Strategi TES TOEFL

Strategi TES TOEFL – Cara Mendapatkan Score Tinggi saat Real Test

Kamu yang sebentar lagi akan menghadapi tes TOEFL mungkin merasa dag dig dug sekarang. Ya, pasalnya tes TOEFL tidak dibuka setiap saat dan harganya pun juga mahal, apalagi saat kamu membutuhkan sertifikat TOEFL dan waktu kamu menjalani tes juga sangat mepet. Tentunya kamu khawatir nilai kamu kurang dan harus mengulang lagi dari awal. Untuk itu agar ini tidamterjadi, kamu perlu strategi tes TOEFL yang tepat.

Nah untuk itu Minol akan memberikan beberapa tips nih buat kamu agar bisa mempersiapkan tes TOEFL dengan baik dan mendapatkan skor yang tinggi saat real test. Kamu yang sebentar lagi akan menghadapi tes membutuhkan strategi yang bagus, sedangkan kamu yang masih mememiliki waktu yang panjang juga harus mempersiapkannya dengan matang. Minol kali ini akan berikan dua-duanya untuk kamu.

Strategi menghadapi tes TOEFL

Ada beberapa strategi yang perlu kamu tahu dan terapkan saat kamu duduk dan mengerjakan ujian TOEFL untuk menghindari kesalahan sekaligus mendapatkan nilai yang tinggi. Kamu bisa menerpakan beberapa strategi tes TOEFL di bawah ini, yang sudah Minol rangkum pada setiap sesinya.

1. Strategi Saat Listening

Strategi tes TOEFL yang pertama adalah untuk menjawab soal listening. Pada soal listening, biasanya kamu akan diberikan sebuah audio percakapan, nah arahkan lebih banyak fokusmu pada orang kedua dalam percakapan ini. Biasanya apa yang dikatakan oleh orang kedua adalah kunci dari jawaban di tes listening.

Nah saat narator sedang membacakan direction, kamu bisa memanfaatkan waktu ini untuk membaca pilihan jawaban di soal yang tertera. Hal ini bisa menjadi tanda untuk kamu saat mendengar kata-kata yang terdapat pada pilihan jawaban soal.

Saat kamu mendengarkan soal, catat hal-hal pokok yang ada pada soal tersebut misalnya nama, tempat, waktu, dan kejadian apa yang sedang dibicarakan. Soal dalam listening tidak jauh-jauh dari keempat hal itu.

2. Strategi Saat Reading

Sesi ini membutuhkan skill membaca yang bagus, karena selain harus memahami bacaan, kamu juga akan dikejar oleh waktu. Oleh karena itu kamu perlu meningkatkan kecepatan bacaan dan berkonsentrasi penuh saat membaca. Bila perlu kamu bisa membaca dengan menutup telinga kamu agar bisa memberikan fokus secara penuh.

Saat membaca perhatikan bagian kalimat di awal, kebanyakan sebuah paragraf akan meletakkan ide pokok bacaan di awal kalimat. Dengan begitu kamu bisa menandai bagian-bagian penting sesuai dengan ide pokok bacaan.

Kumpulkan dan ingat setiap fakta-fakta yang ada dalam bacaan, hal ini akan membantu kamu dalam menyimpulkan isi bacaan, bahkan yang ada pada setiap paragraf. Dan yang pasti jangan panik saat mengerjakan reading agar bisa berkonsentrasi dengan baik.

3. Strategi tes TOEFL Structure and Writen Expression

Untuk menjawab ini, ada beberapa strategi tes TOEFL yang bisa menghemat waktu kamu. Pertama kamu bisa membaca soalnya terlebih dahulu dan tandai kalimat apa yang ditanyakan, setelah itu kamu bisa membaca kalimat yang ditanyakan dalam soal.

Kamu harus membaca setiap pilihan jawaban secara lengkap dan penuh konsentrasi untuk menghindari jebakan. Yang menjadi masalah adalah, sebagian orang mengeliminasi jawaban secara langsung tanpa melihat soalnya terlebih dahulu. Nah jangan lakukan itu, pahami dan cocokan setiap setiap jawaban dengan soal.

Mempersiapkan Tes TOEFL dengan Baik

Jika kamu masih memiliki waktu yang cukup lama sebelum TOEFL atau setidaknya masih baru berminat untuk mengikuti tes TOEFL, selamat kamu bisa mempersiapkannya dengan matang. Ketahuilah jika sebelum tes kamu perlu belajar bahasa Inggris dengan benar dan pastikan kamu memiliki kemampuan ini. Untuk itu berikut adalah strategi tes TOEFL untuk mempersiapkan diri kamu sebelum tes.

