Tips Kursus Bahasa Inggris

titiknolenglish.com – Halo TNers! tentunya kami tahu kan kalau sekarang bahasa Inggris itu sudah seperti bahasa yang umum kita dengar. Di postingan Instagram, video YouTube, pamflet lowongan kerja, dan lain-lain, semua menggunakan bahasa Inggris. Nah kamu yang merasa belum menguasai bahasa Inggris, atau belum pede, atau bahkan merasa menyesal karena tidak belajar bahasa Inggris sejak dulu? Kamu tidak perlu khawatir, Minol akan memberikan informasi tentang tips kursus bahasa Inggris agar mahir hanya dalam waktu 3 bulan saja. Baca artikel ini sampai habis ya!

Emang Bisa 3 Bulan Mahir Bahasa Inggris

Kamu tentu bertanya-tanya apakah bisa mahir bahasa Inggris hanya dalam waktu tiga bulan saja? Tentu saja bisa. 3 bulan adalah periode yang umumnya adalah periode terpanjang dari program yang ada di lembaga kursus bahasa Inggris. Kamu pasti sering menemui program kursus 2 minggu, 1 bulan, sampai 3 atau 4 bulan. Dan periode kursus yang ideal adalah 3 bulan.

Nah bisakah kita menggunakan waktu 3 bulan ini untuk menguasai bahasa Inggris secara maksimal? Jawabannya bisa, akan tetapi kamu harus benar-benar fokus dan memiliki niat yang kuat untuk belajar bahasa Inggris. Dalam artian kami tidak memiliki kesibukan apapun, kamu tidak belajar hal lain selain bahasa Inggris.

Belajar bahasa Inggris sebenarnya tidak sesulit saat kamu belajar untuk menghadapi ujian sekolah atau ujian persiapan CPNS. Karena belajar bahasa Inggris lebih membutuhkan banyak praktik dan memahami beberapa teori saja. Oleh karena itu, belajar atau mengikuti kursus bahasa Inggris mahir dalam 3 bulan adalah sesuatu yang mungkin.

Namun kamu memerlukan program, program bisa menjadi sebuah rencana yang lebih tertata untuk mencapai suatu goals. Kamu bisa menerapkan beberapa tips kursus bahasa Inggris dan mahir dalam waktu singkat di bawah ini.

Tips Kursus Bahasa Inggris agar Lebih Cepat

Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa kamu praktikkan untuk lebih cepat dalam menguasai bahasa Inggris. Beberapa praktik ini harus disertai dengan niat yang sungguh-sungguh dan fokus belajar yang tinggi.

1. Buat Program Belajar di Luar Kursus

Katakanlah kamu kursus dari jam 7 hingga jam 4. Nah, dalam hal ini kamu masih memiliki beberapa waktu luang. Gunakan waktu luang ini untuk belajar atau mengasah kembali skill kamu.

Musalnya kamu menyisihkan 30 sampai 60 menit sebelum jam tidur untuk mempersiapkan materi yang akan diajarkan besok, sehingga kamu memiliki daftar pertanyaan apabila kamu mengalami kesulitan.

Atau kamu memiliki program untuk berkomunikasi dalam bahasa Inggris di jam-jam tertentu, baik komunikasi secara langsung atau sekedar chatingan dengan teman kamu. Disiplinlah untuk mengikuti program yang sudah kamu rancang sendiri.

2. Ambil Program Kursus Speaking

Kenapa harus spesifik program speaking? Alasannya karena program kursus speaking mengutamakan kepercayaan diri untuk berbicara dalam bahasa Inggris. Jadi di program kursus speaking, grammar adalah hal yang nomor 2 jadi tidak terlalu diutamakan. Program speaking ini cukup efektif dalam mengajarkanmu tentang kalimat-kalimat yang lebih umum untuk diucapkan.

3. Gunakan Bahasa Inggris di Segala Aspek

Tips kursus bahasa Inggris untuk mahir dalam 3 bulan selanjutnya adalah menggunakan bahasa Inggris untuk segala aspek. Anggaplah bahasa Inggris adalah bahasa utamamu saat ini dan paksa dirimu untuk menggunakannya. Ubah pengaturan bahasa di gadget kamu menggunakan bahasa Inggris, baca cerita bahasa Inggris, dengarkan lagu berbahasa Inggris dan ketahui artinya, serta tonton film dengan subtitle bahasa inggris. Dengan ini kamu akan semakin terbiasa walau awalnya terpaksa.

