Bedanya Look See Stare dan Watch

titiknolenglish.comHalo TNers! bagi kamu yang baru saja belajar bahasa Inggris, selamat kamu sudah memulai. Di tahap yang sedang kamu lalui tentunya kamu pernah ada di tahap kebingungan membedakan beberapa kata yang jika kamu translate ternyata artinya sama, dan kamu bingung apa sih perbedaannya. Misalnya bedanya look, see, stare, dan watch semua kata yang disebutkan tadi memiliki arti yang sama yaitu melihat. Nah lalu apa yang membedakannya sehingga harus ada beberapa kata yang memiliki satu makna. Kita akan bahas secara lengkap perbedaan kata tersebut di artikel ini.

Bedanya Look, See, Stare, dan Watch

Meskipun look, see, stare, dan watch memiliki arti yang sama namun keempat kata ini tidak bisa kamu gunakan secara acak dalam kalimat bahasa Inggris. Setiap kata dalam bahasa Inggris memiliki arti atau penggunaan yang berbeda, walaupun jika diterjemahkan ke dalam bahasa Indonesia menjadi satu kata yang sama. Nah, dalam hal ini Minol akan menjelaskan perbedaan dari keempat kata yang artinya adalah “melihat” tersebut.

1. Look

Pertama kita akan membahas tentang kata look. Tentu kata ini sudah cukup sering kita dengar, misalnya seperti kata “look at me” yang artinya adalah “lihat aku”. Kata look artinya melihat namun digunakan dalam konteks kesengajaan. Artinya kata ini digunakan jika kamu atau orang lain melihat sesuatu atau mengarahkan pandangan secara sengaja, atau ada keterlibatan aktif.

Seperti kata “look at me”, kata ini kata ini menunjukkan bahwa orang pertama (me) meminta pada orang kedua untuk melihatnya secara sengaja, atau secara sadar. Begitulah penggunaan kata “look”.

Untuk lebih jelasnya mengenai penggunaan kata look, lihat contoh beberapa kalimat di bawah ini:

  • Look! The bird can fly now. (Lihatlah! burung itu sudah bisa terbang)
  • Look at yourself, aren’t you ashamed to dress like that to school? (. Lihatlah dirimu, apa kau tidak malu berdandan seperti itu ke sekolah?)
  • Don’t look in that direction, or you’ll run away in fear. (Jangan lihat ke arah sana, atau kau akan berlari ketakutan)

2. See

Selanjutnya adalah see. Kata ini juga memiliki arti yang sama, yaitu melihat. Lalu apa bedanya look dan see? Jika look adalah melihat dengan sengaja, maka see adalah kebalikannya, yaitu melihat dalam konteks yang tidak sengaja atau tidak mengarahkan pandangan ke arah atau objek tertentu. Atau melihat secara pasif.

Misalnya kata “did you see that?”, kata ini merupakan kata tanya yang menanyakan orang ke 2 tentang apakah orang ke 2 melihat sesuatu. Nah, kita tahu bahwa orang ke 2 tidak secara sadar melihat sesuatu, oleh karena itu kalimatnya menggunakan “see” dan bukan look. Jadi jika kamu tidak sengaja melihat sesuatu, berarti gunakan kata “see”.

Contoh kalimat menggunakan kata see:

  • I see a bird perched on the tree outside my window. (Aku melihat seekor burung bertengger di pohon di luar jendelaku.)
  • She didn’t see the car coming. (Dia tidak melihat mobil itu datang.)
  • Can you see the difference between these two pictures? (Bisakah kamu melihat perbedaan antara kedua gambar ini?)

3. Stare

Selanjutnya adalah kata “stare” sebenarnya kata ini secara umum artinya sama yaitu melihat, namun sedikit berbeda. “Stare” memiliki arti lebih ke arah “menatap”. Atau secara sengaja melihat sesuatu dalam waktu yang lama. Nah durasi lama di sini sebenarnya juga relatif, tapi tentu kamu tahu bedanya melihat dan menatap. Jadi jika sesuatu bisa kamu kategorikan sebagai sebuah tatapan, maka kamu bisa menggunakan kata stare.

