Check-it-Out-atau-Check-This-Out

Check it Out atau Check This Out? Mana yang Benar?

titiknolenglish.com – Kalau kamu sering nonton siaran radio atau mungkin kamu generasi Milenial yang pernah nonton acara musik MTV Ampuh pasti kamu pernah mendengar kata “check this out”, namun tentu kamu entah salah dengar atau pernah mendengar kata “check it out”. Nah dari dua kata itu, mana sih kata yang benar? Check this out atau check it out? Yuk kita cari tahu perbedaannya serta kita bedah artinya satu per satu.

Perbedaan Check it Out dan Check This Out

Yuk coba kita bahas dua kalimat ini. Sebenarnya kata check it out dan check this out  memiliki makna yang hampir mirip loh. Kata ini merupakan kata ajakan yang diucapkan oleh seseorang biasanya presenter atau MC untuk mengajak audiens untuk melihat sesuatu. Atau kata ini juga digunakan untuk mengajak seseorang untuk mencoba sesuatu.

Penggunaan Check it Out

Yang pertama kita akan bahas soal check it out, kata ini bisa kamu gunakan untuk memberikan ajakan kepada seseorang untuk melihat sesuatu atau mencoba sesuatu yang menarik. Atau dalam percakapan umum, kata ini bisa digunakan untuk mengajak seseorang memeriksa sesuatu.

Untuk lebih paham, lihat contoh kalimat dengan kata check it out berikut ini:

  • I just finished reading this amazing book about Indonesian culture. You should check it out! (Saya baru saja selesai membaca buku luar biasa tentang budaya Indonesia. Kamu harus membacanya!)
  • There’s a new cafe in town that’s getting great reviews. You should check it out! (Ada kafe baru di kota yang mendapatkan ulasan bagus. Kamu harus melihatnya!)
  • I came across a fascinating article about sustainable tourism. Check it out! (Saya menemukan artikel menarik tentang pariwisata berkelanjutan. Bacalah!)
  • Hey, I found this interesting website about adventure activities in Indonesia. Check it out! (Hei, saya menemukan situs web menarik tentang kegiatan petualangan di Indonesia. Lihatlah!)
  • Have you heard the latest song by that band we like? Check it out on YouTube! (Apakah kamu sudah mendengar lagu terbaru dari band yang kita sukai? Lihatlah di YouTube!)

Dari beberapa contoh kalimat di atas, kita bisa tahu beberapa fungsi dari kata check it out, kalimat pertama dan kedua digunakan untuk merekomendasikan sesuatu. Kalimat ketiga dan keempat  menggambarkan seseorang yang ingin menunjukkan sesuatu kepada orang lain. Untuk kalimat yang kelima menggunakan kata check it out untuk membagikan sesuatu kepada orang lain.

Penggunaan Kata Check This Out

Kata check this out Memiliki perbedaan pada penggunaannya. Kata ini digunakan untuk mengarahkan perhatian seseorang pada objek tertentu, bisanya berupa objek fisik yang bisa disimak. Seperti musik, fil, atau penampilan dalam pentas. Nah sekrang kamu tahukan harus menggunakan check it out atau check this out, jika kamu seorang presenter atau penyiar radio, kamu harus menggunakan check this out.

Lihat contoh kalimat dengan kata check this out di bawah ini agar lebih jelas:

  • Check this out! This artwork is made entirely of recycled materials. (Lihatlah ini! Karya seni ini dibuat sepenuhnya dari bahan daur ulang)
  • Check this out! Our website now has an interactive map feature. (Lihatlah ini! Situs web kami sekarang memiliki fitur peta interaktif.)
  • Check this out! This is the funniest video I’ve seen all week. (Lihatlah ini! Ini adalah video terlucu yang saya lihat sepanjang minggu.)
  • Check this out! Scientists have discovered a new species of bird in the Amazon. (Lihatlah ini! Para ilmuwan telah menemukan spesies burung baru di Amazon.)
  • Check this out! I just finished building this model airplane. (Lihatlah ini! Saya baru saja selesai membuat model pesawat ini.)

