Eiffel Scholarship Program of Excellence

titiknolenglish.com – Hai TNers! siapa yang tidak ingin pergi ke Paris? Ya, kota yang dikenal dengan kota mode ini tentu mengundang minat kita semua. Selain itu Prancis juga merupakan salah satu negara Eropa yang maju dan tentunya memiliki kualitas pendidikan yang tinggi. Nah, bagi kamu yang memiliki impian ke Paris, kamu bisa mengikuti beasiswa Eiffel Scholarship Program of Excellence 2025. Minol akan berikan informasi lengkapnya untuk kamu.

Apa itu Eiffel Scholarship Program of Excellence?

Eiffel Scholarship Program of Excellence adalah program beasiswa luar negeri yang didirikan oleh kementerian luar negeri Eropa dan Prancis untuk mencari kandidat-kandidat mahasiswa berbakat dan berprestasi untuk kuliah di Prancis. Program ini merupakan program beasiswa master (S2) dan beasiswa doktor (S3).

Program beasiswa ini juga biasa dikenal sebagai France Excellence Eiffel Scholarship Program dan menjadi salah satu beasiswa yang cukup banyak digemari oleh mahasiswa Indonesia. Pasalnya, beasiswa ini bisa mencakup berbagai Universitas yang ada di Prancis.

Akan tetapi beasiswa ini merupakan beasiswa parsial yang mana cakupan yang diberikan bukanlah cakupan penuh, akan tetapi hanya memfasilitasi sebagian biaya saja. Namun menariknya beasiswa ini memberikan fasilitas yang cukup banyak.

Tidak semua program studi memenuhi syarat untuk mendaftar beasiswa Eiffel Scholarship of Excellence. Hanya ada beberapa program studi saja, seperi di bawah ini:

  • Ilmu pengetahuan Alam
  • Ilmu dan Teknologi Hayati
  • Rekayasa
  • Humaniora dan Ilmu Sosial
  • Keuangan dan Ekonomi
  • Bisnis
  • Ilmu Politik

Tentang Universitas Prancis

Sebagai negara maju, tentunya Prancis memiliki pendidikan tinggi yang mumpuni. Prancis memiliki banyak universitas kelas dunia yang membanggakan misalnya seperti Université PSL yang menduduki peringkat ke 24 universitas di dunia pada tahun 2024. Setidaknya ada 4 universitas Prancis yang menduduki peringkat 100 besar universitas terbaik di dunia.

Tidak hanya itu, negara dengan dunia fashion yang dikenal dunia ini bahkan juga memiliki universitas-universitas dengan bidang fashion terbaik. Selain itu Prancis juga memiliki unversitas di bidang kuliner yang tidak kalah hebatnya.

Cakupan Beasiswa

Beasiswa ini memberikan cakupan berupa uang saku yang jumlahnya cukup besar, ditambah dengan beberapa tunjangannya. Seperti akomodasi dan asuransi juga ditanggung oleh beasiswa Prancis yang satu ini.

Namun beasiswa ini tidak mencakup biaya pendidikan di kampus tujuanmu. Jadi jika kamu menerima beasiswa ini, kamu hanya akan membayar biaya pendidikannya saja, selain itu biayanya akan ditanggung oleh beasiswa.

Berikut ini adalah rincian cakupan beasiswaya:

S2: Uang saku bulanan yang nilainya sebesar €1,181. Ditambah dengan biaya transportasi internasional, transportasi lokal, akomodasi, asuransi, biaya visa, dan tunjangan untuk kegiatan kebudayaan.

S3: Uang saku bulanan sebesar €1,700. Juga ditambah dengan biaya lainnya seperti transportasi internasional dan lokal, akomodasi, biaya visa, dan tunjangan kegiatan kebudayaan.

Durasi Pembiayaan

Durasi pendidikan berkaitan dengan durasi pendanaan. Penyedia beasiswa memberikan maksimal durasi pendanaan untuk mendorong mahasiswa penerimanya agar bisa menyelesaikan pendidikan tepat waktu, termasuk Eiffel Scholarship of Excellence 2025 ini juga memberikan maksimal durasi seperti bawah ini:

Program Master

Program master diselesaikan dalam waktu 12 bulan maksimal jika kamu mendaftar di M2, dan 24 bulan jika kamu mendaftar di M1. Untuk gelar teknik, durasi beasiswanya lebih lama yaitu 36 bulan.

