Definisi dan Rumus Simple future

Definisi dan Rumus Simple Future Tense serta Contoh Kalimatnya

 

titiknolenglish.com (Definisi dan Rumus Simple future tense serta Contoh Kalimatnya) – Halo TNers semuanya! Disana musim hujan gak sih? Bagaimanapun suasananya. siapa di sini yang suka merencanakan masa depan? Pasti semua setuju bahwa memiliki rencana adalah kunci untuk mencapai tujuan kita. Nah, dalam bahasa Inggris, kita bisa menyusun kalimat menggunakan tenses yang disebut “Simple Future” untuk membicarakan rencana dan kegiatan yang akan datang.

Tapi, apa sih sebenarnya Simple Future itu? Jangan khawatir, pada artikel ini Minol akan membahas secara sederhana tentang definisi dan rumus Simple Future. Jadi, jika kamu ingin menjadi lebih mahir dalam menggunakan bahasa Inggris untuk membicarakan masa depan.

Kita akan belajar mengenai definisi dan rumus simple future tentang bagaimana membentuk kalimat Simple Future, kapan kita harus menggunakannya, dan juga beberapa contoh penggunaannya dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, mari kita mulai!

yuk simak artikel ini sampai selesai.

Pengertian Simple Future Tense

Pengertian Simple Future Tense

Simple Future dalam bahasa Inggris adalah bentuk kata kerja (tense) yang digunakan untuk menyatakan kegiatan atau peristiwa yang akan terjadi di masa depan dan belum terjadi. Intinya, Simple Future membantu kita untuk berbicara tentang rencana dan kegiatan, prediksi dan keinginan yang akan datang dengan lebih jelas dan efektif.

Rumus Simple Future Tense

Rumus Simple Future Tense

Pada tense Simple Past  bentuknya mengunakan modal auxiliary dan similar modal yang memiliki arti “akan”. Modal auxiliary pada simple future tense adalah willshall, dan be going to. Nah agar TNers Lebih mudah dalam membuat kalimat simple future tense berikut rumus penyusun simple future tense:

Catatan:

Catatan:

  • Simple future tense, bentuk kata kerja (Verb) yang digunakan adalah Verb1

  • Ketika menyusun kalimat dengan bentuk simple future tense tidak terjadi perubahan kata kerja pada subjek “I, You, We, They, He, She, It” Singular Subject, dan Plural Subject baik dalam kalimat positif, kalimat negatif, atau kalimat tanya, maka subjek tersebut akan selalu diikuti oleh kata kerja bentuk 1 (V1).

  • Gunakan kata kerja bantu “will” atau “be going to” sebelum kata kerja utama. Misalnya, “I will study” atau “She is going to visit.”

  • Ketika menggunakan “will“, kata kerja utama harus dalam bentuk dasar (infinitive). Misalnya, “I will eat pizza” atau “They will watch a movie“.

  • Ketika menggunakan “be going to“, kata kerja utama harus dalam bentuk “base verb + ing” untuk menunjukkan bahwa aksi itu direncanakan atau akan terjadi di masa depan. Misalnya, “She is going to be studying” atau “He is going to be working“.

Perbedaan Modal (Shall, will & Be going to)

Perbedaan Modal (Shall, will & Be going to)

Modal “shall“, “will“, dan “be going to” semuanya dapat digunakan untuk membentuk Simple Future Tense. Namun, ada perbedaan dalam penggunaannya:

Shall

Shall

  • Dapat digunakan untuk subjek: I, We.

  • Digunakan untuk mengekspresikan pertanyaan atau permintaan sederhana, atau untuk menawarkan saran. Contoh: “Shall we meet tomorrow?” atau “Shall I help you with your bags?

Will

Will

  • Dapat digunakan untuk keseluruhan subjek: I, You, We, They, He, She, It.

  • Digunakan untuk mengekspresikan keinginan, keputusan spontan, atau prediksi masa depan yang tidak terlalu pasti. Contoh: “I will go to the beach tomorrow” atau “It will probably rain tomorrow“.

Be going to

Be going to

  • Dapat digunakan untuk keseluruhan subjek: I, You, We, They, He, She, It.

  • Digunakan untuk mengekspresikan rencana yang sudah direncanakan dan pasti akan terjadi di masa depan. Contoh: “She is going to study abroad next year” atau “They are going to have a baby soon“.

