Noun Kata Benda Bahasa Inggris

titiknolenglish.com (Noun Kata Benda Bahasa Inggris: Jenis-Jenis & Contohnya) – Hi TNers! salah satu materi dalam belajar bahasa Inggris yang tidak bisa ketinggalan adalah part of speech, Tentu saja materi lainnya seperti grammarvocabulary, tenses dan lainnya juga tidak kalah penting untuk di pelajari.

Salah satu materi dari tema part of speech yaitu noun (kata benda), nah pada kesempatan kali ini Minol mau ajak kalian semua untuk mengupas secara tuntats mengenai Noun kata benda bahasa Inggris mulai dari jenis-jenis dan contohnya. Mau tahu bagaimana pembahasan lengkap simak artikel berikut sampai selesai ya.

Apa itu Noun Kata Benda Bahasa Inggris?

Dalam bahasa Inggris Noun atau kata benda merupakan jenis kata yang digunakan untuk menyebutkan nama dari orang, tempat, benda, atau ide. Kata benda biasanya digunakan untuk memberikan identitas pada objek yang sedang dibicarakan dalam kalimat.

Noun dapat dibagi menjadi dua jenis yaitu noun konkret dan noun abstrak:

  • Noun konkret adalah kata benda yang merujuk pada objek atau hal yang dapat dilihat, didengar, dirasa, atau disentuh. Contohnya seperti ‘meja’, ‘mobil’, atau ‘buku’.

  • Noun abstrak adalah kata benda yang merujuk pada konsep, gagasan, atau ide yang tidak dapat dirasakan secara langsung. Contohnya seperti ‘kebahagiaan’, ‘cinta’, atau ‘kebebasan’.

Noun kata benda bahasa Inggris juga dapat memiliki peran tertentu dalam suatu kalimat, seperti sebagai subjek, objek, atau pelengkap. Sebagai subjek, noun berfungsi sebagai fokus atau pusat dari kalimat dan seringkali diikuti oleh kata kerja. Sebagai objek, noun menerima tindakan dari kata kerja dalam kalimat. Sedangkan sebagai pelengkap, noun memberikan informasi tambahan tentang subjek atau objek.

Noun memiliki beberapa bentuk atau kata turunan yang digunakan tergantung pada fungsi atau perannya dalam kalimat. Contohnya seperti bentuk jamak, possessive case, atau compound noun. Namun, secara umum, noun selalu merujuk pada sebuah objek atau konsep tertentu.

Fungsi Noun Kata Benda Bahasa Inggris

Noun kata benda bahasa Inggris merupakan salah satu part of speech yang penting dalam bahasa Inggris karena memiliki beberapa fungsi penting, di antaranya:

  • Sebagai subjek kalimat: Noun dapat berfungsi sebagai subjek dalam suatu kalimat, yaitu sebagai kata yang menerangkan tentang apa atau siapa yang melakukan tindakan dalam kalimat. Contohnya, pada kalimat “The cat is sleeping”, noun “cat” berfungsi sebagai subjek yang menjelaskan tentang apa yang sedang dilakukan (yaitu tidur) oleh subjek tersebut (yaitu kucing).
  • Sebagai objek kalimat: Noun juga dapat berfungsi sebagai objek dalam kalimat, yaitu sebagai kata yang menerima tindakan dari subjek dalam kalimat. Contohnya, pada kalimat “She loves her dog”, noun “dog” berfungsi sebagai objek yang menerima tindakan (yaitu dicintai) dari subjek dalam kalimat (yaitu dia).

  • Sebagai objek preposisi: Noun dapat berfungsi sebagai objek preposisi, yaitu kata yang mengikuti preposisi dalam kalimat. Contohnya, pada kalimat “He goes to the park every morning”, noun “park” berfungsi sebagai objek preposisi yang diikuti oleh preposisi “to”.

  • Sebagai pelengkap kata kerja: Noun juga dapat berfungsi sebagai pelengkap kata kerja, yaitu kata yang memberikan informasi tambahan tentang tindakan yang dilakukan oleh subjek dalam kalimat. Contohnya, pada kalimat “She became a doctor”, noun “doctor” berfungsi sebagai pelengkap kata kerja yang menjelaskan tentang profesi yang diambil oleh subjek dalam kalimat (yaitu menjadi dokter).

  • Sebagai penanda kepemilikan: Noun dapat digunakan untuk menunjukkan kepemilikan atau milik seseorang atau sesuatu. Contohnya, pada kalimat “The car is mine”, noun “car” menunjukkan benda yang dimiliki atau dimiliki oleh penutur yang mengucapkan kalimat (yaitu mobil), sedangkan kata “mine” menunjukkan kepemilikan.

