universitas populer di Thailand

Universitas Populer di Thailand: 10 Rekomendasi Tujuan Studi

titiknolenglish.com – Kamu yang ingin studi ke luar negeri dan memilih negara Asia, kamu bisa pergi ke Thailand. Apakah di Thailand ada universitas yang banyak menjadi tujuan Internasional? Ada dong, ada 10 universitas terpopuler di Thailand yang bisa kamu jadikan tujuan studi luar negeri. Apa saja universitas terbaik di Thailand itu? Simak info lengkapnya berikut ini.

Universitas Populer di Thailand

1. Chulalongkorn University

10 Universitas Populer di Thailand yang pertama adalah Chulalongkorn University. Universitas ini merupakan universitas tertua di Thailand. Universitas ini didirikan oleh Raja Rama VI sebagai penghormatan kepada ayahnya.

Universitas ini menduduki peringat pertama sebagai universitas terbaik di Thailand dan paling prestisius. Universitas ini dilengkapi dengan fasilitas dan sistem pembelajaran terbaik untuk menunjang pendidikan tinggi di sana.

Universitas ini memiliki 20 fakultas, 23 sekolah dan lembaga penelitian. Universitas ini menempati peringkat 211 sebagai universitas terbaik di dunia menurut QS Word University Rangking pada tahun 2024.

2. Mahidol University

Mahidol University awalnya merupakan universitas kedokteran pada tahun 1943. Dan merupakan universitas yang meluluskan dokter pertama di Thailand. Dalam perjalanannya Mahidol University berkembang dengan menambahkan bidang studi lain dan menjadi universitas umum di Thailand.

Universitas ini menjadi universitas yang diakui di Thailand dalam pengejaran dan penelitian dan diakui secara internasional. Serta merupakan universitas dengan program studi doktor terbanyak daripada universitas manapun di Thailand. Namun keunggulan ini tetap dengan mempertahankan sisi Kedokteran dan Sains yang sudah dikenal melekat di Universitas ini.

3. Chiang Mai University

Chiang Mai university merupakan universitas di Thailand yang terkenal dengan fokus pembelajaran pada teknik, sains, kedokteran. Universitas menjadi universitas terbesar di wilayah utara Thailand. Universitas ini didirikan pada 1964.

Universitas ini memiliki 17 fakultas dengan 107 departemen. Universitas ini menawarkan 87 program pendidikan sarjana, 163 program pascasarjana dan diploma, serta 3 program sertifikasi. Selain itu unversitas ini juga menawarkan 18 program magister dan doktor serta 2 program sarjana yang diperuntukkan bagi mahasiswa internasional.

Universitas ini menjadi salah satu dari 10 universitas populer di Thailand karena Chiang Mai University masuk dalam 150 teratas untuk program kehutanan dan pertanian. Selain itu Universitas ini juga menduduki peringkat ke 571 peringkat terbaik di dunia.

4. Thammasat University

Thammasat University diresmikan pada 1934. Universitas ini awalnya hanya fokus ke ilmu hukum dan politik. Dan sebelumnya pun universitas ini bernama University of Moral and Political Science Act. Kini universitas ini telah berkembang pesat dan merambah ke berbagai disiplin keilmuan, ermasuk sains, teknologi, dan kesehatan.

Universitas ini memiliki 23 fakultas dan terdiri dari 240 program studi. Bidang studi terfavorit di universitas ini adalah program studi ilmu pengetahuan budaya dan sosial. Dua program studi ini mampu mengangkat nama Thammasat University di mata masyarakatnya. Dua program studi tersebut merupakan yang paing banyak diminati dan seleksinya juga sangat ketat.

Salah satu yang menajdikan universitas ini masuk dalam 10 universitas populer di Thailand adalah, karena universitas ini juga telah banyak melakukan penelitian dan mendapatkan banyak penghargaan serta pengakuan global untuk hasil riset di bidang kesehatan, kedokteran, industri, dan komunikasi. Universitas ini juga menawarkan berbagai pendidikan yang kurikulumnya diperuntukkan bagi mahasiswa Internasional.

5. Kasetsart University

Universitas populer di Thailand urutan ke 5 Adalah Kasetsart University. Universitas ini merupakan universitas dengan basis bidang riset yang bertempat di Bangkok. Universitas ini juga merupakan universitas terbesar di Thailand.

Universitas ini memiliki lebih dari 20 fakultas dan juga menyelenggarakan program perkuliahan internasional di bidang pertanian, administrasi bisnis, pariwisata, ekonomi, teknik, agro industri, sains, manajemen hotel, serta ilmu humaniora.

