Perkembangan teknologi yang sangat cepat dan adanya pandemi Covid-19 telah menciptakan ketidakpastian di seluruh dunia. Pemerintah dapat tiba-tiba mengeluarkan aturan baru, perusahaan bisa mendadak mengubah cara kerja dan memberhentikan karyawan.

Sekedar dapat bertahan di situasi seperti ini adalah sebuah pencapaian, namun bukan berarti kita tidak dapat sukses.

Telah banyak penelitian menunjukkan ada beberapa kemampuan yang wajib dimiliki agar kita dapat sukses di dunia yang serba tidak pasti seperti saat ini.

7 Skill di bawah ini dapat diterapkan duntuk konteks apapun, baik sebagai karyawan di dunia kerja maupun sebagai wiraswasta pendiri start up.

 

1. Kemampuan memecahkan masalah dan berpikir kritis

Generasi muda dengan keterampilan berpikir kritis mampu memahami hubungan logis antara ide, argumen, atau kesalahan dalam penalaran, sehingga bisa membuat keputusan yang tepat.

Berpikir kritis akan sangat berguna sehingga generasi muda dapat melihat masalah dari berbagai perspektif, dapat diandalkan, mandiri dalam menghadapi permasalahan, dan menemukan peluang baru.

Ini sangat penting untuk bertahan di dunia yang saat ini diliputi berita palsu dan penuh masalah baru.

 

2. Berkerja sama dalam tim

Kerjasama tim merupakan suatu kemampuan dalam mengarahkan dan mendorong individu yang berbeda menuju dan meraih tujuan secara bersama-sama.

Generasi muda wajib memiliki kemampuan ini sebab bekerja sama dalam tim memilki manfaat yang banyak, diantaranya adalah mendorong pemecahan masalah lebih mudah dan cepat selesai, mendekatkan satu sama lain, sehingga suasana positif dan semakin meningkatkan produktifitas.

Saat ini hampir tidak ada pekerjaan yang bisa dikerjakan dengan maksimal seorang diri. Orang semakin bergantung satu sama lain di zaman digital. Contoh sederhananya, seorang selebgram meskipun terlihat bekerja sendiri dalam memproduksi konten akan tetap memerlukan orang lain sebagai follower dan yang menggunakan jasanya untuk publikasi.

 

3. Kemampuan berbahasa Inggris

Perkembangan internet selain membuat kita dapat menikmati produk-produk dari luar negeri juga memungkinkan kita bekerja sama dengan orang dari seluruh dunia.

Tanpa kemampuan bahasa Inggris yang baik, kita akan kesulitan menggunakan teknologi terbaru, belajar bidang baru, dan berkomunikasi dengan baik. Akibatnya tidak akan terpakai di dunia kerja.

Sebagai contoh, banyak sekali fresh graduate yang saat ini berminat belajar digital Marketing dan Programming namun kesulitan karena sebagian besar istilah teknis dan referensi utama bidang tersebut masih berbahasa Inggris.

Sebaliknya, dengan kemampuan bahasa Inggris yang baik, jika ditambah skill teknis yang mumpuni, kita akan dengan mudah mendapatkan pekerjaan dari perusahaan di luar negeri dan mengerjakannya dari rumah.

Klik di sini untuk rekomendasi kursus bahasa Inggris online.

 

4. Public Speaking

Berkomunikasi di depan orang banyak merupakan kemampuan yang sangat dibutuhkan dari zaman ke zaman.

Public speaking bermanfaat untuk meningkatkan kepercayaan diri, menumbuhkan skill leadership, dan meningkatkan pengetahuan.

 

5. Kepemimpinan

Kepemimpinan adalah seni memotivasi sekelompok orang dalam bertindak untuk mencapai tujuan bersama. seorang pemimpin menginspirasi orang lain untuk bertindak sekaligus mengarahkan cara bertindak.

Para pemimpin harus menarik bagi orang, agar mereka mau mengikuti perintahnya, pemimpin juga harus memiliki keterampilan berpikir kritis untuk mengetahui cara terbaik menggunakan sumber daya yang anda di organisasi atau perusahaan.

 

6. Manajemen diri

Manejemen diri adalah kemampuan untuk mengatur emosi, pikiran dan prilaku seseorang dalam situasi yang berbeda secara efektif dalam mengelola stres, mengendalikan impuls, dan memotivasi diri sendiri.

Kemampuan ini sangat diperlukan oleh semua individu. tidak hanya dibutuhkan di lingkungan pekerjaan atau pendidikan, akan tetapi juga diperlukan oleh seorang individu yang melakukan aktivitas sehari-hari (daily activities) di rumah.

 

7. Networking

Networking skill atau kemampuan membangun relasi atau hubungan dengan orang lain dan saling menguntungkan dalam jangka waktu yang panjang. Sebuah survey yang diadakan Linkedln menunjukkan bahwa hampir 80% professional menganggap bahwa networking sangat penting bagi kesuksesan karier.

Kemampuan networking dianggap sangat penting bagi perkembangan karena memiliki banyak manfaat, diantaranya adalah mendapatkan pekerjaan baru, bertukar ide dan gagasan, membantu orang lain, perkembangan karir yang positif.