Kamu sering lihat informasi tentang research scholarship tapi masih bingung itu apa? Yuk, baca sampai habis!

Research Scholarship atau beasiswa riset adalah jenis beasiswa yang mendanai penerimanya untuk mengejar gelar master/doctor by research. Gelar tersebut adalah gelar yang didapat ketika seseorang telah menyelesaikan penelitian terkait bidang studi yang dijalani. Alih-alih berkuliah di kelas seperti biasa, para pengejar gelar ini sejak awal sudah memulai kegiatan riset untuk keperluan tesis/disertasi mereka. Menarik, bukan?

Untuk kamu yang tertarik untuk mendapat gelar ini, beasiswa-beasiswa riset berikut bisa kamu jadikan pilihan!

Australia Research Training Program Scholarship (RTP) – Australia

Beasiswa RTP adalah beasiswa riset yang diberikan pemerintah Australia untuk mahasiswa internasional yang ingin mengejar Research Doctorate atau Research Master di kampus pilihan di sana. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah, tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, serta biaya akomodasi.

Informasi lebih lengkap bisa diakses di

www.education.gov.au/research-training-program

Swiss Government Excellence Scholarships – Swiss

Kamu punya impian untuk kuliah di Swiss? Jangan khawatir! Pemerintah Swiss juga menyediakan research scholarship untuk mahasiswa internasional yang ingin mengejar gelar doctor/master by research di universitas unggulan Swiss. Tak kalah hebat dengan beasiswa pemerintahan lainnya, beasiswa ini juga mendanai secara penuh biaya kuliah, memberi tunjangan bulanan, asuransi kesehatan, dan biaya akomodasi, lho!

Yuk, simak informasi lengkapnya di

www.sbfi.admin.ch/sbfi/en/home/education/scholarships-and-grants/swiss-government-excellence-scholarships.html

Baca juga: 5 Beasiswa S2 yang Boleh Sambil Kerja

 

Vanier Canada Graduate Scholarships – Kanada

Sedikit berbeda dengan yang lain, beasiswa dari Kanada ini hanya fokus kepada mahasiswa internasional yang ingin mengambil program Doctor Research saja. Beasiswa ini betujuan untuk meningkatkan kualitas riset serta mutu pendidikan tinggi di Kanada. Para penerima beasiswa ini akan mendapat tunjangan pendidikan sebesar $50.000 setiap tahun selama tiga tahun.

Informasi lebih lanjut dapat kamu akses di

http://www.vanier.gc.ca/en/home-accueil.html

New Zealand International Doctoral Research Scholarships – Selandia Baru

Good news! Pemerintah Selandia Baru juga membuka kesempatan bagi para calon mahasiswa internasional untuk meraih gelar PhD di universitas Selandia Baru pilihan kamu. Beasiswa ini memberikan benefit biaya kuliah, tunjangan tahunan selama tiga tahun, asuransi kesehatan, dan biaya akomodasi.

Kalau kamu tertarik untuk mendaftar, bisa langsung kunjungi website resminya di

www.studyinnewzealand.govt.nz/how-to-apply/scholarship/ Goes Here