Universitas ini dulunya merupakan universitas agrikultural pertama di Thailand dan menduduki peringkat ke 29 terbaik di dunia untuk program studi ilmu agrikultur. Universitas ini juga membuka program internasional untuk jurusan ini.

6. Prince of Songkia University

10 rekomendasi universitas populer di Thailand selanjutnya adalah prince of Sonkia University. Universitas ini merupakan universitas terbesar yang ada di sevbelah selatan negara Thailand yang berdiri pada 1967. Universitas ini memiliki 5 kampus yang berbeda lokasi dan kampus yang pertama berada di Hat Yai.

Universitas ini memiliki 30 Fakultas, 40 pusat riset, serta memiliki dua rumah sakit. Universitas ini memiliki visi untuk riset terdepan di Asia. Karenanya universitas ini memiliki jejaring riset internasioanl yang mumpuni.

Bidang unggulan di Universitas ini adalah Kedokteran, Biologi, Fisika, dan Pertanian. Universitas ini juga mengambil peran aktif dalam melestarikan warisan nasional dalam bidang seni dan budya.

7. Khon Kaen University

Khon Khaen Unibersity merupakan universitas riset negeri pertama dan terbesar di eilayah timur laut negara Thailand. Universitas ini berdiri pada 1966 dan memiliki 17 fakultas dengan berbagai disiplin keilmuan mulai dari hukum, kedokteran, sosial dan humaniora, hingga administrasi, bisnis, dan ekonomi.

Universitas ini menjadi salah satu yang bergerak dalam memanfaatkan energi bersih di lingkungan kampus. Bidang studi favorit di universitas ini adalah kedokteran, teknik, pertanian, ilmu sosial, dan sains. Serta bidang riset unggulannya adalah bidan kedokteran trops, pertanian, serta kesehatan masyarakat.

8. king Mongkut,s University of Technology Thonbury

Sesuai namaya universitas ini merupakan pilihan terbaik bagi pelajar Thailand untuk menempuh studi di bidang sains dan teknologi. King Mongkut’s University  telah berdiri sejak 1960 dan menjadi universitas teknologi terbaik di Thailand.

Universitas ini merupakan universitas negeri dengan 3 fakultas jenjang sarjana, 6 fakultas jenjang master, dan 11 fakultas untuk jenjang doktor. Universitas ini juga terdapat banyak program beasiswa untuk mahasiswa internasional.

9. King Mongkut,s University of Technology Ladkrabang

10 universitas populer di Thailand di urutan ke 8 adalah King Mongkut’s University of Techlogy Ladkrabang. Universitas ini berfokus pada pendidikan dan penelitian serta masuk dalam 9 universitas riset nasional di negara tersebut.

Karena merupakan universitas riset, universitas ini dilengkapi dengan pusat penelitian terbaik yang berfokus dalam bidang teknologi. Diataranya adalah, Industry/University Cooperative Research Center in Data Storage Technology and Applications dan Research Center for Communication and Information Technology.

Jurusan terfavorit di universitas ini adalah rekayasa, fisika, kimia, ilmu lingkungan, dan biologi. Universitas ini memiliki 12 fakultas yang kesemuanya berfokus pada ilmu sains dan teknologi terapan.

10. King Mongkut,s University of Technology North Bangkok

10 universitas populer di Thailand yan terkahir adalah King Mongkut,s University of Technology North Bangkok.  Perguruan tinggi yang satu ini memiliki visi “globalized Enggineers and World Class Technology. Univrsitas ini memiliki 10 fakultas.

Universitas ini dilengkapi dengan fasilitas modern, termasuk laboratorium terkini, perpustakaan yang kaya akan sumber daya, ruang kuliah dan auditorium, pusat olahraga, serta fasilitas hiburan dan kebudayaan.

MUTNB memiliki reputasi baik dalam hal pendidikan dan penelitian berkualitas. Banyak profesor dan peneliti terkemuka di berbagai bidang bekerja di sini. Universitas ini telah mencapai beberapa prestasi penting baik di tingkat nasional maupun internasional dalam berbagai bidang akademik dan penelitian.

Itulah 10 universitas populer di Thailand yang bisa menjadi rekomendasi studi luar negeri bagi kamu yang ingin kuliah di universitas terbaik di Asia. Negeri Gajah Putih ini siap menerima kamu di universitas terbaiknya. Jadi yang manakah universitas tujuanmu? Yang manapun itu tetap persiapkan diri dengan baik dan bekali dirimu dengan cita-cita mulia untuk membangun bangsa.

+ posts

Hi, I am an SEO & content writing specialist and I am interested in learning English and many things related to it.