  • Sebagai penunjuk orang, tempat, atau benda: Noun juga dapat digunakan sebagai kata yang menunjukkan tentang orang, tempat, atau benda tertentu. Contohnya, pada kalimat “I met a woman at the party”, noun “woman” menunjukkan tentang orang yang ditemui, sedangkan kata “party” menunjukkan tentang tempat atau acara di mana bertemu.

Jenis-Jenis Noun Kata Benda Bahasa Inggris

Berikut jenis-jenis noun kata benda bahasa Inggris:

  1. Proper Noun: Noun ini digunakan untuk menyebutkan nama orang, tempat, atau benda tertentu yang khusus. Contohnya seperti ‘Indonesia’, ‘John’, atau ‘Eiffel Tower’.
  2. Common Noun: Noun ini digunakan untuk menyebutkan benda, orang, atau tempat umum. Contohnya seperti ‘rumah’, ‘kucing’, atau ‘kota’.
  3. Countable Noun: Noun ini dapat dihitung dan memiliki bentuk jamak. Contohnya seperti ‘kucing’ (cat) dapat dihitung dan memiliki bentuk jamak ‘kucing-kucing’ (cats).
  4. Uncountable Noun: Noun ini tidak dapat dihitung dan tidak memiliki bentuk jamak. Contohnya seperti ‘air’ (water) tidak dapat dihitung dan tidak memiliki bentuk jamak.
  5. Collective Noun: Noun ini digunakan untuk menyebutkan sekumpulan benda atau orang sebagai satu kesatuan. Contohnya seperti ‘keluarga’ (family) atau ‘kawanan’ (herd).
  6. Abstract Noun: Noun ini digunakan untuk menyebutkan konsep, ide, atau perasaan yang tidak dapat dilihat atau disentuh. Contohnya seperti ‘kebahagiaan’ (happiness), ‘kecemasan’ (anxiety), atau ‘keberanian’ (bravery).
  7. Compound Noun: Noun ini terbentuk dari dua atau lebih kata benda yang digabungkan menjadi satu. Contohnya seperti ‘guru besar’ (professor), ‘meja makan’ (dining table), atau ‘sepeda motor’ (motorcycle).
  8. Possessive Noun: Noun ini menunjukkan kepemilikan atau hubungan antara dua benda atau orang. Contohnya seperti ‘buku saya’ (my book), ‘mobil ibu’ (mother’s car), atau ‘rumah teman saya’ (my friend’s house).
  9. Concrete Noun: Noun ini merujuk pada benda yang dapat dilihat, didengar, dirasa, atau disentuh. Contohnya seperti ‘pohon’ (tree), ‘komputer’ (computer), atau ‘kursi’ (chair).
  10. Verbal Noun atau Gerund: Noun ini terbentuk dari kata kerja dengan menambahkan akhiran ‘-ing’ dan digunakan sebagai subjek atau objek dalam kalimat. Contohnya seperti ‘menulis’ (writing) atau ‘berlari’ (running).
  11. Material Noun: Noun ini digunakan untuk menyebutkan bahan atau material yang digunakan dalam suatu objek atau produk. Contohnya seperti ‘kayu’ (wood), ‘besi’ (iron), atau ‘plastik’ (plastic).
  12. Place Noun: Noun ini digunakan untuk menyebutkan tempat atau lokasi. Contohnya seperti ‘kantor’ (office), ‘taman’ (park), atau ‘rumah sakit’ (hospital).
  13. Time Noun: Noun ini digunakan untuk menyebutkan waktu atau jangka waktu. Contohnya seperti ‘hari’ (day), ‘bulan’ (month), atau ‘tahun’ (year).
  14. Relational Noun: Noun ini digunakan untuk menyebutkan hubungan atau relasi antara dua orang atau benda. Contohnya seperti ‘anak’ (child), ‘saudara’ (sibling), atau ‘pasangan’ (partner).
  15. Interjectional Noun: Noun ini digunakan untuk menyatakan perasaan atau emosi dalam kalimat. Contohnya seperti ‘oh’ (oh), ‘ya’ (yeah), atau ‘wow’ (wow).
  16. Abstract Collective Noun: Noun ini merupakan gabungan dari abstract noun dan collective noun yang digunakan untuk menyebutkan sekumpulan konsep atau ide. Contohnya seperti ‘kebahagiaan-kebahagiaan’ (happinesses), ‘perdamaian-perdamaian’ (peaces), atau ‘kebebasan-kebebasan’ (freedoms).
  17. Noun phrase adalah sebuah frasa yang terdiri dari gabungan antara kata benda (noun), kata ganti benda (pronoun), atau Frasa ini digunakan untuk sebuah noun yang dianggap belum terlalu jelas untuk mengambarkan sebuah kata benda. hubungan antara noun dan modifier dalam frasa. Contohnya: Bus Stop, My new laptop, wooden chairs.

