• Contoh Pertanyaan IELTS Speaking Part 1

Contoh Pertanyaan IELTS Speaking Part 1

titiknolenglish.com (Contoh Pertanyaan IELTS Speaking Part 1) – Hallo TNers, apakah dalam waktu dekat kamu ingin mengikuti ujian IELTS? Pelajari dulu contoh pertanyaan IELTS Speaking Part 1 berikut ini agar kamu bisa lulus tes dengan nilai lebih baik. Dengan begitu, skor IELTS Speaking bisa lebih tinggi sehingga kesempatan untuk mendapatkan beasiswa ke luar negeri juga akan semakin besar.

Tes IELTS dilakukan dalam empat tahapan yaitu Listening, Reading, Writing dan juga Speaking. Speaking atau tes berbicara merupakan salah satu tes tersulit dalam rangkaian tes kemampuan bahasa Inggris berstandar Internasional ini. Maka dari itu, dibutuhkan persiapan yang matang agar hasil tes IELTS Speaking bisa lebih maksimal.

Dalam tes Speaking IELTS terdapat 3 bagian tes yang akan berlangsung selama 11 – 14 menit, dengan perincian sebagai berikut:

  • 4 – 5 menit untuk tes Speaking Part 1,
  • 1 – 2 menit untuk tes Speaking Part 2, dan
  • 3 – 4 menit untuk tes speaking part 3.

Tes Speaking IELTS akan berlangsung dengan didampingi seorang penguji yang disebut dengan examiner. Examiner ini bertugas untuk memberikan pertanyaan sekaligus intruksi kepada peserta tes dan selanjutnya harus dijawab dan dibahas menggunakan bahasa Inggris. Tes akan dilakukan satu per satu di ruangan pribadi secara tatap muka langsung dengan penguji.

Dalam tes IELTS Speaking, untuk mendapatkan skor yang tinggi maka peserta harus mampu menunjukkan pemahaman yang baik serta mampu menjelaskan topik yang ditanyakan oleh examiner dengan jelas. Selain itu, dalam tes speaking ini, kamu juga perlu memperhatikan tenses hingga kosakata untuk memaksimalkan skor.

Pada tes IELTS Speaking Part 1, biasanya penguji atau examiner akan menanyakan beberapa hal umum mengenai personality peserta seperti asal daerah, pendidikan hingga hobi. Biasanya ada sekitar 5 – 8 pertanyaan yang akan diajukan oleh examiner dengan waktu tes selama 4 – 5 menit saja.

Beberapa contoh pertanyaannya seperti di bawah ini:

1. About Study or Work

Biasanya examiner akan menanyakan beberapa  pertanyaan yang berkaitan dengan pekerjaan atau sekolah. Contohnya pertanyaannya seperti berikut ini :

  • Do you work or study?
  • Why did you choose that job?
  • Do you enjoy your job?
  • Why you choose that university
  • Do you get along with your classmate?
  • What job would you like when you have completed all your study?

2. About Hometown

Pertanyaan kedua ini biasanya berkaitan dengan kampung halaman atau daerah asal peserta tes IELTS. Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan oleh examiner antara lain seperti di bawah ini:

  • Where is your hometown?
  • How often do you visit your hometown?
  • What’s the oldest part of your hometown?

3. About Home

Pertanyaan ketiga ini berkaitan dengan tempat tinggal peserta tes IELTS. Contoh pertanyaan yang sering diajukan oleh examiner antara lain seperti berikut :

  • What is your favorite room?
  • How is your apartement decorated?

4. About Food and Hobbies

Examiner biasanya juga akan mengajukan yang berkaitan dengan hobi dan makanan. Contoh pertanyaannya seperti berikut :

  • What’s your favourite food?
  • Have you always like that food?
  • Do you have any hobbies?
  • Do you like cook?
  • How often do you cook?

Tips Menjawab Pertanyaan IELTS Speaking Part 1

Perlu diketahui, bahwa waktu tes IELTS Speaking Part 1 hanya berkisar antara 4 – 5 menit saja. Waktu tersebut harus kamu maksimalkan dengan baik agar mampu menjawab semua pertanyaan examiner dengan benar, jelas dan juga memuaskan.

Berikut ini ada beberapa tips menjawab pertanyaan IELTS Speaking part 1 yang bisa kamu gunakan agar mendapatkan hasil yang maksimal dan sesuai dengan harapan examiner:

  • Bersikap Santai

Salah satu tips sukses dalam menjawab pertanyaan examiner saat tes IELTS Speaking part 1 ini adalah kamu harus berbicara dengan sangat dan jelas. Buat jawaban dengan cara bicara yang senatural mungkin seperti mengobrol dengan seseorang sehingga terdengar lebih alami. Untuk bisa melakukan hal ini pastikan kamu perlu penguasaan bahasa Inggris yang bagus serta latihan speaking yang harus lancar.

  • Jawab Senatural Mungkin

Tes IELTS Speaking part 1 berisi pertanyaan yang berhubungan mengenai diri atau personality peserta. Dalam hal ini, kamu hanya perlu menjawab senatural mungkin layaknya memperkenalkan diri kepada orang lain. Kamu tidak perlu menghafal atau menyiapkan jawaban karena nantinya akan terlihat kaku dan tidak natural.

  • Jawab Pertanyaan dengan Ringkas Namun Lengkap

Perlu kamu ketahui bahwa waktu yang diberikan examiner untuk tes IELTS Speaking part 1 ini adalah sekitar 4 – 5 menit saja. Dalam waktu tersebut, biasanya ada 3 – 4 topik pembahasan yang diberikan oleh examiner. Jadi pastikan maksimalkan waktu tersebut untuk menjawab semua pertanyaan dengan tepat, jelas dan lengkap namun tidak bertele-tele agar tidak menghabiskan banyak waktu.

Untuk menghemat waktu, kamu bisa menjawab pertanyaan examiner dengan 3 – 4 kalimat kompleks saja agar lebih fokus dan sistematis. Contohnya dalam pertanyaan “Where is your hometown?”. Kamu bisa menjawab dengan kalimat seperti ini : “Well, my hometown is Medan, one of popular cities in my country, located in Sumatra island and is well known as Melayu Deli city to be exact.”

  • Kuasai Topik yang Sering Dibicarakan Sehari-hari

Topik pembahasan pada tes IELTS Speaking Part 1 tidak jauh dari seputar kehidupan pribadi peserta. Maka dari itu, jika ingin lulus tes ini dengan maksimal, kuasai topik yang sering dibicarakan sehari-hari. Kamu juga bisa menambah vocabulary yang berhubungan dengan personality sehingga saat menjawab pertanyaan examiner tidak menggunakan kosa kata yang itu-itu saja. Dengan pemilihan vocabulary yang beragam, bisa meningkatkan skot IELTS Speaking pada level yang lebih tinggi.

Nah, itulah contoh soal pada tes IELTS Speaking Part 1. Speaking merupakan tes terakhir dari rangkaian tes IELTS yang harus dilakukan oleh peserta. Tes ini merupakan salah satu bagian tersulit karena kemampuan bahasa Inggris peserta benar-benar akan diuji langsung oleh examiner. Maka dari itu perlu dipersiapkan dengan baik agar hasil tes IELTS Speaking part 1 ini bisa maksimal.

Untuk pembahasan mengenai contoh-contoh soal IELTS selanjutnya (Part 2 dan Part 3) akan kita bahas di artikel selanjutnya. Jangan lupa follow akun Instagram Titik Nol English Course di @titiknolenglish. See yaa!