Justus & Louise van Effen Excellence Scholarships

Informasi menarik untuk teman-teman yang mau ke Eropa! Delft University of Technology memiliki tawaran beasiswa khusus bagi mahasiswa internasional yang berprestasi di bidang akademik. Para penerima beasiswa ini akan diberikan dana sebesar 30,000 EUR (setara Rp 525 juta) per tahun untuk menempuh S2 di TU Delft. Kabar baiknya, beasiswa ini tak memiliki proses wawancara, seleksi penerima dilakukan via berkas saja.

Periode Beasiswa

Bulan Desember

Link

www.tudelft.nl

Ignacy Lukasiewicz Scholarship

Beasiswa ini ditawarkan oleh Pemerintah Polandia bagi mahasiswa yang ingin melanjutkan S2 di bidang engineering, technical sciences, agriculture, dan natural sciences. Tunjangan yang diberikan oleh beasiswa ini mencakup pembebasan biaya kuliah, biaya hidup, dan biaya kedatangan. Beasiswa ini tidak memiliki tahap wawancara, tetapi para pendaftar wajib memiliki ijazah S1 dari bidang yang relevan.

Periode Beasiswa

Bulan Maret

Link

nawa.gov.pl

Romanian Government Scholarship

Sama seperti dua beasiswa sebelumnya, beasiswa dari Kementerian Luar Negeri Rumania ini juga tidak memiliki proses wawancara, lho! Beasiswa ini menawarkan tunjangan berupa biaya kuliah, akomodasi, tunjangan hidup, serta pelatihan bahasa Rumania. Terlebih lagi, beasiswa ini terbuka untuk jenjang S1 hingga S3.

Periode Beasiswa

Bulan April

Link

www.mae.ro

Eiffel Excellence Scholarship

Tak kalah dari beasiswa sebelumnya, beasiswa Pemerintah Prancis ini bijak dijadikan pertimbangan. Benefits yang ditawarkan Eiffel Excellence juga super lengkap! Mulai dari biaya hidup, tiket

pesawat PP, transportasi, asuransi, hingga akomodasi turut ditanggung. Beasiswa ini terbuka untuk 4 bidang studi, yaitu hukum, ekonomi & manajemen, teknik/sains, dan ilmu politik.

Periode Beasiswa

September – Januari

Link

www.campusfrance.org

EIT InnoEnergy Scholarship

Beasiswa selanjutnya khusus buat kamu yang ingin S2 di Engineering Institute of Technology (EIT) InnoEnergy di Belanda. Beasiswa ini mencakup biaya kuliah serta tunjangan biaya hidup, lho. Walau terbagi menjadi dua, yakni Academic Excellence Scholarship dan Energy Impact Scholarship, tapi keduanya tidak memerlukan wawancara langsung kok. Kamu cukup mengirim berkas yang dibutuhkan.

Periode Beasiswa

Bulan September – Januari

Link

apply.innoenergy.com

Swedish Institute Study Scholarships for Global Professionals

Beasiswa yang ditawarkan oleh Swedish Institute ini ditujukan khusus bagi tenaga profesional untuk melanjutkan studi S2 di Swedia. Pendaftar wajib memiliki pengalaman kerja minimal 3000 jam. Beasiswa ini mencakup 100% biaya kuliah, tunjangan bulanan, biaya perjalanan, serta asuransi kesehatan.

Periode Beasiswa

Bulan Februari

Link

si.se/en/

Semua syarat udah terpenuhi, IELTS/TOEFL tinggi, dan transkip nilai juga melampaui rata-rata, tapi masih gak pede daftar beasiswa karena grogi di tahap wawancara? Gak perlu khawatir, Guys! Banyak banget beasiswa yang gak memiliki proses wawancara. Nih, mimin kasih informasi beberapa contoh beasiswa tanpa wawancara.

buat kalian yang mau melatih skills wawancara, minol punya tiga tips yang mungkin berguna:

  1. Tulis dan hafalkan jawaban untuk pertanyaan standar seperti identitas diri dan prestasi
  2. Latihan berulang-ulang dengan kerabat/keluarga
  3. Rekam diri sendiri ketika melakukan latihan dan belajar dari kesalahan . . . . .

    Semangat ya!

 

Nah itu tadi informasi beasiswa tanpa wawancara! Beasiswa ke negara mana lagi yang sobat tiknol mau lihat informasinya?