Lihatlah contoh kalimat yang menggunakan kata stare di bawah ini:

  • Don’t stare at people; it’s considered rude. (Jangan menatap orang; itu dianggap tidak sopan.)
  • She stared at the painting for hours, mesmerized by its beauty. (Dia menatap lukisan itu selama berjam-jam, terpesona oleh keindahannya.)
  • The cat stared intently at the bird outside. (Kucing itu menatap burung di luar dengan saksama.)

4. Watch

Yang terakhir adalah kata “watch”, kata ini memiliki arti yang lebih dekat maknanya dengan kata stare. Jika stare memiliki arti menatap, maka watch lebih ke arah menyimak atau menonton. Jadi jika dideskripsikan watch digunakan untuk orang yang mengarahkan perhatian secara penuh kepada sesuatu.

Berikut adalah contoh kalimat dengan kata watch agar kamu lebih paham:

  • I like to watch movies with my boyfriend on the weekends. (Saya suka menonton film bersama pacar saya pada akhir pekan.)
  • She wore a beautiful watch that matched her outfit perfectly. (Dia memakai jam tangan yang indah yang cocok dengan pakaianannya.)
  • We went to the park to watch the sunset. (Kami pergi ke taman untuk menyaksikan matahari terbenam.)

Perubahan Kata Kerja

Nah kita tahu jika look, see, stare, dan watch merupakan kata kerja, dan bagi kamu yang belum tahu, kata kerja memiliki perubahan bentuk berdasarkan waktu. Inilah kenapa dalam aturan tenses, kata kerja bisa berubah bentuknya menyesuaikan dengan tenses yang digunakan. Misalnya kata “I go to the gym” bisa berubah menjadi “I went to the gym”, dari simple present (verb 1) menjadi simple past (verb 2).

Untuk itu berikut Minol sajikan perubahan bentuk kata kerja dari kata look, see, stair, dan watch.

Base Present Past Past Participle Present Participle
Look Look Looked Looked Looking
See See Saw Seen Seeing
Stair Stair Stared Stared Staring
Watch Watch Watched Watched Watching

Nah itulah bedanya look, see, stair, dan watch yang perlu kamu tahu. Jika menemukan kata yang berbeda yang memiliki makna sama jika diterjemahkan. Coba kamu cari perbedaanya, bahasa Inggris memang bahasa yang kompleks, karena itulah bahasa Inggris memiliki banyak kosakata, dan kamu tidak akan kesulitan dalam membedakannya apabila sudah terbiasa dalam praktek. Tetap semangat untuk meningkatkan skill bahasa Inggris kamu.

Belajar Bahasa Inggris dari Pemula Hingga Mahir

Kamu ingin belajar bahasa Inggris dari nol dan ingin cepat bisa? Titik Nol English Course akan membantumu untuk belajar bahasa Inggris dari level pemula hingga mahir dalam waktu yang singkat. Pembelajaran di Titik Nol English Course didasarkan pada materi TOEFL dan IELTS. Sehingga dengan belajar di Titik Nol English Course, kamu dijamin bisa mahir berbahasa Inggris hingga mampu mengerjakan soal TOEFL dan IELTS.

Program belajar di Titik Nol juga beragam. Mulai dari grammar, speaking, persiapan TOEFL dan IELTS, kelas karyawan, hingga kelas khusus anak-anak, dan masih banyak lagi. Untuk itu silahkan kunjungi homepage titiknolenglish.com untuk melihat berbagai pilihan program belajar bahasa Inggris. Oh iya, program di Titik Nol juga tersedia secara offline dan online loh.

Kamu bisa klik button di bawah ini untuk meihat berbagai program belajar bahasa Inggris di Titik Nol English Course. Untuk pertanyaan lebih lanjut, silahkan bertanya pada admin Titik Nol melalui icon whatsapp melayang.