Titiknolenglish.com Kampung Inggris merupakan tempat wisata edukasi dimana tempat ini sangat terkenal di dalam negeri bahkan luar negeri. Siapa yang tidak kenal dengan Kampung Inggris, sebelum kita membahas rekomendasi tempat kursus TOEFL terbaik di Kampung Inggris, setidaknya kita mengetahui, kenapa sih kok ada kampung inggris? dan bagaimana awal mula terbentuknya?

Baca Juga : Contoh Materi Soal TOEFL & IELTS disertai Pembahasannya

Sejarah Kampung Inggris

Mr. Kalend Osen (akrab dipanggil Mr. Kalend juga sebagai pioneernya) merupakan Pria kelahiran 4 Februari 1945 yang tampak sederhana namun begitu bersahaja.

Bermula pada tahun 1976 silam, Mr. Kalend merupakan santri asal Kutai Kartanegara yang tengah menimba ilmu di Pondok Pesantren Modern Gontor di Ponorogo, Jawa Timur. Menginjak kelas lima, dia terpaksa meninggalkan bangku sekolah karena tidak bisa menanggung biaya pendidikan. Bahkan, keinginannya untuk pulang kembali ke kampung halamannya gagal karena kekurangan biaya.

Dalam situasinya yang saat itu sedang sulit, seorang temannya memberitahu adanya seorang ustadz bernama KH Ahmad Yazid di Kecamatan Pare yang menguasai delapan bahasa asing. Mr Kalend kemudian berniat berguru dengan harapan setidaknya dapat menguasai satu atau dua bahasa asing darinya. Ia kemudian mulai tinggal dan belajar di Pesantren Darul Falah, Desa Singgahan, milik Ustadz Yazid.

Baca Juga : Info Terbaru Biaya Kursus di Kampung Inggris 2022

Suatu hari, datang dua orang tamu mahasiswa dari IAIN Sunan Ampel Surabaya, (Sekarang menjadi UIN Sunan Ampel Surabaya). Maksud kedatangan dua mahasiswa ini adalah untuk belajar bahasa inggris dibawah bimbingan Ustadz Yazid sebagai persiapan mereka dalam menghadapi ujian negara yang akan diadakaan sekitar dua pekan lagi di kampus mereka.

Namun, saat itu Ustadz Yazid sedang pergi ke Majalengka karena suatu urusan sehingga kedua mahasiswa itu hanya bisa bertemu dengan ibu Nyai Ustadz Yazid. Entah dengan alasan apa, oleh Nyai Ustaz Yazid, kedua mahasiswa itu diarahkan untuk belajar dibawah bimbingan Mr Kalend yang belum lama menjadi santri di pesantren darul falah.

“Waktu itu saya sedang menyapu masjid dan dua mahasiwa itu menghampiri saya,” kata Mr Kalend ke wartawan Kompas.

Dua mahasiswa itu kemudian memberi beberapa lembar kertas yang berisi 350 soal dalam bahasa Inggris. Setelah itu, Mr Kalend kemudian memeriksa soal-soal itu dan meyakini dapat mengerjakannya lebih dari 60 persen. Kalend menyanggupi permintaan dua mahasiswa itu dan akhirnya mereka mulai melakukan proses belajar mengajar yang dilakukan di serambi masjid area pesantren. Pembelajarannya cukup singkat, dilakukan secara intensif selama lima hari saja.

“Tak disangka, sebulan kemudian mereka (dua mahasiswa) kembali dan mengabarkan telah lulus ujian. Betapa bahagianya saya waktu itu,” kata Mr kalend saat ditemui wartawan Kompas.

Keberhasilan dua mahasiswa itu tersebar di kalangan mahasiswa IAIN Sunan Ampel Surabaya dan banyak dari mereka akhirnya mengikuti jejak seniornya dengan belajar kepada Mr Kalend. Promosi dari mulut ke mulut pun akhirnya menjadi awal terbentuknya kelas pertama dalam sejarah Kampung Inggris Pare.

Sejak saat itu, pada 15 Juni 1977 di desa Tulungrejo, Mr Kalend mendirikan lembaga kursus inggris dengan enam siswa pada kelas perdana. Para siswa itu tidak hanya dibina dari segi kemampuan bahasa Inggris, tapi juga dari segi ilmu agama.

“Kalau kita berkarya, hendaknya jangan dinikmati sendiri, alangkah baiknya kalau kita berkarya, lingkungan ikut menikmati” kata Mr Kalend saat wawancara dengan stasiun TV SCTV.

