Harvard University

Sebagai salah satu kampus primadona, tak heran jika Harvard menduduki peringkat pertama sebagai universitas dengan jurusan kedokteran terbaik dunia. Kualitas pendidikan hingga reputasi para lulusan yang menakjubkan, membuat Harvard Medical School kerap jadi rebutan. Tiap tahunnya, acceptance rate kampus ini hanya berkisar di angka 3,4% dari total pendaftar Iho. Gimana? Sudah siap menjadi mahasiswa kedokteran Harvard?

Oxford University

Peringkat kedua berhasil diraih oleh kampus tertua di Inggris, yaitu Oxford University. Fakultas Kedokteran Oxford terkenal dengan kurikulumnya yang cenderung lebih maju dan practical. Metode pengajaran di fakultas kedokteran Oxford berpusat kepada pengembangan pengalaman mahasiswa dengan cara berinteraksi langsung dengan pasien. Para mahasiswa juga akan dididik untuk melakukan penelitian sains dasar yang dapat mendukung ilmu kedokteran.

University of Cambridge

Masih berkutat di Inggris, peringkat selanjutnya diraih oleh University of Cambridge. Kurikulum di Cambridge University Medical School lebih berfokus kepada pendekatan keterampılan klinis, komunikasi, sikap dan praktis medis yang baik. Menariknya, lokasi kampus kedokteran ini berada bersamaan dengan rumah sakit yang aktif beroperasi yaitu Rumah Sakit Addenbrooke.

Stanford University

Tak kalah dengan ketiga universitas sebelumnya, ivy league yang satu ini juga memiliki jurusan kedokteran yang juara. Stanford School of Medicals memiliki visi utama untuk menjadi pionir di bidang revolusi biomedis melalui penelitian, pengajaran, dan praktik klinis. Hal-hal tersebut lah yang kemudian menjadi landasan bagi Stanford untuk menyusun kurikulum yang tepat dan relevan.

John Hopkins University

John Hopkins University berhasil menempati peringkat kelima dengan keunggulan nilai di bidang penelitian. Fakultas kedokteran John Hopkins University juga terkenal karena para pengajarnya yang terdiri atas beberapa peraih Nobel bidang kedokteran, pemenang Lasker Award, dan para anggota National Academy of Science. Terlebih lagi, acceptance rate di kampus ini relatif lebih tinggi dibanding keempat universitas sebelumnya, yakni di angka 6,1%

Ada yang mau kuliah kedokteran di luar negeri?

Sebelum itu, try this challenge!

If you think your English is good enough, write as many words as possible that start with A and end with T