Geodesy and Geomatics Engineering

Jurusan Teknik Geodesi dan Geomatika ini termasuk ke dalam ilmu kebumian paling tua, Guys! Pada dasarnya, Teknik Geodesi mempelajari bentuk dan ukuran bumi. Ilmu ini kemudian berkembang menjadi Geomatika yang berhubungan dengan masalah-masalah kebumian dan kelautan, termasuk di dalamnya tata guna lahan, penataan ruang, hingga lingkungan dan sosial ekonomi.

Environmental Science

Dari namanya saja sudah jelas kan kalau jurusan ini pasti klop banget sama kamu yang peduli lingkungan. Secara sederhana, Environmental Science mempelajari tentang lingkungan hidup dan kedudukan manusia yang pantas di dalamnya. Jika mengambil jurusan ini, kamu juga akan bersinggungan dengan cabang ilmu seru lain seperti ekologi, biologi, oceanografi, meteorologi, dan masih banyak lagi. Gimana? Asik banget kan?

Oceanography

Meski namanya mirip, tapi jurusan ini berbeda lho sama Oceanology. Keduanya memang sama-sama berkutat dengan kelautan, akan tetapi Oceanography lebih berfokus kepada eksplorasi, sementara Oceanology menekankan pembelajaran pada studi ilmiah. Ilmu Oceanography ini bisa diterapkan ke berbagai bidang seperti mitigasi bencana dan perikanan.

Forestry Engineering

Sesuai dengan namanya, Forestry Engineering adalah cabang ilmu yang menggabungkan studi kehutanan dan teknik. Hah… serius? Iya, dong! Penggabungan ini nantinya diaplikasikan dalam perekayasaan berbasis bioproses dan biosistem untuk menjaga kelestarian hutan maupun mengkonstruksi hutan-hutan baru. Jurusan ini pastinya penting banget untuk menjaga agar kebutuhan manusia tetap terpenuhi tanpa harus merusak atau menghancurkan hutan di bumi.

Geophysics

Kalau kamu pecinta Fisika tapi juga penasaran sama ilmu bumi, jurusan ini pas banget dijadikan pertimbangan. Jurusan Geophysics ini menggunakan prinsip-prinsip Fisika untuk mengetahui dan memecahkan permasalahan kebumian. Ilmu ini bisa dimanfaatkan untuk mitigasi bencana, eksplorasi sumber daya, hingga ke pembangunan infrastruktur. Melalui jurusan ini, kelak kamu pasti bisa menerapkan ilmu Geofisika dalam upaya pelestarian bumi.