Yasonna Laoly

Dilantik kedua kali sebagai Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia oleh Pak Presiden, menteri asal Sumatera Utara ini ternyata lulusan 2 universitas di Amerika Serikat, lho! Pak Yasonna meraih gelar Master of Science di Virginia Commonwealth University dan Ph.D di North California State University.

Sri Mulyani

Tak hanya Pak Yassona, Ibu Sri Mulyani kini juga menjalani periode keduanya sebagai Menteri Keuangan. Selain berhasil meraih gelar S2 dan S3 di University of Illinois Urbana-Champaign (AS), Bu Sri Mulyani juga merupakan orang Indonesia pertama yang menjabat sebagai Direktur Pelaksana Bank Dunia.

Retno LP Marsudi

Menteri Luar Negeri perempuan pertama di Indonesia yang satu ini juga ternyata lulusan kampus unggulan di Belanda nih, Sobat! Ya, Ibu Retno LP Marsudi adalah lulusan S2 Hukum Uni Eropa di Haagse Hogeschool. Selain menjadi Menteri, Ibu Retno juga pernah menduduki kursi Direktur Eropa Barat di tahun 2001.

Basuki Hadimuljono

Sama seperti tiga menteri sebelumnya, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Indonesia pun kembali diminta untuk meneruskan jabatannya di periode kedua kepresidenan Pak Jokowi. Basuki Hadimuljono merupakan lulusan S2 dan S3 Teknik Sipil di Colorado State University.

Siti Nurbaya Bakar

Ibu Siti Nurbaya Bakar yang kini menduduki jabatan Menteri Lingkungan Hidup & Kehutanan pun merupakan alumni kampus pilihan di Eropa. Wanita yang sebelumnya pernah menjabat sebagai Jenderal Depdagri ini menyelesaikan S3 IPB di Siegen University, Jerman.

Airlangga Hartanto

Setelah sukses menjadi Menteri Perindustrian, Airlangga Hartanto ditunjuk sebagai Menteri Koordinator Bidang Perekonomian. Pria yang pernah menjabat sebagai Ketua Umum Partai Golkar ini ternyata memiliki dua gelar master, yakni MMT dari University of Melbourne dan MBA dari Monash University Melbourne.

Nadiem Makarim

Nama pendiri sekaligus mantan CEO Gojek ini tentu sudah tidak asing lagi ditelinga. Nadiem yang kini menjabat sebagai Menteri Pendidikan dan Kebudayaan ternyata juga turut mengemban pendidikan di perguruan tinggi luar negeri. Nadiem Makarim merupakan lulusan S1 HI di Brown University dan mendapat gelar MBA dari Harvard Business School.

Erick Thohir

Pengusaha sukses yang kini menjabat sebagai menteri BUMN ini juga memiliki riwayat pendidikan yang tak kalah cemerlang. Erick Thohir menempuh S1 di Glendale Community College kemudian melanjutkan pendidikan magister bidang business administration di National University California.

Tito Karnavian

Tito Karnavian ditunjuk oleh Presiden untuk menjabat menjadi Mendagri pada tahun 2019 lalu. Selain menjadi lulusan terbaik Akpol tahun 1987, Tito juga merupakan lulusan S3 bidang Stategic Studies dari Nanyang Technological University, Singapura.

Ada yang pengen jadi menteri?

Sebelum itu, try this challenge!

If you think your English is good enough, write as many words as possible that start and end with T.