Tips Mengerjakan IELTS Writing Task 1

Tips Mengerjakan IELTS Writing Task 1

titiknolenglish.com (Tips Mengerjakan IELTS Writing Task 1) – Hallo TNers, IELTS merupakan tes kemampuan bahasa Inggris berstandar Internasional yang biasanya dibutuhkan jika kamu ingin kuliah di luar negeri.  Tes ini terbagi menjadi empat sesi yaitu listening, reading, writing dan speaking. Akan tetapi, kali ini Minol hanya akan fokus untuk membahas bagian writing saja khususnya pada Writing Task 1.

IELTS Writing Task 1 merupakan tes yang digunakan untuk menguji kemampuan peserta dalam memilih dan melaporkan ide utama, untuk menggambarkan dan membandingkan data, mengindentifikasi tren dalam informasi factual atau menggambarkan suatu proses.

Dalam IELTS Writing Task 1, peserta akan diminta untuk menulis ringkasan setidaknya 150 kata sebagai respon terhadap grafik tertentu baik dalam bentuk bar, garis, tabel, grafik pie, atau proses bagaimana sesuatu bekerja atau dilakukan.

Dalam IELTS Writing Task 1, setidaknya ada 4 poin penting yang ada dalam essay peserta tes, yaitu:

Overview

Memberikan gambaran umum grafik atau gambar.

Explaining All Existing Variables

Menjelaskan variabel yang ada.

Explaining The Major Trend or Features

Menjelaskan data berdasarkan tren.

Giving Detailed Explanation

Menjelaskan data secara mendetail.

Nah, apa kamu masih bingung bagaimana cara mengerjakan soal IELTS writing task 1 agar mendapatkan hasil yang maksimal? Yuk, simak ulasan tentang tips mengerjakan IELTS Writing Task 1 di bawah ini:

Langkah-langkah Mengerjakan IELTS Writing Task 1

Dalam IELTS Writing Task 1, peserta akan disajikan dengan sebuah grafik data baik itu dalam bentuk bar, garis, tabel, grafik, atau grafik pie. Selanjutnya peserta akan diminta untuk menulis essay atau ringkasan mengenaik grafik tersebut dalam sebuah paragraf yang berjumlah minimal 150 kata.

Untuk mengerjakan IELTS Writing task 1 ini, kamu bisa menggunakan tips dan langkah-langkah seperti berikut:

1. Buat Tulisan dalam 3 Paragraf

Untuk mempermudah mendeskripsikan grafik, kamu bisa membagi tulisan menjadi 3 paragraf, yaitu: Introduction Paragraph, Body Paragraph, dan Conclusion Paragraph. Lebih jelasnya, simak penjelasan di bawah ini:

Introduction Paragraph

Pada bagian introduction paragraph atau paragraf pembuka, kamu bisa mencoba untuk memparafrasekan (menulis kembali) soal task 1 akan tetapi dengan bahasa sendiri. Selanjutnya berikan gambaran umum atau gambaran sekilas dari data yang disajikan dalam grafik.

Sebagai contoh kamu bisa membuat introduction paragraph seperti di bawah ini:

“The provided diagram shows data on female and male employment in tourism industry in the US starting from 1925 until 1985”.

Body Paragraph

Body paragraph atau paragraf isi biasanya berisi dua hal, yaitu informasi penting dari data yang disajikan dalam grafik soal dan membandingkan berbagai data yang ada. Kamu juga bisa membuat paragraf isi dengan menjelaskan informasi penting mengenai data yang diberikan.

Conclusion Paragraph

Conclusion paragraph berisi kesimpulan atau gambaran umum dari data yang disajikan dalam grafik soal IELTS writing task 1. Biasanya dalam conclusion paragraph ini, digunakan kata “finally” pada awal kalimat terakhir untuk menunjukkan titik akhir yang dicapai dari data tersebut.

2. Gunakan Kosa Kata Bervariasi

Tips selanjutnya untuk mendapatkan nilai tinggi dalam IELTS writing task 1 ini adalah gunakan kosakata atau vocabulary sebanyak mungkin. Hindari menggunakan kata yang sama lebih dari satu atau dua kali dalam satu paragraf.