Lihat Bagaimana Penggunaan kata This dan It

Mungkin agar lebih bisa memahami apakah kita harus menggunakan check it out atau check this out, kita perlu tahu perbedaan dari kata this dan it itu sendiri. Dalam bahasa indonesia, kata ini bisa diartikan sebagai “ini”, namun dalam bahasa Inggris yang membedakan penggunaannya adalah jarak dari objek dan subjeknya.

This digunakan untuk menunjukkan sesuatu yang berada dekat dengan pembicara misalnya kata “this is my laptop” atau “ini adalah laptop saya”. Dalam konteks ini, laptop berada di dekat pembicara.

Sedangkan kata it adalah kata ganti yang mewakili objek yang sudah dikatakan sebelumnya dan digunakan untuk benda, hewan, maupun sebuah konsep yang abstak. Misalnya kata “The weather is nice today. It is sunny” yang artinya “cuacanya sedang bagus hari ini. Ini cerah” kata it di sini mewakili cuaca yang telah disebutkan oleh pembicara.

Lalu Apa Arti Cekidot?

Selain chet it out dan check this out, kamu tentu juga pernah mendengar kata cekidot. Apa artinya? Cekidot sebenarnya adalah slang atau bahasa gaul yang diambil dari kata bahasa Inggris Check it out. Jadi kata ini sebagai sebuah kata gaul untuk mencairkan suasana agar terlihat santai.

Apakah kata ini bisa digunakan? Jawabannya bisa jika kamu berada di Indonesia dalam situasi non formal. Ini adalah slang bahasa Indonesia sebenarnya dan tidak pernah diucapkan oleh native speaker. Maka dari itu kamu perlu melihat situasi terlebih dahulu sebelum mengucapkan sebuah kata yang termasuk dalam slang.

Jika kamu seorang penyiar radio, kamu boleh saja kok menggunakan kata cekidot jika segmen pendengarmu adalah anak muda. Tentu anak-anak muda mengerti apa yang kamu katakan.

Yuk Belajar Bahasa Inggris Lebih Banyak

Jika kamu membaca pembahasan tentang check it out atau check this out ini sampai selesai, sudah bisa dipastikan jika kamu tertarik untuk belajar bahasa Inggris. Belajar dari dasar memang sulit, perlu metode belajar yang tepat untuk bisa belajar lebih cepat. Titik Nol English Course bisa membantumu, Titik Nol mengintegrasikan antara materi TOEFL dan IELTS, untuk menciptakan sebuah metode yang efektif untuk belajar bahasa Inggris dari dasar.

Yang menarik adalah, jika kamu memang ingin belajar bahasa Inggris dari nol, Titik Nol English Course membuka program beasiswa untuk belajar secara intensif selama 5 bulan dari level paling dasar hingga siap untuk menghadapi tes TOEFL maupun IELTS. Program ini memiliki harga yang lebih murah dan sudah termasuk camp di Kampung Inggris.

Banyak dari alumni Titik Nol yang mengambil program ini dan mereka berhasil mahir dalam berbahasa Inggris hingga menjadi tutor. Bahkan ada yang lolos beasiswa luar negeri karena nilai TOEFL dan IELTS mereka yang tinggi. Nah bagi kamu yang benar-benar ingin belajar bahasa Inggris dari nol, program ini adalah kesempatan yang harus kamu ambil.

Untuk tahu lebih lengkapnya, kamu bisa cek Kampung Inggris di website resmi Titik Nol English Course. Atau kamu bisa melihat-lihat semua program bahasa Inggris yang lengkap dengan mengunjungi homepage website resmi Titik Nol English Course. Tetap kembangkan kemampuanmu untuk kesempatan yang semakin terbuka lebar.

+ posts

Hi, I am an SEO & content writing specialist and I am interested in learning English and many things related to it.