Tips Mengerjakan IELTS Writing Task 2

Tips Mengerjakan IELTS Writing Task 2

titiknolenglish.com (Tips Mengerjakan IELTS Writing Task 2) – IELTS menjadi salah satu syarat jika kamu ingin kuliah ke luar negeri. Ini merupakan sebuah tes yang dilakukan untuk mengetahui kemampuan bahasa Inggris seseorang.  Tes ini memberikan hasil nilai berupa skor dari 1 hingga 9.

Dalam tes IELTS, peserta akan melewati 4 bagian ujian salah satunya adalah writing. IELTS Writing terbagi menjadi dua bagian yaitu IELTS writing task 1 dan IELTS writing task 2. Task 1 meminta peserta untuk menuliskan laporan berdasarakan data yang disajikan dalam bentuk grafik, bagan atau diagram. Sedangkan pada task 2 peserta akan diminta untuk menuliskan esai berdasarkan topik yang diberikan.

Perlu kamu ketahui, bahwa nilai IELTS writing task 2 lebih tinggi jika dibandingkan dengan task 1. Maka dari itu, kamu perlu tahu tips mengerjakan soal tes bagian ini dengan tepat agar bisa mendapatkan skor tinggi.

Untuk mengerjakan soal IELTS writing task 2 biasanya peserta diberikan waktu sekitar 40 menit. Pada bagian ini, peserta diminta untuk membuat esai atau laporan dengan jumlah kata tidak kurang dari 250 kata dari topik yang bersifat umum.

IELTS writing task 2 ini tidak hanya menguji kemampuan menulis saja akan tetapi juga kemampuan untuk berpikir dan mendiskusikan suatu permasalahan. Dalam hal ini, sangat penting bagi peserta untuk memiliki ide dan opini yang luas mengenai isu umum.

Langkah-langkah Mengerjakan IELTS Writing Task 2

Untuk mendapatkan skor IELTS writing task 2 dengan hasil yang maksimal, ada beberapa langkah dan tips efektif yang bisa kamu coba. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Analisis Soal dan Pertanyaan

Langkah pertama dan paling penting saat akan mengerjakan IELTS writing task 2 adalah analisa soal dan pertanyaan terlebih dahulu. Dengan cara ini, kamu bisa merencanakan esai dengan baik sehingga tulisan benar-benar koheren dan tidak keluar dari topik yang ditanyakan.

Untuk membuat analisa soal, ada beberapa langkah yang bisa kamu lakukan, antara lain:

  • Cari kata kunci
  • Identifikasi topik utama
  • Identifikasi topik khusus
  • Identifikasi perintah/pertanyaan

2. Rencanakan Jawaban dan Buat Kerangka Esai

Setelah menganalisa soal dan pertanyaan, langkah selanjutnya adalah rencanakan jawaban dan buat kerangka esai yang akan kamu tulis. Untuk membuat esai IELTS writing task 2 yang menarik dan mudah, berikut langkah-langkahnya :

  • Buat esai menjadi 5 paragraf yang terdiri dari pendahuluan, isi dan penutup.
  • Paragraf pembukaan bertujuan untuk menunjukkan topik secara jelas.
  • Terdapat 3 ide utama pada isi essay yang terdiri dari  3 paragraf, 2 paragraf merupakan ide utama yang mendukung opini penulis dan 1 ide utama lainnya untuk penyeimbang dengan alternatif pandangan.
  • Paragraf penutup merupakan kesimpulan yang mengandung satu minor poin yang tidak secara utuh dikembangkan dan pandangan dengan pengandaian.
  • Total dari esai yang dibuat harus memuat minimal 250 kata.

3. Mulai Menulis

Jika kerangka esai sudah siap, selanjutnya kamu bisa langsung mulai menulis jawaban. Kamu bisa mulai dengan pendahuluan tanpa perlu membuat judul atau mengulang pertanyaan. Kamu hanya perlu mengembangkan ide utama paragraf yang telah dibuat sebelumnya.

