Tau gak sih kalau ilmuwan-ilmuwan Indonesia juga sangat berjasa dalam perkembangan teknologi dunia? Mulai dari perkembangan internet hingga dunia penerbangan, nama ilmuwan Indonesia masih harum di ranah mancanegara. Bahkan, kita sendiri menjadi pengguna langsung dari inovasi-inovasi atau temuan ilmuan berikut ini. Penasaran gak sih? Yuk simak informasi lengkapnya!

Dr. Khoirul Anwar

Sobat titiknol pasti udah familiar banget kan sama konsep 4G LTE? Nah, ternyata salah satu tokoh dibalik terbentuknya komponen 4G LTE adalah ilmuwan dari Indonesia, lho! Dr. Khoirul Anwar menemukan konsep Fast Fourier Transform (FFT) yang kemudian menjadi standar International Telecommunication Union (ITU). Komponen inilah yang kemudian menjadi salah satu pembentuk teknologi LTE. Sejauh ini, Dr. Khoirul memiliki tiga paten di bidang tekekomunikasi.

Dr. Eniya Listiani Dewi

Dr. Eniya Listiani Dewi adalah salah satu ilmuwan Indonesia lulusan Waseda University, Jepang. Perempuan yang menjadi salah satu peneliti di Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) ini berhasil menemukan sel bahan bakar baru yang menggunakan unsur Vanadium. Penemuannya ini membuat nama Dr. Eniya diakui dunia, bahkan ia mendapat penghargaan oleh Mizuno Award dan Koukenkai Award pada tahun 2003.

Prof. B.J. Habibie

Prestasi serta jasa mantan presiden RI yang satu ini memang sudah tidak bisa diragukan lagi. Nama Pak Habibie hingga kini masih dikenal sebagai salah satu orang yang berjasa dalam dunia penerbangan. Bagaimana tidak? BJ Habibie berhasil menemukan Teori Crack yang berguna untuk mengetes kualitas pesawat terbang. Terlebih lagi, Pak Habibie juga berhasil menciptakan pesawat terbang dengan jenis CN-235 dan N-250.

Dr. Warsito Purwo Taruno

Tak hanya Pak Habibie, karya temuan Dr. Warsito Purwo Taruno juga dianggap krusial bagi dunia penerbangan. Pasalnya, pria yang menjabat sebagai ketua Masyarakat Ilmuwan Teknologi Indonesia ini adalah pemilik paten Electrical Capacitance Volume Tomography (ECVT) 4 Dimensi. Temuannya ini berguna untuk melakukan pemindaian pada dinding pesawat ulang-alik.

Dr. Yogi Ahmad Erlangga

Ilmuwan selanjutnya adalah doktor matematika terapan yang namanya telah diakui dunia. Dr. Yogi Ahmad Erlangga berhasil memecahkan persamaan Helmholtz yang berguna untuk pencarian minyak bumi. Melalui temuannya ini, ribuan insiyur minyak di dunia bisa bekerja lebih cepat dengan akurasi yang tinggi. Keren banget, ya!

Selain ilmuwan-ilmuwan tadi, ada gak nih inovasi/karya orang Indonesia lain yang kamu tau? Yuk langsung jawab di kolom komentar.