatihan kerja, migrasi, yang ingin melanjutkan ke jenjang sekolah menegah atau bagi yang ingin mendapatkan pengalaman dalam hal bekerja di luar negeri kamu bisa memilih yang general traning.

Jika kamu berencana untuk belajar atau pindah ke Inggris Raya, kamu harus mengikuti tes IELTS yang disetujui oleh otoritas Visa dan Imigrasi Inggris Raya yang dikenal sebagai IELTS untuk UKVI. Sudah faham kan sampai disini? Setiap jenis IELTS memiliki fungsi masing-masing dan kini kita akan membahas format dalam tes IELTS

Format Test IELTS

IELTS menempatkan tes mereka pada 4 hal ini :

  • Mendengarkan (Listening)
  • Membaca (Reading)
  • Menulis (Writing)
  • Berbicara (Speaking).

Kamu akan mengikuti tes Listening, Reading dan Writing di hari yang sama secara bertahap, tanpa jeda di antaranya. Namun kembali lagi, tergantung pada test center Kamu, tes Speaking Kamu mungkin pada hari yang sama dengan tiga tes lainnya, atau hingga tujuh hari sebelum atau sesudahnya. Total waktu tes yang pasti adalah di bawah tiga jam.

Mengapa memilih IELTS?

IELTS umumnya merupakan tes untuk keperluan pembelajaran – ribuan universitas dan jajaran akademis paling terkemuka di dunia saat ini akan menerima hasil IELTS sebagai salahsatu bukti penilaian kecakapan berbahasa Inggris kamu. Inilah tes untuk para profesional – badan registrasi profesi di berbagai bidang di dunia akan menerima hasil IELTS.

Mulai dari badan profesi teknik, hukum, akuntansi, kedokteran, farmasi, keperawatan hingga keguruan dan pendidikan. Setelah menyelesaikan studi, kamu mungkin perlu mengikuti tes untuk mendaftarkan status profesional kamu di negara yang notabennya berbahasa Inggris.

Jika kamu sudah memilih IELTS sebagai bentuk ujian untuk mendaftar ke universitas, tentu kamu akan terbiasa dengan format tes IELTS ketika kamu mengerjakannya kembali untuk registrasi profesi. Inilah tes untuk keperluan imigrasi – tingkatan skor IELTS ditetapkan sebagai pra-syarat untuk pengajuan Permanent Residency oleh pemerintah di lebih banyak negara dibandingkan tes bahasa Inggris lainnya.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Kursus IELTS Terbaik di Indonesia
Daftar Kursus TOEFL dan IELTS

Durasi Tahapan IELTS

kita sudah membahas tentang format tes IELTS yang terdapat empat (4) bagian yaitu Listening, Reading, Writing dan Speaking. Dan kini kita akan membahas durasi pengerjaannya ya.

  • Listening 30 menit
  • Reading 60 menit
  • Writing 60 menit
  • Speaking maksimal 15 menit

Jadi keseluruhan waktunya adalah 2 jam 45 menit, Tes Listening, Reading dan Writing dilakukan pada hari yang sama dan tanpa menggunakan jam istirahat. Hampir miriplah seperti tes waktu ujian akhir waktu SMA/ SMK untuk bahasa Inggris.

Sedangkan untuk speaking dapat dilakukan setelah melewati tiga (3) tes lainnya atau juga dapat dilakukan tujuh (7) hari sebelum dan sesudahnya tes IELTS dilakukan. Untuk Skor atau nilai mulai dari satu (1) sampai sembilan (9) dengan selisih 0.5 (contoh 1, 1.5, 2, 2,5 sampai 9.0).

Untuk hal itu maka kamu juga harus tahu nilai skor minimal yang dipersyaratkan untuk masuk ke jurusan universitas tersebut berapa. Sekedar info saja bahwa ada beberapa universitas yang meminta nilai IELTS tersebut rata-rata tapi ada juga universitas yang minta nilainya spesifik.

Menurut penuturan Denita yang telah lulus kuliah di University of Melbourne dengan jurusan Bachelor of Medical Science yang dilansir dari indonesiamengglobal.com mengatakan bahwa “untuk masuk jurusan yang ia tekuni tersebut nilainya IELTS yang dipersyaratkan adalah minimal skor adalah 7.0.”

Supaya bisa masuk dalam jurusan tersebut maka dia harus mendapatkan nilai untuk Listening, Reading, Writing dan Speaking harus masing-masing mendapat nilai 7.0 Apabila saat tes IELTS ia mendapatkan nilai ketiga tes yaitu listening, reading dan writing 7.0 namun speaking-nya 6.5 maka dia harus mengulang kembali tes IELTS tersebut sampai mendapatkan nilai minimal 7.0 pada semua tahapan tes.

bagimana, apakah kamu sudah paham apa itu IELTS? Sekarang mari kita bahas perbedaan antara TOEFL Dan IELTS

Baca Juga : Berapakah Nilai Minimal Untuk Tes IELTS?