Setelah paragraf pendahuluan selesai, selanjutya kembangkan ide utama paragraf isi yang terdiri dari tiga paragraf tersebut. Jika kamu ingin menjelaskan arguman, maka pastikan sertakan bukti yang tepat.

Perlu kamu ketahui, bahwa esai dalam tes IELTS writing task 2 membutuhkan argument untuk menyeimbangkan antara paragraf dengan memberi alternatif, pernyataan atau sangkalan sisi dari argumen.

Pada paragraf terakhir, jangan lupa buat kesimpulan dari esai yang kamu tulis tersebut. Kesimpulan biasanya terdiri dari satu atau dua kalimat panjang dan tidak membutuhkan ide baru. Akan tetapi jika ingin lebih baik, sertakan rekomendasi, saran, atau pendapat mengenai solusi permasalah jika memang ada perintah untuk itu.

4. Cek Kembali Tulisan Esai

Sebelum menyerahkan kepada examiner, jangan lupa untuk mengecek kembali tulisan yang telah kamu buat. Hal ini untuk memastikan tidak ada pengulangan kosataka dan grammar yang salah. Pasalnya jika terjadi hal demikian, akan mengurangi skor IELTS writing task 2 ini.

Kesalahan yang Sering Terjadi pada Penulisan IELTS Writing Task 2

Ada beberapa kesalahan penulisan yang paling sering dilakukan oleh peserta sehingga membuat skor IELTS writing task 2 menjadi berkurang. Beberapa kesalahan tersebut harus kamu hindari, di antaranya:

  • Menulis tentang Topik secara Umum

Kesalahan pertama yang paling sering dilakukan oleh peserta IELTS Writing task 2 adalah memulai paragraf dengan kalimat “Nowadays” atau “In modern life” kemudian diikuti oleh informasi umum tetap topik tersebut. Perlu diingat, bahwa kamu seharusnya menjawab pertanyaan bukan menulis tentang topik secara umum.

  • Tidak Memasukkan Thesis Statement

Thesis statement merupakan salah satu kalimat terpenting dalam esai. Jika peserta tidak memasukkannya thesis statement ini  ke dalam esai setidaknya satu kalimat saja, maka kamu akan kehilangan nilai.

  • Menggunakan Gaya Penulisan Informal

Perlu kamu ketahui, bahwa esai harus di tulis menggunakan kalimat yang baku dan formal. Jadi hindari gaya penulisan informal karena bisa membuat nilai berkurang. Akan lebih baik jika kamu menulis esai dengan formal dan terkesan membosankan karena justru bisa membantumu untuk mendapatkan nilai yang lebih tinggi.

Contoh Penulisan Esai IELTS Writing yang Benar

Question:

There is a good deal of evidence that increasing car use is contributing to global warming and having other underisable effect on people’s health and well being.

To what extend do you agree or disagree with this statement?

Contoh Jawaban yang Baik:

Rising global temperatures and human health and fitness issues often viewed as being caused by the expanding use of automobiles. This essay agrees that increasing use of motor vehicles is contributing to rising global temperatures and certain health issues. Firstly, thie essay will discuss the production of greenhouse gases by vehicles and secondly, it will discuss other toxic chemicals released by internal combustion engines.

Contoh Jawaban yang Buruk:

Nowadays, cars are a very popular way of getting around. Day by day many more people drive car around but other feel that they cause global warming. Global warming is one of the most serious issues in modern life. They also affect people’s health and well being which is also a serious issue.

Itulah ulasan menarik seputar tips mengerjakan IELTS Writing task 2 yang perlu kamu ketahui. Dalam tes ini, peserta dituntut untuk memberikan opini dan argument terkait sebuah isu atau peristiwa. Maka dari itu, selain dibutuhkan kemampuan bahasa Inggris yang baik, kamu juga perlu mempelajari berbagai isu terpopuler sebelum mengikuti ujian ini. Selain itu, jika ingin mendapatkan skor IELTS writing task 2 yang maksimal, kamu juga bisa mengikuti kursus di Titik Nol English.