Kira-kira, Kanada udah jadi target study abroad sobat titiknolenglish belum? Nah, informasi ini mungkin bisa membantu teman-teman sekalian untuk memantapkan niat!

Kualitas Pendidikan Tinggi

Kualitas pendidikan tentu menjadi Alasan Kuliah di Kanada dan pertimbangan utama dong dalam memilih kampus? Nah, jangan khawatir, Sob! Kanada punya lembaga bernama Association of Universities and Colleges of Canada (AUCC) yang menjamin bahwa setiap perguruan tinggi di sana memiliki kurikulum serta fasilitas yang sesuai standar nasional. Hal ini berhasil mengantar 11 perguruan tinggi Kanada untuk menempati peringkat 250 besar dunia (menurut QS Rankings).

Biaya Relatif Terjangkau

Dibanding dengan Amerika Serikat, Inggris, dan Australia, biaya kuliah di Kanada terkenal lebih murah loh! Hal ini karena perguruan tinggi di sana menerima pendanaan publik melalui pemerintah provinsi. Untuk jenjang S1, rata-rata biaya kuliah di Kanada sebesar 5,000 CAD (sekitar Rp 57,1 juta) per tahun. Untuk universitas sekelas University of Toronto, tentu worth it banget dong?

Kesempatan Kerja Luas

Sejak tahun 2014 lalu, pemerintah Kanada mengeluarkan peraturan yang membebaskan para pelajar internasional untuk bekerja di sana tanpa harus membuat visa bekerja. Jadi, kamu gak perlu repot urus dokumen apapun kalau ingin mencari penghasilan tambahan di sana. Terlebih lagi, kamu juga diberi kebebasan untuk bekerja di Kanada selama setahun setelah kelulusan. Oke banget tuh buat nambah pengalaman!

Negara Multikultur

Walau bahasa yang diakui sebagai bahasa nasional di Kanada adalah bahasa Inggris dan Prancis, akan tetapi Kanada termasuk ke dalam salah satu negara dengan etnis dan bahasa paling beragam di dunia (dalam Global Diversity Index). Setiap tahunnya, Kanada menampung sekitar 120,000 mahasiswa internasional. Hal ini tentu menjadi kesempatan bagi kamu untuk belajar banyak bahasa dan kebudayaan asing selagi berkuliah.

Baca juga: 6 Artis Hollywood Lulusan Ivy League

 

Alasan Kuliah di Kanada – Beasiswa ke Kanada

Lester B. Pearson Scholarship

Beasiswa Lester B. Pearson dibuka oleh University of Toronto (kampus no.1 di Kanada) bagi pelajar internasional yang ingin berkuliah S1 di sana. Beasiswa tahunan ini mencakup 100% biaya kuliah, uang buku, akomodasi tempat tinggal, serta biaya incidental. Periode pendaftaran beasiswa ini biasanya dibuka bulan November-Desember.

Link:

future.utoronto.ca/pearson/

Vanier Canada Graduate Scholarships (Vanier VGS)

Beasiswa yang telah berdiri sejak tahun 2008 ini menawarkan pendanaan S3 riset yang berfokus di area riset kesehatan, ilmu-ilmu alam, teknik, serta ilmu sosial dan humaniora. Beasiswa Vanier CGS mendapat pendanaan utuh dari Pemerintah Kanada untuk memberi tunjangan sebesar 50,000 USD (setara Rp 731 juta) per tahun selama 3 tahun bagi para penerima. Beasiswa ini biasa dibuka pada bulan November.

Link:

www.vanier.gc.ca