4. Lakukan Pree Test dan Pos Test

Jika kamu sudah menerapkan semuanya di atas, tips kursus bahasa Inggris agar cepat paham selanjutnya adalah lakukan pree test dan post test untuk diri kamu sendiri. Ada banyak cara untuk melakukan pree test dan post test, jika kamu malas mencari soal bahasa Inggris di internet, kamu bisa melakukannya dengan cara menulis sebuah essay.

Jika kamu merasa semakin mudah menulis, atau semakin banya kosa kata, atau mungkin semakin cepat menyelesaikan tulisan, maka itu adalah tanda perkembangan kemampuanmu. Jadi kamu tidak harus melakukan tes dengan cara yang klasik, gunakan kreativitasmu.

5. Mengikuti Test TOEFL Prediction

Jika kamu sudah menjalani kursus selama lebih dari bulan, atau kamu sudah merasa jika kemampuanmu meningkat, tidak ada salahnya jika kamu mengambil tes TOEFL Prediction. Tes ini akan membantumu dalam mengetahui seberapa kemampuanmu diukur dari tes yang standar. Selain itu, kamu juga akan tahu kelemahanmu dilihat dari nilai setiap aspek soal yang kamu kerjakan. Jika nilai kamu bagus, itu juga menjadi semangat tersendiri untuk kamu dalam belajar.

6. Bersahabat Dengan Tutor

Tips kursus bahasa Inggris yang selanjutnya adalah bersahabat dengan tutor. Jika kamu datang ke Kampung Inggris Pare, kamu akan menemukan tutor-tutor muda yang bersahabat. Kamu bisa bersahabat dengan mereka dan berkomunikasi dengan bahasa Inggris. Jika kamu memiliki hubungan yang akrab, mereka akan membantumu jika memiliki kesulitan yang berkaitan dengan materi bahasa Inggris.

7. Disiplin dengan Diri Sendiri

3 Bulan sebenarnya bukan waktu yang lama, untuk itu kamu harus disiplin untuk waktu yang pendek ini. Berjanjilah dengan dirimu sendiri jika dalam 3 bulan ini kamu hanya akan fokus untuk belajar. Ini bukan berarti kamu tidak bisa menghibur diri ya, karena hiburan atau sekedar refreshing itu penting jua untuk kamu. Namun terapkan kedisplinan untuk 3 bulan saja, niscaya kamu akan melihat perubahan pada diri kamu.

Nah itulah 7 tips kursus bahasa Inggris untuk mahir hanya dalam waktu 3 bulan saja. Karena 3 bulan adalah waktu yang singkat, namun untuk menguasai bahasa Inggris juga bukan suatu hal yang mustahil. Banyak cerita dari orang-orang yang merasakan progres dalam waktu singkat, tentunya mereka menedepankan fokus dan keinginan yang kuat. Jika mereka bisa, kenapa kamu bilang tidak?

Kursus Bahasa Inggris 3 Bulan Sampai Mahir

Untuk kamu yang takut mengambil program kursus atau takut salah pilih, Minol punya rekomendasi program kursus untuk kamu. Tingkatkan kemampuan bahasa Inggrismu di Titik Nol English Course.

Titik Nol English Course adalah lembaga kursus yang sudah terpercaya untuk urusan persiapan TOEFL dan IELTS untuk beasiswa luar negeri. Titik Nol juga memiliki program kursus bahasa Inggris umum yang terbagi dalam 4 level yaitu starter, basic, intermediate, dan advanced. Semua program ini bisa kamu selesaikan dalam waktu 3 bulan saja.

Keunggulan dari program kursus di Titik Nol adalah terintegrasi dengan TOEFL dan IELTS, jadi meskipun kami belajar bahasa Inggris secara mendasar, materi yang diajarkan didasarkan pada TOEFL dan IELTS sebagai tes berstandar internasional. Jadi saat kamu berada di level mahir, tentu saja kamu sudah siap mengikuti tes TOEFL dan IELTS.

Ratusan alumni Titik Nol English Course telah mendapatkan beasiswa luar negeri dengan nilai TOEFL dan IELTS yang tinggi. Kamu bisa menyimak testimoni mereka. Untuk informasi lebih lengkap kunjungi homepage atau program kursus Titik Nol English Course, atau chat nomor admin kami melalui button di bawah ini. Jangan lupa untuk menerapkan tips kursus bahasa Inggris mahir dalam 3 bulan di atas ya!