Perbedaan TOEFL dan IELTS

pada dasarnya TOEFL dan IELTS merupakan ujian standar internasional yang dilakukan untuk mengukur kemampuan berbahasa Inggris seseorang. Hasil dari ujian ini juga dapat digunakan untuk berbagai kepentingan, tetapi umumnya yang berkaitan dengan pendidikan. Namun meski sama sama ujian dasar internasional tapi berikut ini adalah perbedaan TOEFL Dana IELTS.

1. Fungsi

Hal mendasar yang pasti berbeda dari keduanya adalah fungsi atau kegunaan. Seperti yang kita bahas dibawah ini :

Fungsi TOEFL :

TOEFL biasanya digunakan sebagai persyaratan bahasa Inggris jika kamu ingin melanjutkan studi ke universitas-universitas sekitaran Amerika dan Kanada. Skor atau nilai TOEFL (IBT) yang harus kamu peroleh pada umumnya berkisar antara 90-100. Namun, jika kamu ingin melanjutkan ke universitas terkemuka, maka standarnya mungkin akan lebih tinggi daripada itu.

Fungsi IELTS :

IELTS biasanya dibutuhkan jika kamu ingin mendaftar ke universitas-universitas di Inggris, Australia dan Selandia Baru. Standar nilainya adalah 6.5 hingga 7.0 untuk universitas di ketiga negara tersebut, dan tentunya bisa mencapai 7.5 jika universitas yang kamu inginkan adalah universitas terkemuka.

2. Cara Test

Cara Tes TOEFL :

  • Reading section Bagian membaca di tes TOEFL akan memberi sekitar 3-5 teks bacaan diikuti dengan pertanyaan bersifat pilihan ganda.
  • Speaking section Dalam tes TOEFL, kamu akan merekam jawaban kamu dari enam pertanyaan pendek di sebuah computer.
  • Writing section untuk tes TOEFL, pertama kamu akan menulis 300-350 kata mengenai sebuah topik yang ditentukan, dan esai kedua akan menggabungkan kemampuan menulis dan mendangar.
  • Listening Section di tes TOEFL, kamu akan mendengarkan pembicaraan dan pengajaran selama sekitar 40-60 menit dimana kamu harus mencatat informasi penting untuk menjawab pertanyaan pada akhir tes.

Cara Tes IELTS :

  • Reading Section di IELTS, kamu akan mendapatkan 3 teks bacaan dengan pertanyaan campuran.
  • Speaking Section di tes IELTS, kamu akan berbicara dengan seorang penilai secara langsung dengan durasi 12-14 menit dimana kamu akan ditanya berberapa pertanyaan tentang diri kamu dan tentang sebuah topik diskusi.
  • Writing section di tes IELTS, esai pertama akan berupa 200-250 kata, dan dalam bagian kedua kamu akan menyimpulkan pendapatan kamu dari sebuah informasi grafik.
  • Listening Section di tes IELTS, kamu akan mendengarkan berbagai jenis cuplikan audio pendek dan kamu akan menjawab pertanyaan secara langsung sambil kamu mendengar audio.

Bahasa yang digunakan

berikutnya adalah bahasa yang digunakan, meski sama-sama memakai bahasa inggris tetapi beda gaya bahasa yang menjadi kiblat dari TOEFL dan IELTS.

  • TOEFL menggunakan gaya atau accent Amerika
  • IELTS menggunakan gaya atau accent Inggris british raya

terus dari kedua tes mana yang lebih bagus?

Seperti yang sudah kita bahas sebelumnya, fungsi utama IELTS dan TOEFL adalah untuk mengukur kemampuan bahasa Inggris agar sesuai dengan standar internasional. Pengambilan kedua tes ini sangat tergantung pada tujuan penggunaannya sehingga tidak dapat dibandingkan satu sama lain. Jika kamu masih ragu tes mana yang paling tepat buatmu, kamu dapat menghubungi Titik Nol English Course untuk berkonsultasi. Selamat menentukan!

Baca Juga : Info Terbaru Biaya Tes TOEFL dan IELTS Bersertifikat

REGULAR ONLINE COURSE

Info Selengkapnya
Info Selengkapnya
Info Selengkapnya
Info Selengkapnya

PRIVATE ONLINE COURSE

IELTS Writing – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Writing IELTS disertai praktek.

Kamu akan belajar setiap

  • Senin
  • Rabu
  • Jumat

Pukul:
19:00-20:00 WIB

PAKET: 6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

Info Selengkapnya

IELTS Speaking – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Speaking IELTS disertai praktek.

Kamu akan belajar setiap

  • Senin
  • Rabu
  • Jumat

Pukul: 10:00-11:00 WIB

PAKET: 6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

Info Selengkapnya