usia-ideal-anak-belajar-bahasa-inggris

Kapankah Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris?

Moms pasti pernah ngerasain susahnya ajak anak belajar, belum juga menghadapi drama anak yang nangis-nangis gak mau belajar. Kira-kira kenapa ya anak bisa se-tantrum itu saat diajak belajar? Kira-kira kapankah usia ideal anak belajar bahasa inggris?

Nah, selain memperhatikan metode pembelajaran yang menarik, adapun hal penting yang wajib diperhatikan, seperti usia ideal anak belajar bahasa inggris. Karena, pemilihan waktu untuk anak mulai mempelajari bahasa asing merupakan hal yang penting bagi perkembangannya. Anak yang belajar di usia yang tepat, akan mempengaruhi efektivitas pembelajaran dan daya tangkap anak dalam proses menguasai bahasa asing. Artikel ini akan membahas usia ideal anak belajar bahasa inggris. dan alasan mengapa usia yang tepat memiliki pengaruh pada keberhasilan belajar.

Baca juga: Kursus Bahasa Inggris untuk Anak SD, Investasi Terbaik Pendidikan Anak

Usia Ideal Anak Belajar Bahasa Inggris

Setiap bertambahnya usia anak, berarti semakin bertambah kemampuan kognitifnya. Lalu berapa usia ideal anak belajar bahasa inggris.. Pada anak usia dini, anak mengalami pertumbuhan serta perkembangan kemampuan kognitif yang pesat, sekitar 80% kemampuan kognitif anak mengalami optimalisasi pada 3 tahun pertama. Lalu akan terus berkembang pada tahun-tahun setelahnya. Kemampuan kognitif adalah kemampuan berpikir, belajar, menganalisis, memproses informasi, memecahkan masalah, dan memahami konsep sebab akibat. Yuk simak selengkapnya dibawah ini:

1. Usia 3-5 Tahun

Pada usia ini, anak pada umur 3 tahun memiliki kemampuan pengendalian diri, fleksibilitas mental, dan fungsi memori. Anak-anak di usia ini sudah bisa memahami aturan, akan tetapi aktivitas yang akan dilakukan harus disesuaikan dengan kemampuan setiap anak. Usia 3 tahun dapat menjadi usia ideal anak belajar bahasa inggris, dan juga dapat menjadi langkah awal dalam menguasai bahasa inggris, karena pada usia ini anak cenderung belajar bahasa secara alami, anak hanya akan mendengarkan serta meniru apa yang terjadi disekitar mereka. Mereka tidak memikirkan grammar ataupun struktur yang ada. Hal ini akan memudahkan anak dalam pembelajaran bahasa inggris.

2. Usia 6-8 Tahun

Pada usia ini anak sudah bisa membentuk kalimat sederhana. Pada anak di umur 6-8 tahun akan lebih difokuskan pada pemahaman bicara serta pemahaman bacaan.

3. Usia 9-12 Tahun

 

Anak di usia ini akan cenderung bisa memahami aturan tata bahasa dan kosa kata yang lebih kompleks. Kursus bahasa inggris pada usia ini, akan lebih sering melibatkan latihan berbicara dan juga pembacaan teks. Hal tersebut dilakukan untuk mempersiapkan mereka dalam penggunaan bahasa inggris yang lebih kompleks, seperti untuk percakapan dengan bahasa inggris, maupun untuk membuat penulisan menggunakan bahasa inggris.

Baca juga:  Kursus Bahasa Inggris Anak, Where Learning is Fun

Mengapa Bahasa Inggris Penting Dipelajari Sejak Dini?

Materi bahasa asing, terutama bahasa Inggris sangat bagus apabila dipelajari sejak usia dini, karena otak anak-anak masih berkembang secara aktif dan pesat, sehingga akan lebih mudah dalam menyerap bahasa baru. Anak yang mempelajari bahasa inggris sejak dini, akan lebih mudah menghafalkan kosa kata. Karena anak-anak usia dini dapat menangkap serta mengingat kalimat atau kata-kata yang mereka dengar sehari-hari. Mereka juga akan cenderung mendapatkan aksen yang lebih natural.

Baca juga:  Materi Belajar Bahasa Inggris Untuk Anak TK Paling Seru

Jangan Salah Pilih! Program Kursus Untuk Anak

Menguasai bahasa inggris di usia dini memiliki banyak manfaat. Apabila anak sudah menguasai bahasa inggris sejak dini, maka akan bermanfaat ketika anak-anak sudah menduduki bangku sekolah. Anak yang memiliki kemampuan bahasa inggris juga dapat berpeluang untuk mengikuti olimpiade bahasa inggris, atau lomba debate, newscasting, story telling, dll. Tidak hanya itu, dengan menguasai bahasa inggris, anak akan memiliki peluang dimasa depan, seperti di perusahaan multinasional maupun internasional.

Oleh karena itu, setelah mengetahui usia ideal anak belajar bahasa inggris, langkah paling penting adalah memilih kursus program serta lembaga kursus bahasa inggris terbaik. Berikut beberapa tips dalam memilih program kursus bahasa inggris untuk anak:

1. Kenali kebutuhan

Mencoba memahami keunggulan yang dimiliki oleh anak, selain itu juga mengidentifikasi apa yang dibutuhkan oleh anak. Apakah anak membutuhkan latihan untuk berbicara atau untuk memahami materi di sekolah.

2. Mencari tahu metode pembelajaran yang digunakan

Cobalah melakukan riset pada lembaga-lembaga terbaik yang telah kamu kumpulkan.selanjutnya kamu dapat melihat di website mengenai program-program yang digunakan untuk mengajar kursus untuk anak.

3. Mencoba sesi percobaan

Pilihlah kursus bahasa inggris yang memberikan masa percobaan gratis. Hal tersebut dilakukan agar kamu dapat melihat langsung apakah metode pengajarannya sudah sesuai dengan kebutuhan anak atau belum. Dari sesi ini kita dapat memutuskan apakah ingin lanjut di lembaga tersebut atau tidak.

Setelah membahas usia ideal anak belajar bahasa inggris, pentingnya bahasa inggris untuk anak, lalu bagaimana memilih program serta lembaga yang sesuai, pastinya pengen anak semangat belajar tapi gak boring juga kan? Yuk simak uraian berikut ini.

Baca juga:  Durasi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak, Ideal dan Tidak Bakal Bosan

Mau Anak Semakin Semangat Belajar?

Apabila usia ideal anak belajar bahasa inggris telah terlewat, tidak perlu khawatir moms. Karena, Titik Nol English Course Menyediakan metode pembelajaran kursus bahasa inggris untuk anak usia 7-12 tahun dengan metode Gamified Learning. Dengan metode tersebut, anak akan belajar bahasa inggris dengan cara yang sangat seru. Pembelajaran ini mengabungkan pembelajaran dengan permainan, seperti bermain game, menyelesaikan tantangan, dan membuat misi menarik yang akan membuat mereka semakin semangat.

Selain itu, tutor Titik Nol English Course juga sudah memiliki sertifikat internasional dan memiliki pengalaman 2400 jam mengajar bahasa inggris untuk anak. Titik Nol English Course juga memiliki standar internasional berdasarkan Common European Framework of Reference for Language (CEFR).

Kalau di Titik Nol English Course, anak nggak cuma jago bahasa inggris loh, tapi mereka juga akan banyak belajar melatih kepercayaan diri, kreativitas, kemampuan problem solving. Yuk buruan daftar, mumpung kita lagi ada harga spesial loh! Kalau masih ada pertanyaan, jangan ragu untuk wa kita ya! ^^

+ posts