1. Ikut Tes TOEFL Prediction

Kamu yakin sudah memiliki kemampuan bahasa Inggris yang bagus? Apakah kamu sudah pernah mengikuti tes TOEFL prediction? Jika belum, kamu perlu ikut tes ini untuk melihat seberapa skor kamu. Tes TOEFL prediction biayanya lebih murah daripada tes TOEFL resmi bahkan jauh lebih murah. Tes ini sebenarnya bisa menjadi try out sebagai salah satu strategi tes TOEFL sebelum menghadapi tes yang sebenarnya.

Tes TOEFL prediction juga bisa kamu gunakan untuk beberapa keperluan loh, hasil tes ini bisa kamu lampirkan saat melamar suatu pekerjaan dan akan menjadi nilai tambah bagi kamu. Selain itu hasil tes ini juga biasanya menjadi salah satu persyaratan dari perguruan tinggi saat kelulusan. Kamu tidak perlu bingung-bingung mencari tes TOEFL prediction, Titik Nol English Course menyediakan tes TOEFL Prediction juga loh, info lengkapnya kamu bisa klik button di bawah:

2. Ikuti Konten-Konten yang Membahas Soal TOEFL

Internet bisa menjadi media untuk belajar dengan mudah, kamu bisa mengikuti pembahasan pembelajaran tentang TOEFL di YouTube untuk belajr dengan santai. Tidak hanya itu, banyak content creator yang membuat konten soal TOEF dan membahas latihan soal. Kamu bisa mengikuti update konten TikTok dari Titik Nol English Course untuk belajar lebih banyak, Titik Nol Juga rutin live Tik Tok setiap sore di week days loh. Untuk itu pantengin akun Tik Tok dari Titik Nol English Course ya. Jangan lupa YoTube resmi Titik Nol English juga ya, ada banyak pembahasan seputar bahasa Inggris di sana.

3. Ikut Program Kursus Bahasa Inggris

Cara untuk mempersiapkan TOEFL selanjutnya adalah mengikuti program kursus bahasa Inggris di lembaga kursus bahasa Inggris yang memang memiliki program khusus persiapan TOEFL. Lembaga kursus yang seperti ini memiliki program dan rancangan yang secara khusus membantu siswanya untuk menghadapi tes TOEFL mulai dari materi soal hingga bagaimana cara manajemen waktu. Tentunya semua itu bertujuan untuk mendapatkan nilai TOEFL yang setinggi-tingginya.

Kursus Persiapan TOEFL terbaik di Indonesia

Kalau berbicara kursus bahasa Inggris, kampung Inggris Pare adalah tempat terbaik untuk belajar, dan di Kampung Inggris Pare, Titik Nol English Course menjadi lembaga kursus bahasa Inggris untuk persiapan TOEFL dan IELTS yang unggul, dan juga bisa digunakan untuk strategi tes TOEFL sebelum real test.

Titik Nol English Course telah merancang program belajar yang intensif, yang mana setiap harinya kamu akan belajar tentang semua aspek yang diujikan dalam TOEFL dari reading, listening, dan Structure.

Program ini telah mengantarkan ratusan alumni Titik Nol English Course mendapatkan nilai TOEFL dan IELTS yang tinggi hingga mereka diterima beasiswa luar negeri. Kamu juga bisa loh seperti mereka.

Program belajar di Titik Nol English Course juga tersedia secara online dan offline di Kampung Inggris Pare. Selain persiapan TOEFL dan IELTS, Titik Nol juga memiliki beragam program belajar bahasa Inggris lainnya. Informasi selengkapnya, kamu bisa mengunjungi website resmi Titik Nol English Course dengan klik tombol di bawah ini.

Nah itulah Strategi tes TOEFL yang perlu kamu tahu sebelum menghadapi real test. Terus belajar khususnya belajar bahasa Inggris karena dengan belajar bahasa Inggris kamu akan lebih mudah mengerjakan TOEFL, dan saat kursus pun prosesmu akan lebih mudah.

Bagian ini memang cukup sulit, maka dari itu kamu perlu melakukan banyak latihan TOEFL structure sebelum real test.

+ posts

Hi, I am an SEO & content writing specialist and I am interested in learning English and many things related to it.