Pada tahun 2014, Mr Kalend Osen mendapatkan penghargaan Liputan 6 AWARDS dalam kategori Pendidikan dari Stasiun TV SCTV karena diakui telah berhasil merintis Kampung Inggris di kecamatan Pare kabupaten Kediri, menjadi tempat pembelajaran bahasa Inggris terbesar di Indonesia dan juga dengan adanya ratusan lembaga kursus di Kampung Inggris Pare, membuat perekonomian penduduk setempat mengalami peningkatan yang pesat.

Saat ini dan dimasa yang akan datang, Mr. Kalend Osend akan dikenal sebagai tokoh terpenting dalam sejarah Kampung Inggris Pare.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Kursus TOEFL Terbaik di Indonesia
Konsultasi Kursus TOEFL dan IELTS

Kampung Inggris Pare sendiri merupakan nama panggilan dari desa Tulungrejo dan Pelem yang ada di kecamatan Pare, Kabupaten Kediri, Jawa Timur oleh beberapa komunitas, media-media Informasi, dll. Namun Tulungrejo dan Pelem dijuluki Kampung Inggris bukan tanpa alasan, melainkan karena kedua desa tersebut merupakan tempat pembelajaran bahasa Inggris terbesar yang ada di Indonesia saat ini.

Tercatat pada tahun 2011 terdapat kurang lebih 114 lembaga kursus yang ada di Kampung Inggris Pare dan jumlah tersebut terus bertambah dari tahun ke tahun, bukan cuma lembaga kursus saja yang terus bertambah melainkan juga peminatnya pun terus bertabah mulai dari Sabang sampai Merauke dan bahkan dari manca negara seperti Malaysia, Timor-Timor, Thailand, dan beberapa negara lainnya.

Umumnya, setiap lembaga kursus mewajibkan siswanya berbahasa Inggris setiap hari dalam lingkungan asrama atau camp dan apabila ada yang melanggar peraturan tersebut maka akan dikenakan hukuman (Punishment) sesuai dengan peraturan lembaga kursus tempat mereka belajar.

Dan juga tidak jarang siswa disuruh melakukan Presentasi di tempat keramaian seperti di Cafe, warung-warung makan, Pinggir Jalan dan berbagai tempat keramaian lainnya untuk membangun Kepercayaan diri para siswa dalam berbahasa Inggris.

Melihat sejarah Kampung Inggris Pare yang dimulai sejak tanggal 15 Juni 1977 lalu oleh Mr. Kalend Osen, itu sungguh perjalanan yang sangat panjang. Kini Kampung Inggris telah dikenal banyak orang di Indonesia hingga luar negeri.

mungkin jika kamu mampir ke Kampung Inggris bingung lembaga mana yang terbaik, lembaga mana yang cocok untuk kebutuhan anda.

Baca Juga : Rekomendasi 5 Kursus TOEFL Terbaik di Indonesia

Berikut adalah 5 Rekomendasi Tempat Kursus TOEFL Terbaik di Kampung Inggris

1 . Titik Nol English Course

Titik Nol English Course adalah salah satu lembaga kursus yang fokus pada academic english, maka tak heran jika lembaga ini masyhur dengan kursus IELTS. Memiliki kurikulum dengan metode pembelajaran yang rapi dan padat serta tutor yang friendly akan membuat suasana belajar nyaman dan fokus. Titik Nol English Course juga memiliki berbagai macam program yang dapat dipilih dan disesuaikan dengan level peserta. Sebelum peserta memutuskan untuk mengambil program, disediakan placement test untuk mengetahui level peserta, sehingga nantinya program yang diikuti sesuai.

Selain itu, fasilitas lain yang disediakan oleh lembaga ini juga sangat mendukung untuk proses persiapan IELTS. Beberapa fasilitas tersebut antara lain scoring rutin tiap minggunya, kelas malam yang didampingi tutor, bimbingan beasiswa luar negeri, dan masih banyak fasilitas lainnya. Banyak alumni dari lembaga kursus ini yang telah berhasil mendapatkan skor IELTS tinggi dan mendapatkan beasiswa studi, baik di dalam ataupun luar negeri. Tidak heran jika Titik Nol English Course mendapat rating google maps 2419 ulasan bintang 5/5 (1/1/2022)

Biaya yang dibutuhkan untuk mendapatkan kualitas dan fasilitas tersebut terbilang paling murah jika dibandingkan dengan lembaga sejenis. Dengan membandingkan biaya dengan jumlah kelas dan fasilitas lain yang akan didapatkan, Titik Nol English Course memiliki biaya kursus IELTS yang paling ekonomis. Mulai dari 900 ribu dengan jumlah pertemuan 4-5 kali setiap harinya dan berlangsung dari hari senin-jumat selama 2 minggu.

