Siapa sih yang tidak ingin berkuliah di Korea Selatan? Salah satu negara maju di Asia dengan lokasi wisata yang fenomenal serta industri entertainment yang mendunia. Korea Selatan juga merupakan rumah dari universitas-universitas papan atas seperti Seoul National University, KAIST, dan Yonsei University. Kira-kira bagaimana sih kehidupan mahasiswa internasional di sana? Yuk, simak informasinya!

Biaya Hidup

Biaya hidup di Korea Selatan tentu lebih mahal dibanding Indonesia. Bagi para mahasiswa internasional, dalam sebulan bisa menghabiskan sekitar KRW 700,000-900,000. Akan tetapi, kamu tidak perlu khawatir, karena banyak sekali beasiswa studi ke Korea Selatan yang memberikan uang saku bulanan kepada penerimanya, seperti beasiswa UST yang memberikan tunjangan sebesar KRW 1,2-1,6 juta (setara Rp 14-18,5 juta) per bulan. Selagi di sana, kamu juga dibebaskan untuk mengambil pekerjaan paruh waktu.

Makanan

Korea Selatan bukan merupakan negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam, maka dari itu, makanan mengandung babi maupun minuman keras dijual secara bebas. Biaya makanan di Korea pun bervariasi tergantung pilihan, makanan di minimarket maupun di kantin kampus dijual dengan harga murah, yakni di bawah 5,000 KRW. Jajanan pinggir jalan seperti odeng dan hotteok dijual dengan harga mulai dari 3,500 KRW, sementara makanan-makanan di restoran dibandrol dengan harga mulai dari 10,000 KRW.

Ibadah

Selama tinggal di Korea Selatan, kamu juga akan jarang sekali bahkan mungkin tidak pernah mendengar adzan dikumandangkan. Hal ini karena mayoritas penduduk Korea Selatan tidak menganut agama apapun, sementara agama yang paling banyak dianut adalah agama Kristen dengan presentase sekitar 28% penduduk. Akan tetapi, beberapa kampus di Korea Selatan menyediakan tempat ibadah umum bagi para pelajar beragama, contohnya seperti di Sejong University, Kookmin Univrsity, dan Hanyang University.

Tempat Tinggal

Sama seperti di negara lain, Korea Selatan pun memiliki pilihan tempat tinggal dengan harga yang beragam bagi para mahasiswa internasional. Kamu bisa tinggal di asrama kampus yang biasanya berkisar di harga sewa 150,000-600,000 KRW per bulan, atau tinggal di homestay, di mana kamu akan menetap bersama keluarga pemilik rumah dengan harga sekitar 400,000 KRW per bulan. Kamu juga bisa memilih housing pribadi di luar kampus berupa apartemen dengan harga 250,000-1,000,000 KRW.

Transportasi

Terdapat tiga jenis transportasi umum yang bisa kamu gunakan di Korea, yakni kereta, bus, dan taksi. Ketiga transportasi umum ini pun memiliki harga yang beragam, untuk tarif kereta, kamu cukup membayar sebesar 1,250-2,500 KRW untuk satu kali perjalanan, sementara tarif bis disesuaikan dengan jenis bis yang dinaiki. Bis reguler jatuh di harga 1,300 KRW, bis ekspress 2,300 KRW, dan bis village seharga 900-1000 KRW tiap perjalanan. Taksi tentu menjadi transportasi yang memiliki tarif lebih mahal.

Itu tadi kira-kira gambaran kehidupan mahasiswa internasional di Korea.

Minol pengen nonton drakor nih, ada rekomendasi drakor bagus yang memotivasi buat belajar?

Your Content Goes Here