Program Doktor

Untuk program doktor, tunjangan beasiswa diberikan dalam durasi 6 hingga 36 bulan.

Persyaratan

Pendaftar beasiswa harus memenuhi syarat yang ditetapkan untuk bisa lolos dan mengikuti tahapan seleksi selanjutnya. Untuk itu pastikan kamu memenuhi beberapa persyaratan di bawah ini:

  1. Warga negara Indonesia (bukan warga negara Prancis, atau memiliki kewarganegaraan ganda yang salah satunya adalah negara Prancis)
  2. usia maksimal untuk pendaftar program master adalah 25 tahun, dan usia maksimal pendaftar program doktor adalah 30 tahun.
  3. Pengajuan beasiswa diajukan ke universitas tempat belajar yang dipilih, kemudian universitas terkait yang akan mengajukan permohonan beasiswa ke Eiffel Scholarship Program of Excellence.
  4. Pendaftar baik program master atau doktor harus melakukan penelitiannya di Prancis
  5. Beasiswa ini tidak menerima kandidat yang telah menerima beasiswa dari pihak lain
  6. Beasiswa ini membiayai program yang terakreditasi oleh pemerintah. Beasiswa ini tidak menerima dari institusi Prancis yang berada di luar negara Prancis
  7. Dapat menguasai bahasa pengantar yang sesuai dengan program yang dipilih

Pendaftaran Beasiswa

Pendaftaran beasiswa akan dibuka pada bulan Oktober 2024. Pendaftaran ini adalah periode untuk memulai tahun ajaran di 2025. Jika kamu sudah diterima di salah satu kampus terakreditasi di Prancis, maka cara mendaftar beasiswa ini adalah sebagai berikut:

  1. Mendaftar ke kampus yang terdaftar beasiswa Eiffel Scholarship of Ecellence. Informasi seputar daftar kampusnya bisa kamu lihat di website resmi beasiswanya.
  2. Setelah kamu diterima atau menerima LoA, selanjutnya mintakan permohonan kepada pihak universitas untuk mendaftarkanmu ke beasiswa tersebut.
  3. Jika kamu diterima, kamu akan mendapatkan pemberitahuan tentang proses seleksi dan kelolosan.

Untuk pertanyaan lebih lanjut, kamu bisa menghubungi pihak penyedia beasiswa tersebut dengan mengirimkan surat ke alamat berikut ini:

Campus France – Programme Eiffel 28 rue de la Grange-aux-Belles 75010 Prancis

Atau kamu bisa menghubungi via email ke alamat email berikut: candidatures.eiffel@campusfrance.org

TOEFL & IELTS Untuk Beasiswa Luar Negeri

Bagi kamu yang ingin mendaftar beasiswa luar negeri, tentunya kemampuan bahasa Inggris perlu kamu perhatikan. Kamu perlu menguasai bahasa Inggris yang dibuktikan dengan nilai hasil tes TOEFL atau IELTS yang tinggi, karena standar nilai beberapa kampus dapat berbeda-beda.

Bagi kamu yang masih ragu dengan kemampuan bahasa Inggris ataupun hasil tes TOEFL dan IELTS, kamu bisa mempersiapkannya dengan baik di Titik Nol English Course. Sebagai lembaga kursus persiapan TOEFL dan IELTS untuk beasiswa luar negeri terbaik di Indonesia, Titik Nol telah berhasil membawa ratusan alumninya mendapatkan beasiswa luar negeri di kampus yang mereka mimpikan.

Pembelajarannya yang intensif serta metode belajar yang santai akan membuatmu lebih mudah dalam menguasai materi dan tentunya memiliki nilai TOEFL dan IELTS yang Tinggi. Untuk itu persiapkan dirimu dengan baik di Titik Nol English Course dan kejar impianmu mendapatkan beasiswa luar negeri seperti alumni kami. Informasi lebih lengkap lihat melalui tombol di bawah:

Nah itulah informasi mengenai beasiswa Eiffel Scholarship of Excellence untuk tahun 2025. Persiapkan dengan baik karena pendaftarannya akan dibuka sebentar lagi. Tetap kejar impianmu walaupun jauh di Prancis.