Itulah beberapa jenis-jenis noun kata benda bahasa Inggris yang dapat digunakan dalam berbagai macam kalimat dan situasi komunikasi. Mulai sekarang TNers sudah bisa membuat contoh kalimat dari salah satu jenis-jenis noun diatas. Untuk kamu yang sudah mengikuti artikel ini sampai akhir selamat karena sudah menambah satu penguasaan materi bahasa Inggris.

Untuk TNers semua yang mau kemampuan bahasa Inggrisnya level up dengan cepat coba cek beberapa program belajar bahasa Inggris terbaik mulai dari level basic hingga kamu yang sedang mempersiapkan tes bahasa Inggris TOEFL atau IELTS. Sementara untuk kamu yang belum tahu sejauh mana kemampuan bahasa Inggris yang dimiliki bisa coba Placement Test berikut ini agar kamu tidak salah pilih program belajar.

Pilihan Kursus Bahasa Inggris Online

English Grammar

Belajar aturan tata bahasa Inggris, selain agar lebih pede berbicara & menulis dalam bahasa Inggris, juga agar apa yang ingin kita sampaikan mudah dipahami

  • Seminggu 3x kelas live via Zoom Meeting Premium
  • Fasilitas: e-Modul, e-Certificate
  • Didesain untuk siswa usia 16+ atau minimal SMA

Rp 350.000 Rp 150.000 untuk 2 minggu
Rp 450.000 Rp 250.000 untuk 1 bulan

Pilihan level: Basic, Intermediate, Advanced

  • Jadwal level Basic: Senin, Rabu, Jumat pukul 20.10-21.40 WIB
  • Jadwal level Intermediate & Advanced: Senin, Rabu, Jumat pukul 18.30-20.00 WIB

Masih ragu mau pilih level apa? coba placement test gratis kami di sini.

English Speaking

Melatih Speaking Skill dengan banyak praktik percakapan dalam berbagai tema sesuai level. Cocok untuk yang ingin pede dan speak fluently

  • Seminggu 3x kelas live via Zoom Meeting Premium
  • Fasilitas: e-Modul, e-Certificate
  • Didesain untuk siswa usia 16+ atau minimal SMA

Rp 350.000 Rp 200.000 untuk 2 minggu
Rp 450.000 Rp 350.000 untuk 1 bulan

Pilihan level: Basic, Intermediate, Advanced

  • Jadwal level Basic: Senin, Rabu, Jumat pukul 18:30-20:00 WIB
  • Jadwal level Intermediate & Advanced: Senin, Rabu, Jumat pukul 20.10-21.40 WIB

Masih ragu mau pilih level apa? coba placement test gratis kami di sini.

IELTS Prep

Tips & Trick mendapat skor IELTS tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes IELTS)

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Class Recording

Rp 2.400.000
Rp 1.200.000

TOEFL Prep

Tips & Trick mendapat skor TOEFL tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes TOEFL)

  • Masa belajar 6 Minggu
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Via Zoom
  • Total durasi: 72 Jam
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Class Recording

Rp 1.600.000
Rp 700.000

IELTS Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Masa belajar 2 Minggu
  • Via Zoom
  • Jadwal belajar: Senin-Kamis pukul 18.30-21.30
  • Total durasi: 16 Pertemuan
  • Kapasitas maksimal kelas Writing & Speaking 15 siswa, Listening & Reading 25 siswa
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes IELTS
  • Class Recording

Rp 1.140.000
Rp 563.000

TOEFL Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Masa belajar 2 Minggu
  • Jadwal belajar: Senin & Rabu pukul 18.30-21.30, Selasa & Kamis pukul 18.30-20.00
  • Via Zoom
  • Total durasi: 16 Pertemuan
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Include: Pre-Test, Post-Test
  • Bonus 4x Kelas Scholarship Mentoring
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes TOEFL
  • Class Recording

Rp 945.000
Rp 463.000

Paket Kursus di Kampung Inggris

General English

Cara mudah, cepat, dan tepat menguasai bahasa Inggris

  • 4 pertemuan per hari: Reading, Grammar, Speaking, Listening/Writing

  • Pilihan level: Basic, Intermediate, atau Advanced

  • Pilihan durasi: 2 Minggu, 1 Bulan, 2 Bulan, 3 Bulan

TOEFL Preparation (ITP)

Persiapan tes TOEFL ITP untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4 pertemuan per hari: Listening, Structure, Reading, Vocab/Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

IELTS Preparation

Persiapan tes IELTS untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4-5 pertemuan per hari: Listening, Writing, Speaking, Reading, Scoring (simulasi tes)

  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)

  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan