Perbedaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms

Perbedaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms, Jangan Salah Penggunaan ya!

titiknolenglish.com – “Halo Ms. Anna”, “Baik Mrs. Ani”, “Selamat siang Mr. Jodi” kamu tentu sering mendengar panggilan nama orang yang diahului kata Ms, Mrs. Ms atau yang lainnya. Meskipun sering diucapkan untuk panggilan guru atau rekan di lingkungan kursus bahasa Inggris, terkadang beberapa orang bingung perbedaan antara Miss dan Mrs, atau Ms. Nah untuk itu, kali ini Minol akan menjelaskan perbedaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms agar kamu tahu arti dan peruntukannya. Baca artikel ini sampai habis yaa!

Apa Pentingnya Menggunakan Panggilan Tersebut?

Mr, Ms, Mrs atau sejenisnya adalah panggilan honorific atau panggilan untuk menunjukkan kehormatan dalam bahasa Inggris. Panggilan seperti dianggap sopan dalam percakapan umum. Dalam bahasa Indonesia, kita menggunakan istilah tuan dan nyonya, atau nona sebagai panggilan untuk menunjukkan rasa hormat.

Panggilan seperti ini kerap digunakan dalam situasi formal, paling umum kita ketahui adalah saat kita pergi ke rumah sakit. Dalam buku catatan ataupun kartu anggota pasien rumah sakit, kita akan menemui kata “Ny” Yang berarti nyonya, atau “Tn” yang berarti tuan. Dan tentunya di luar negeri atau negara yang menggunakan bahasa Inggris, kamu akan menemui kata “Mr” atau “Mrs” atau sejenisnya.

Nah sekarang kamu tahu kan apa pentingnya kata ini. Mungkin untuk laki-laki hanya ada satu panggilan, yaitu Mr. Namun untuk perempuan ada beberapa panggilan seperti Mrs, Ms, dan Miss, dan panggilan untuk perempuan ini terkadang dibingungkan oleh sebagian orang.

Untuk itu selanjutnya akan kita ulas perbedaan Mr, Mrs, Ms dan Miss.

Baca juga: Apa Bedanya Look, See, Stare, dan Watch Serta Penggunaannya?

Apa Perbedaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms?

Setidaknya ada 4 panggilan honorific yang perlu kamu ketahui yaitu Mr, Mrs, Miss, dan Ms. Berikut adalah perbedaan, arti, dan penggunaan dari keempat kata tersebut:

1. Mr (Mister)

Mr adalah bentuk tulisan atau kata ganti atau bahkan bisa disebut gelar untuk seorang laki-laki dewasa. Mister dapat digunakan untuk semua orang laki-laki dewasa, baik sudah menikah atau yang belum menikah.

Contoh penggunaan Mr dalam kalimat:

  • Alex is a boxer who is difficult to defeat. (Tuan alex adalah petinju yang sulit dikalahkan)
  • Alright Mr. Brodi, I will process it as soon as possible. (Baik tuan brodi, akan saya proses secepatnya)
  • Today Mr. Jodi will visit our company. (hari ini tuan jodi akan mengunjungi perusahaan kita)
  • On behalf of Mr. Nando, you are welcome to enter the room. (Atas nama tuan nando dipersilahkan masuk ke ruangan)
  • Andre is still busy today. (Tuan andre masih sibuk hari ini)

2. Mrs (Mistress)

Selanjutnya adalah Mrs. Panggilan atau gelar ini adalah panggilan untuk seorang wanita yang sudah menikah. Mrs adalah singkatan atau kata ganti dari “Mistress” atau “Missus”, dalam bahasa Indonesia kita menggunakan panggilan ini dengan kata “nyonya”. Atau untuk lebih mudahnya, panggilan Mrs bisa digunakan untuk wanita yang terlihat lebih dewasa. Karena tidak mungkin juga kamu menanyakan status pernikahan seseorang hanya untuk gelar atau panggilan.