2. BEC (Basic English Course)

Didirikan pada tahun 1977 oleh Mr. Kalend Osen, BEC (Basic English Course) merupakan lembaga kursus pioner di Kampung Inggris Pare, dan merupakan lembaga kursus pertama di kampung inggris. Dari sinilah awal dari berdirinya kampung inggris.

Meskipun hanya menyediakan Program dari basic, namun minat siswa untuk belajar di lembaga kursus ini cukup besar, bahkan calon peserta harus antri hanya untuk mendapatkan Formulir Pendaftrannya. Program Belajar di BEC meliputi tiga tahap yaitu Basic Training Class (BTC) Candidate of Training Class (CTC) dan Training Class (TC) dengan durasi waktu pendidikan selama 6 bulan.

Tidak seperti Lembaga kursus lainnya di kampung Inggris yang membuka pendaftaran setiap 2 minggu atau 1 bulan sekali, BEC hanya membuka pendaftaran empat kali dalam setahun yaitu pada bulan Desember, Maret, Juni dan September.

Baca Juga : Info Terbaru Biaya Tes TOEFL dan IELTS Bersertifikat

3. ACCESS-ES (ACCESS English School)

Didirikan pada tahun 2006, ACCESS-ES merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit Kedua di kampung inggris. Lembaga kursus yang terkenal dengan kelas SPEAKING dan PRONUNCIATION-nya ini telah meluluskan ribuan peserta kursus dan telah banyak menjalin kerjasama dalam pelatihan bahasa inggris dengan Sekolah, Universitas, Instansi Pemerintah, Perusahaan Swasta, dan lain-lain.

Di sekolah, pembelajaran bahasa inggris terlalu fokus pada tata bahasa (grammar) dan kosa kata (vocabulary) atau bagaimana cara mengerjakan tes, hal inilah yang membuat bahasa inggris terasa sangat membosankan.

Namun di ACCESS-ES, anda akan belajar bahasa inggris dengan cara Casual seperti Diskusi tentang isu yang sedang hangat (baik isu dalam Negeri maupun Internasional), Debat dengan topik tertentu, Mendengarkan Musik, Menonton Film, Menyanyikan lagu Rap, Mewawancarai para pelajar dari lembaga kursus lain di jalan atau warung makan yang ada di lingkungan kampung inggris.

Dengan memadukan metode dan fasilitas diatas, anda akan belajar bahasa inggris dengan fun, santai tetapi efektif, dan akan mampu berbahasa inggris dengan fasih, alami dan percaya diri.

4. EECC

Didirikan pada tahun 1992, EECC (Effective English Conversation Course) merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit Keempat di Kampung Inggris. EECC merupakan Cabang dari BEC. Kemudian EECC mengembangkan Cabang di Kudus dan Jepara.

EECC telah meluluskan sekitar 10.000 alumni yang tersebar di seluruh dunia. Kebanyakan para alumni melanjutkan study dan bekerja baik di dalam maupun di luar negeri. Diantara alumni EECC ada Mr. Habib dan Mr. Kuba (pendiri MAHESA), Mrs Uun Nurcahyanti (pendiri Smart ILC), Mr. Nur Wiyono (pendiri Able and Final), Mr. Abdul Malik, S.Pd pendiri kursusan di sekitar EECC.

Program EECC di buka 4 kali setahun yaitu bulan Februari, Mei, Agustus dan November.

5. HEC 1

Didirikan pada tahun 1997, HEC 1 (Happy English Course) merupakan lembaga kursus terbaik dan favorit Kelima di Kampung Inggris. Sama halnya dengan EECC, HEC 1 juga merupakan cabang dari lembaga kursus BEC. Dikarenakan HEC 1 adalah cabang resmi dari BEC maka beberapa program yang ada di HEC 1 juga seragam dengan BEC.

Bahkan juga memang di padu-padankan dengan semua program BEC. Program yang ada di HEC 1 juga terintegrasi dengan program yang ada di BEC Pare. Sehingga siswa yang belajar dan menuntut ilmu di HEC 1 dapat transfer ke TC BEC.

Bagaimana rekomendasinya? kalian sudah nggak bingung kan pilih yang mana, jika kalian bingung kalian bisa langsung daftar di Titik Nol English Course kalian akan dapat banyak fasilitas banyak kelas yang bisa di pilih dan pembelajarannya yang tidak kaku dan menarik. Sampai jumpa di kelas pembelajaran kawan.

Apa yang membuat 12.748+ siswa memilih kami?

