Dari sekian banyak kampus di dunia, bingung harus pilih yang mana? Jangan khawatir, Guys! Kami punya tips buat kalian menentukan kampus impian.

Tentukan Jurusan yang Kamu Mau

Kamu punya rencana study abroad? Nah, hal pertama yang harus kamu lakukan adalah menentukan jurusan atau fokus studi yang kamu minati. Tidak semua kampus menyediakan jurusan yang lengkap, oleh karena itu, kamu harus memastikan dulu kira-kira di kampus mana saja yang membuka program studi pilihan kamu. Buat daftar beberapa kampus yang ada jurusan kamu.

Pro Tips: Lihat siapa saja tokoh berpengaruh di bidang kamu dan cari tahu di mana mereka kuliah.

Periksa Akreditasi dan University Ranking

Hal yang selanjutnya kamu harus lakukan adalah mengeliminasi satu-persatu daftar kampus yang sudah kamu buat berdasarkan program studi pilihan tadi. Caranya gampang banget! Kamu hanya perlu melakukan research lebih dalam tentang kampus yang kamu inginkan. Coba perhatikan lagi akreditasi serta ranking dunia kampus yang kamu tuju. Salah dua lembaga pemeringkat universitas yang paling popular adalah QS World University Ranking (topuniversities.com) dan Times Higher Education (timeshighereducation.com).

Periksa Beasiswa yang Tersedia

Pada tahap ini tentu daftar kampus yang kamu inginkan sudah semakin sempit, bukan? Nah, saatnya menentukan beasiswa yang tepat untuk menunjang kemampuanmu berkuliah di kampus pilihan! Rajin-rajin periksa situs penyedia beasiswa dan pilih beasiswa yang sekiranya cocok dengan kemampuan dan kondisi ekonomi kamu. Instagram titiknolenglish mengunggah konten beasiswa secara rutin, lho. Jangan sampai ketinggalan ya!

Baca Juga Research Scholarship itu Apa Sih? + Rekomendasi

Konsultasi

Jika riset yang kamu lakukan sudah cukup, baiknya konsultasikan hasil riset kamu tersebut dengan orang yang memang ahli. Bisa kepada dosen, guru, konsultan ahli perkuliahan, maupun kepada alumni yang pernah mengemban pendidikan di sana. Gali informasi yang sekiranya sukar kamu dapat di internet, seperti metode belajar, asrama yang tepat, dan sebagainya. Dengan begini, keputusan kamu untuk memilih suatu kampus tententu pasti akan lebih mantap.

Gimana, Teman-teman? Sudah siap memilih kampus yang akan kamu tuju untuk study abroad? Semoga tips dari kami bisa membantu kamu memilih kampus yang tepat, ya!