Untuk mendapatkan skor yang tinggi pada IELTS writing task 1 ini, sangat penting untuk menggunakan kata sinonim agar tulisan kamu terlihat semakin kaya akan kosakata. Akan tetapi pastikan pilih kosakata yang tepat karena jika sampai salah maka akan membuat skor berkurang.

3. Gunakan Grammar atau Struktur Kalimat yang Kompleks

Satu lagi tips untuk mengerjakan IELTS Writing task pertama agar mendapatkan skor tinggi adalah gunakan struktur kalimat yang kompleks. Akan tetapi pastikan gunakan kata yang benar karena jika ada kata yang salah bisa mengurangi nilai.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengerjakan IELTS Writing Task 1

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal, mengerjakan soal IELTS writing task 1 tidak boleh sembarangan. Ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan sebelum mengerjakan soal menulis essay ini, di antaranya adalah:

  • Pahami data yang disajikan
  • Kelompokkan data
  • Tentukan apakah ada kecenderungan data atau pengeculian
  • Mulai dengan pendahuluan
  • Tulis isi dengan singkat padat dan jelas
  • Berikan simpulan

Dalam mengerjakan soal IELTS writing task 1 ini, peserta diharuskan untuk membuat tulisan atau essay minimal 150 kata. Kamu bisa membagi jumlah kata tersebut menjadi  3 paragraf untuk mempermudah menulis esay sesuai dengan data yang disajikan.

Tips Mendapatkan Skor Tinggi dalam IELTS Writing Task 1

Mendapatkan skor yang tinggi dalam tes IELTS sudah pasti menjadi harapan semua peserta. Untuk tes IELTS writing task 1 ini, Minol ada beberapa tips yang bisa kamu lakukan jika ingin mendapatkan skor tinggi, apa-apa saja tipsnya silakan intip di bawah ini:

Pahami Pertanyaan dengan Baik

Hal pertama yang perlu kamu lakukan saat mengerjakan tes IELTS writing ini adalah baca dan pahami pertanyaan dengan baik. Kamu juga bisa menggarisbawahi poin penting yang ada dalam soal untuk membantu membuat tulisan yang relevan dan tidak keluar dari topik.

Kerjakan Task 2 Terlebih Dahulu

IELTS writing terdiri dari dua bagian yaitu task 1 dan task 2. Taks 2 memiliki skor dua kali lipat dari task 1. Maka dari itu, usahakan untuk mengerjakan task 2 terlebih dahulu agar lebih maksimal dan tidak kehabisan waktu.

Buat Kerangka Paragraf Terlebih Dahulu

Sebelum memulai untuk menulis essay, ada baiknya buat kerangka paragraf terlebih dahulu. Cara ini akan memudahkan kamu untuk membuat tulisan yang lebih terstruktur dan tidak keluar dari topik atau pembahasan.

Ketahui Word Limit

Perlu kamu ketahui bahwa IELTS writing memiliki batasan kata yang telah ditentukan. Untuk IELTS writing task 1, peserta harus menulis paragraf minimal 150 kata. Sedangkan untuk task 2 lebih banyak yaitu 250 kata. Jadi pastikan kamu membuat paragraf dengan jumlah kata tersebut dan jangan sampai kurang karena akan mengurai nilai atau skor.

Perhatikan Gaya Penulisan

Dalam mengerjakan IELTS writing baik task 1 maupun task 2, peserta harus benar-benar memperhatikan gaya penulisan yang digunakan. IELTS mengharuskan peserta untuk menggunakan gaya penulisan formal, contohnya seperti gunakan is not dibandingkan isn’t. Selain itu, hindari juga menulis kalimat yang terlalu panjang karena semakin panjang kalimat maka akan semakin besar kemungkinan salah.

Nah, itu tadi tips untuk mengerjakan IELTS Writing Task 1. Pada tes IELTS Writing task 1 ini peserta dituntut untuk bisa membaca data atau grafik dengan tepat kemudian mendeskripsikannya dalam bentuk tulisan. Dalam hal ini dibutuhkan kosakata dan penggunaan grammar yang tepat untuk membuat paragraf yang sempurna.