Jadi, perbedaan ketiga modal ini terletak pada situasi dan maksud penggunaannya. Kita bisa menggunakan salah satu dari ketiga modal ini tergantung pada konteks dan niat pembicaraannya.

Adverb of time dalam Simple Future Tense

Adverb of time dalam Simple Future Tense

Adverb of time atau keterangan waktu yang dapat digunakan dalam Simple Future Tense meliputi:

  • Tomorrow (besok) Contoh: “I will see you tomorrow.”

  • Next week (minggu depan) Contoh: “She is going to visit her grandparents next week.

  • In two hours (dalam dua jam) Contoh: “They will arrive in two hours.

  • Next month (bulan depan) Contoh: “He will start his new job next month.”

  • Soon (segera) Contoh: “I will call you soon.

  • Later (nanti) Contoh: “They will finish their project later today.

  • Tonight (malam ini) Contoh: “We will go to the cinema tonight.

  • Next year (tahun depan) Contoh: “She will graduate from college next year.

  • In a moment (sebentar lagi) Contoh: “He will be here in a moment.

  • In a week’s time (dalam waktu seminggu) Contoh: “They will have completed their project in a week’s time.

Adverb of time ini membantu untuk memberikan informasi lebih rinci tentang kapan suatu kegiatan atau peristiwa akan terjadi di masa depan. Dengan menggunakan adverb of time dalam Simple Future Tense, kita dapat membuat kalimat menjadi lebih spesifik dan mudah dimengerti.

Contraction/Singkatan pada Simple Future Tense

Contraction/Singkatan pada Simple Future Tense

Dalam Simple Future Tense, kita bisa menggunakan singkatan (contractions) untuk membuat kalimat menjadi lebih ringkas dan mudah diucapkan. Berikut adalah beberapa singkatan yang umum digunakan dalam Simple Future Tense:

  • I will” dapat disingkat menjadi “I’ll“. Contoh: “I will study English tomorrow.” dapat disingkat menjadi “I’ll study English tomorrow.”

  • He will” dapat disingkat menjadi “He’ll“. Contoh: “He will be here soon.” dapat disingkat menjadi “He’ll be here soon.”
  • She will” dapat disingkat menjadi “She’ll“. Contoh: “She will finish her work later.” dapat disingkat menjadi “She’ll finish her work later.”
  • We will” dapat disingkat menjadi “We’ll“. Contoh: “We will go to the park next week.” dapat disingkat menjadi “We’ll go to the park next week.”
  • They will” dapat disingkat menjadi “They’ll“. Contoh: “They will arrive in a few minutes.” dapat disingkat menjadi “They’ll arrive in a few minutes.

  • It will” dapat disingkat menjadi “It’ll“. Contoh: “It will rain later today.” dapat disingkat menjadi “It’ll rain later today.”

Singkatan ini sering digunakan dalam percakapan sehari-hari dan membantu membuat kalimat menjadi lebih mudah diucapkan dan dipahami. Namun, perlu diingat bahwa singkatan biasanya tidak digunakan dalam tulisan formal seperti surat resmi atau laporan akademik.

Demikianlah pembahasan mengenai definisi dan rumus simple future tense, sebuah bentuk waktu yang digunakan untuk menggambarkan kejadian yang akan terjadi di masa depan. Simple Future Tense dapat digunakan untuk berbagai macam tujuan, seperti untuk membuat janji, mengungkapkan rencana, atau membuat prediksi tentang masa depan. Selain itu, dengan menggunakan adverb of time dan contractions, kita dapat membuat kalimat menjadi lebih spesifik dan mudah dipahami.

Meskipun Simple Future Tense terlihat sederhana, namun sebenarnya memiliki aturan gramatikal yang perlu diperhatikan agar kalimat terbentuk dengan benar. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk mempelajari aturan dan mempraktikkannya dalam percakapan sehari-hari. Semoga artikel ini dapat membantu meningkatkan pemahaman TNers semuanya dimanapun berada mengenai Simple Future Tense dan memudahkan untuk menggunakannya dengan benar. Terima kasih telah membaca dan semoga bermanfaat!

Mau lebih cepat level up dalam berbahasa Inggris cek program belajar bahasa Inggris dari Titik Nol English Course berikut…