  • Lembaga resmi terdaftar di Dinas Pendidikan
  • Tutor muda dan bersertifikat internasional (TOEFL/IELTS)
  • Integrated curriculum: 4 pertemuan sehari belajar semua aspek bahasa Inggris, tidak hanya speaking
  • Terbukti: ratusan alumni mendapatkan pekerjaan dan beasiswa luar negeri
  • Lokasi strategis di jalan utama Kampung Inggis. Dekat dengan ATM, minimarket, tempat ibadah, klinik kesehatan & rumah sakit, gym, dan kuliner
  • Rekening atas nama lembaga, lebih terpercaya

REGULAR ONLINE COURSE

Pilihan Program Regular Kelas Online :

IELTS Prep

Tips & Trick mendapat skor IELTS tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes IELTS)

  • Jadwal:
    Setiap Senin-Kamis pukul 18.30-21.30 WIB
    Via Zoom
  • Kapasitas maksimal 15 siswa per kelas
  • Masa belajar: 6 Minggu
  • Total durasi: 72 Jam
  • Bonus: Pre-Test, Post-Test, Supervised Learning via web e-learning TN
Info Selengkapnya

TOEFL Prep

Tips & Trick mendapat skor TOEFL tinggi (Cocok untuk yang belum pernah kursus/tes TOEFL)

  • Jadwal:
    Setiap Senin-Kamis pukul 18.30-21.30 WIB Via Zoom
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Masa belajar: 6 Minggu
  • Total durasi: 72 Jam
  • Bonus: Pre-Test, Post-Test, Supervised Learning via web e-learning TN
Info Selengkapnya

IELTS Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Jadwal:
    Setiap Senin-Kamis pukul 18.30-21.30 WIB
    Via Zoom
  • Kapasitas maksimal 15 siswa per kelas
  • Masa belajar: 6 Minggu
  • Total durasi: 72 Jam
  • Bonus: Pre-Test, Post-Test, Supervised Learning via web e-learning TN
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes IELTS
Info Selengkapnya

TOEFL Scoring

Cocok untuk yang sudah pernah kursus tapi membutuhkan lebih banyak latihan soal dan pembahasan jawaban.

  • Jadwal:
    Setiap Senin-Kamis pukul 18.30-21.30 WIB
    Via Zoom
  • Kapasitas maksimal 25 siswa per kelas
  • Masa belajar: 6 Minggu
  • Total durasi: 72 Jam
  • Bonus: Pre-Test, Post-Test, Supervised Learning via web e-learning TN
  • Bonus 2 Minggu Bimbingan Tambahan untuk yang sudah daftar tes TOEFL
Info Selengkapnya

OFFLINE COURSE (DI KAMPUNG INGGRIS)

A. Pilihan Program Kelas Offline

General English

Cara mudah, cepat, dan tepat menguasai bahasa Inggris

  • 4 pertemuan per hari: Reading, Grammar, Speaking, Listening/Writing
  • Pilihan level: Basic, Intermediate, atau Advanced
  • Pilihan durasi: 2 Minggu, 1 Bulan, 2 Bulan, 3 Bulan

TOEFL Preparation

Persiapan tes TOEFL untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4 pertemuan per hari: Listening, Structure, Reading, Vocab/Scoring (simulasi tes)
  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)
  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

IELTS Preparation

Persiapan tes IELTS untuk mendapatkan skor tinggi

  • 4-5 pertemuan per hari: Listening, Writing, Speaking, Reading, Scoring (simulasi tes)
  • Pilihan level: Preparation (Materi + Latihan), Scoring (Hanya latihan soal & pembahasan)
  • Pilihan durasi: 2 Minggu (khusus Scoring), 1 Bulan, 2 Bulan

B. Biaya dan Fasilitas

Seluruh siswa Titik Nol English Course akan mendapatkan fasilitas berikut:

  • Modul
  • Sertifikat
  • T-Shirt & Gantungan Kunci Eksklusif
  • Simulasi tes TOEFL & IELTS setiap Sabtu
  • Kalender Beasiswa 2022 (Digital)
  • 5x kelas persiapan beasiswa & study abroad (Khusus level Advanced, TOEFL, dan IELTS)
  • 2 Minggu bimbingan tambahan persiapan TOEFL dan IELTS bagi siswa level Scoring yang telah mendaftar tes

Siswa dapat memilih paket dengan atau tanpa tempat kos, berikut rincian biayanya:

Biaya Kursus Offline di Kampung Inggris

Cukup DP Rp 250.000 untuk booking tempatmu. Pelunasan dilakukan saat sampai di office.

Kamu juga dapat mencoba placement test kami agar tidak salah dalam memilih tingkatan level belajar.

Coba Placement Tes