Tips Sederhana untuk Belajar Bahasa Inggris secara Mandiri

Tips Sederhana Untuk Belajar bahasa Inggris Secara Mandiri

titiknolenglish.com (Tips Sederhana Untuk Belajar Bahasa Inggris Secara Mandiri)- Hai everyone! Siapa nih diantara kalian yang belum bisa bahasa inggris? Atau mau belajar bahasa inggris dari nol secara mandiri tapi bingung gimana caranya? Belajar bahasa Inggris dapat kamu lakukan dengan banyak cara, namun Minol akan membagikan salah satu cara yang bisa kalian praktekin di rumah dan bisa kalian coba untuk meningkatkan kemampuan bahasa inggris kamu, cekidot.

Beberapa Tips Untuk Belajar Bahasa Inggris Dari Nol:

1. Menyusun Program Belajar Bahasa Inggris Kamu Dari Nol

kenapa sih kamu pengen belajar bahasa inggris? Pertanyaan ini harus ada dalam kepala kamu sebelum memulai sesuatu termasuk belajar bahasa inggris. Untuk apa? supaya kamu tahu tujuan kamu belajar bahasa inggris. Selain itu, pertanyaan tersebut juga akan menjadi motivasi buat kamu nantinya. Setelah itu mulailah membuat program untuk belajar bahasa Inggris dari nol bagi diri kamu sendiri, bisa berupa jadwal atau hal-hal yang akan kamu lakukan untuk mulai mengasah kemampuan berbahasa inggris kamu. Program yang kamu buat nantinya akan membuat kamu lebih konsisten dalam belajar, selain itu program yang kamu susun juga akan berguna bagi kamu untuk melihat sejauh mana progress kamu selama belajar.

2. Kedua, mulai dengerin lagu-lagu berbahasa Inggris

Tahu nggak sih? musik itu sebenarnya pola-pola kalimat dan nada loh, dan otak kita suka banget sama pola, musik akan jadi pola-pola yang memudahkan otak kita untuk mengingat sesuatu. Kalau kamu suka sama musik, coba deh ganti playlist musik kamu sama lagu-lagu berbahasa inggris. Cara ini akan lebih cepat menambah kosa kata kamu. Kok bisa? Karena kalau kamu suka sama musiknya pasti kamu dengerinnya berulangulang kan? pengulangan-pengulangan itu akan membuat apa yang kamu pelajari lebih cepat masuk ke kepala kamu.

Jangan lupa, terjemahin dan bedah liriknya, supaya kamu juga tahu artinya apa. Kalau kamu sudah suka sama lagunya, coba deh nyanyiin atau sambil baca liriknya. Ini akan melatih pronunciation atau pelafalan kamu. Jadi selain menambah vocab atau kosa kata, cara ini juga bisa melatih kamu untuk mengucapkan kata dalam bahasa inggris dengan benar.

3. Ketiga, baca bacaan berbahasa Inggris

Kamu sudah punya hafalan kosa kata nih, saatnya masuk step yang ketiga. Coba mulai untuk membaca bacaan yang berbahasa inggris. Nggak perlu yang berat-berat, kamu bisa membaca dongeng anak-anak yang bahasanya ringan dan mudah di mengerti. Jangan lupa untuk mempelajari grammar atau susunan kalimatnya, kamu bisa menempelkan catatan grammar di tembok kamarmu, supaya kamu lebih sering melihatnya sehingga lebih cepat menghafal.

Peneliti psikolinguistik asal perancis Emile Javal, menemukan bahwa proses membaca tidaklah melihat huruf demi huruf secara berurutan, akan tetapi pandangan kita meloncat ke kata demi kata dengan fiksasi sesaat pada titik-titik tertentu. Jadi dengan membaca, kita akan semakin akrab pula dengan kata-kata yang tertulis dalam bahasa inggris. “kalau dongeng kurang aesthetic”, oke kamu bisa baca baca quotes dengan bahasa inggris di Instagram, facebook, atau media sosial yang lain. Jadi selain belajar bahasa inggris, quotes yang kamu baca juga bisa membuat kamu jadi lebih termotivasi dan bijak. Atau nantinya kamu bisa bikin quotes kerenmu sendiri, pastinya dengan bahasa inggris ya.

4. Keempat, tulis diary sederhana menggunakan bahasa Inggris

Kamu pernah nggak sih diajak ngomong bahasa inggris sama teman, kamu ngerti nih lawan bicaramu ngomong apa tapi kamu enggak bisa bales. Kalau pernah coba deh pakai cara ini, cara ini bisa menjadi apliasi belajar bahasa Inggris amu. Jika kamu sudah melakukan tahap-tahap di atas, sekarang saatnya kamu mulai menuangkan kalimatmu sendiri pakai bahasa inggris. Kamu bisa mulai dengan menuliskan diary sederhana seperti kamu ngapain aja seharian, apa yang bikin kamu senang dan sedih di hari itu.

Jika kamu sudah bisa menuangkan kalimat kedalam bahasa inggris, ini akan menjadikan kamu lebih mudah untuk nantinya berbicara dalam bahasa inggris. Oh iya, menurut psikologi, diary bisa jadi media katarsis untuk melepaskan emosi-emosi negatif yang kamu pendam loh, selain kemampuan bahasa inggris meningkat, mental kamu juga sehat.

Itu tadi everyone, tips yang bisa aku bagikan untuk improve skill bahasa inggris kamu dari nol secara mandiri. Tips di atas bisa kamu terapkan sehari-hari sebagai salah satu cara belajar bahasa Inggris untuk meningkatkan kemampuan bahasa Inggris kamu. Jangan lupa untuk terus berlatih di rumah ya, dan terus kembangkan skill bahasa kamu, karena sebuah bahasa yang berbeda dari bahasa kita menandakan sebuah cara pandang yang berbeda terhadap kehidupan -Federico Fellini-.

Yuk simak cerita siswa kami:

Sekarang kesempatan belajar dan berkarir di luar negeri terbuka lebar, sayang banget kalo kita lewatkan. Saya kursus di Titik Nol selama 2 bulan khusus untuk persiapan beasiswa dan studi saya. It’s really home for high achievers.”

Dani Puspitasari, LPDP Awardee, Monash University
Paket IELTS Kampung Inggris

Di sini aku bertemu dengan orang-orang yang seperti diriku. Yang mau belajar dan diajar dari nol. Tutor-tutor awardee beasiswa luar dan dalam negeri yang memberikan semangat bagi orang yang mau belajar dari nol juga ada di sini. Pengalaman yang tak ada duanya.

Sutamara Lasurdi Noor, LPDP Awardee, M.Sc-Clinical and Public Health Nutrition, University College London (UCL)

The tutors here really point out the best and weakest part dari yang kita bisa dan ga bisa. Itu membantu banget untuk push kita jadi gak down.

Kireina Amira, IELTS Score 7,5, Double Degree Program University of Indonesia & University of Queensland-Australia

Mengapa mereka memilih Titik Nol English Course?

kursus bahasa inggris private