Contoh penggunaan Mrs dalam kalimat:

  • Sandra is the principal owner of this company. (Nyonya Sandra adalah pemilik utama perusahaan ini)
  • A call to Mrs. Dina to collect her belongings. (Panggilan kepada nyonya Dina untuk mengambil barang bawaannya)
  • Sorry, Mrs. Sinta, I cannot attend the meeting today. (Maaf nyonya Sinta, saya tidak bisa menghadiri rapat hari ini)
  • Yasmin will come tomorrow, so prepare the presentation as well as possible. (Nyonya Yasmin akan datang besok, jadi persiapkan presentasi sebagus mungkin)
  • Hello Mrs. Jeni, how are you? (Halo nyonya Jeni, bagaimana kabar anda)

3. Miss

Apa Perbedaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms selanjutnya adalah Miss Panggilan atau gelar ini digunakan untuk wanita yang statusnya belum menikah. Pangiilan ini dalam bahasa Indonesia bisa disebut sebagai Nona. Panggilan ini juga bisa kamu gunakan untuk wanita yang masih terlihat muda.

Contoh penggunaan Mrs dalam kalimat:

  • Miss Ninda can complete this task well. (Miss ninda bisa menyelesaikan pekerjaan ini dengan baik)
  • Miss Rina received the title of Best Tutor of the Month. (Miss Rina mendapatkan predikat sebagai tutor terbaik di bulan ini)
  • Miss Tika, I want to discuss a few things regarding the program. (Miss Tika, saya ingin menyampaikan beberapa hal terkat program)
  • If you want to know more about TOEFL, try asking Miss Nana. (Jika kau ingin tau lebih banyak soal TOEFL, coba tanyakan ke Miss Nana)
  • Tomorrow you need to meet Miss Nanda to discuss this matter. (Besok kamu harus menjumpai Miss. Nanda untuk berdiskusi soal ini)

4. Ms

Yang terakhir adalah Ms. Gelar yang satu ini masih digunakan untuk wanita. Akan tetapi tidak mengindikasikan status perkawinan tertentu, jadi panggilan ini bisa digunakan untuk wanita siapa saja, baik yang sudah atau belum menikah. Hal ini digunakan untuk menghindari identifikasi pada status perkawinan yang tidak relevan atau dianggap sensitif oleh sebagian orang

Contoh penggunaan Mrs dalam kalimat:

  • Thompson will be leading the meeting today. (Nona Thompson akan memimpin rapat hari ini.)
  • Could you please give this to Ms. Smith? (Bisakah Anda memberikan ini kepada Nona Smith?)
  • Dandi is the new CEO of our company (Nona Dandi adalah CEO baru di perusahaan kami.)
  • I need to speak with Ms. Brown about the project. (Saya perlu berbicara dengan Nona Brown tentang proyek ini.)
  • Clark has been very helpful with the new software. (Nona Clark sangat membantu dengan perangkat lunak baru.)

Itulah penjelasan tentang perbedaan Mr, Mrs, Miss, dan Ms yang harus kamu ketahui. Sekarang kamu tahu kan apa perbedaannya dan bagaimana penggunaannya. Jangan salah ya dalam menggunakan panggilan atau gelar bahasa Inggris yang satu ini, selamat mencoba.

Kursus Bahasa Inggris Terbaik untuk Pemula

Jika kamu ingin belajar bahasa Inggris dari nol hingga mahir dan mendapatkan nilai TOEFL dan IELTS yang tinggi, kamu bisa belajar bersama Titik Nol English Course. Lembaga kursus yang berada di Kampung Inggris Pare ini adalah lembaga kursus persiapan TOEFL dan IELTS terbaik.

Program kursus bahasa Inggris di lembaga ini sudah terintegrasi dengan materi TOEFL dan IELTS. Jadi dengan materi di tingkat dasar sekalipun, kamu sudah belajar materi untuk persiapan TOEFL dan IELTS sedikit demi sedikit. Dan saat kamu melanjutkan ke tingkat yang lebih tinggi, maka materinya akan semakin intens lagi.

Jadi di mana lagi kamu bisa belajar bahasa Inggris sekaligus mempersiapkan tes TOEFL dan IELTS jika bukan di Titik Nol English Course. Lembaga kursus ini juga sudah berhasil mengantarkan ratusan alumni mereka mendapatkan beasiswa ke luar negeri dengan nilai TOEFL dan IELTS yang tinggi.

Kamu bisa cek homepage Titik Nol English Course untuk mendapatkan informasi lengkapnya. Atau kamu bisa chat Whatsapp di bawah ini untuk pertanyaan lebih lanjut.

+ posts

Hi, I am an SEO & content writing specialist and I am interested in learning English and many things related to it.