Titiknolenglish.com – jika kalian ingin berkuliah masalah terbesar adalah biaya kuliah dan jika kalian ingin kuliah di luar negeri pasti kalian ingin mendapatkan beasiswa yang dimana pasti akan tidak memberatkan biaya kalian untuk berkuliah, tapi kalian tau tidak ? tidak sedikit juga lo negara yang mengeratiskan biaya kuliah di negaranya berikut 8 negera yang mengeratiskan biaya kuliah nya apakah Indonesia ada di list nya cek dibawah ini :

Daftar

Berikut daftar negara-negara yang menggratiskan biaya kuliah untuk mahasiswanya. Simak sampai habis ya!

1. Finlandia

Finlandia adalah salah satu negara maju di benua Eropa Utara yang dikenal dengan sistem dan kualitas pendidikan terbaik di dunia. Tidak hanya membebaskan biaya pendidikan negara Finlandia juga menyediakan banyak program studi berbahasa Inggris yang memudahkan mahasiswa asing dalam menempuh pendidikan di negara tersebut.

Namun, perlu diingat kembali bahwa pemerintah Finlandia hanya membebaskan biaya pendidikan saja, dengan kata lain untuk biaya hidup dan tempat tinggal tetap menjadi tanggung jawab masing-masing. Bayangkan, kamu hanya harus memikirkan tempat tinggalmu dan biaya sehari-hari tanpa harus memusingkan biaya kuliah.

Beberapa universitas terbaik di Finlandia diantaranya University of Helsinki, Abo Academy University, University of Turku, dan University of Tampere.

2. Norwegia

Sebagian besar universitas di Norwegia tidak lagi memungut biaya pendidikan bagi para mahasiswa lokal maupun internasional. Meski demikian biasanya akan tetap ada iuran pendidikan di setiap semesternya sekitar 40-60 Euro. Biaya ini dapat berubah sewaktu-waktu, namun tenang saja perubahannya tidak terlalu mengkhawatirkan kok. Semua biaya tersebut dikembalikan lagi untuk menunjang kualitas studi mahasiswa.

Memiliki tujuan dalam mempertahankan keragaman dan kualitas dari populasi mahasiswa internasional. Berikut beberapa universitas terbaik di Norwegia, yaitu University of Oslo, University of Bergen, Western Norway University of Applied Sciences, dan University of Tromso.

3. Slovenia

Mungkin nama negara Slovenia masih terdengar sedikit asing di telinga kita. Negara yang terletak di benua Eropa ini menawarkan sekitar 150 program berbahasa Inggris yang dapat diikuti oleh mahasiswa asing.

Warga negara asing yang menempuh pendidikan di sana hanya diwajibkan membayar biaya registrasi saja. Selain itu negara Slovenia juga menawarkan biaya hidup yang cukup terjangkau.

Slovenia juga merupakan salah satu negara dengan kualitas pendidikan terbaik di Uni Eropa. Universitas terbesar di Slovenia adalah University of Ljubljana.

4. Jerman

Menjadi negara populer untuk melanjutkan studi, ternyata pemerintah Jerman juga memberikan keringanan bahkan menggratiskan biaya pendidikan bagi warganya maupun warga negara asing yang belajar di sana.

Menjadi destinasi pendidikan favorit di kalangan mahasiswa internasional, terdapat banyak sekali program studi berbahasa Inggris yang ditawarkan universitas-universitas di Jerman.

Beberapa universitas favorit yang dituju mahasiswa adalah Humboldt University di Berlin dan Technical University di Munich, serta masih banyak lagi universitas ternama di Jerman yang masuk dalam 100 universitas terbaik dunia.

Meskipun pemerintah telah menggratiskan biaya kuliah, namun terkadang terdapat iuran untuk menunjang kegiatan mahasiswa seperti event, maupun iuran wajib.

5. Swedia

Menjadi rumah bagi beberapa universitas terbaik dunia seperti Universitas Uppsala, Universitas Lund atau Universitas Stockholm. Swedia menawarkan banyak sekali program pendidikan tinggi berbahasa Inggris yang terdaftar di lebih 35 universitas.

Namun, kini Swedia tidak menerapkan pendidikan gratis seperti sebelumnya bagi mahasiswa internasional. Akan tetapi, banyak beasiswa full funded yang dapat kamu raih jika berkuliah di sana. Tidak hanya itu banyak universitas di Swedia yang memberikan kuliah PhD gratis dan sebagian besar program yang diajarkan dalam bahasa Inggris.

6. Prancis

Negara yang sangat terkenal dengan keindahan Menara Eiffel ini juga membebaskan biaya pendidikan tinggi bagi warga negaranya. Tidak hanya mahasiswa yang berkewarganegaraan Prancis saja, namun bagi mahasiswa yang berasal dari sebagian besar negara Uni Eropa juga mendapatkan keringanan biaya.

Besarnya biaya yang dialokasikan pemerintah Prancis untuk menunjang pendidikan.Seiring berjalannya waktu, mahasiswa asing dari berbagai negara di dunia juga dapat menikmati fasilitas pemerintah Prancis tersebut.

Di beberapa universitas, pemberian subsidi tersebut tidak sepenuhnya gratis, namun ada biaya yang harus dibayarkan di setiap semesternya sekitar €170 per tahun atau sekitar Rp2,7 juta. Wow, nominal yang sangat luar biasa, ya.

7. Islandia

Dikenal sebagai negara yang memiliki suhu udara yang dingin, Islandia juga bisa menjadi salah satu pilihanmu jika ingin menghemat biaya kuliah. Menariknya semua perguruan tinggi di Islandia membebaskan biaya pendidikan untuk semua mahasiswa internasional.

Secara umum pengajaran dilakukan dalam bahasa Islandia. Tetapi ada beberapa program pascasarjana yang dilakukan menggunakan bahasa pengantar Inggris, seperti di University of Iceland dan University of Akureyri.

University of Iceland adalah salah satu yang terbesar di Islandia dan tidak mengenakan biaya pendidikan apapun. Meski demikian tetap terdapat biaya pendaftaran tahunan sekitar sebesar 600 dollar atau sekitar 7,9 juta rupiah per tahunnya.

8. Denmark

Selain dikenal dengan destinasi wisata yang menakjubkan di Eropa, Denmark juga dikenal sebagai negara yang menggratiskan biaya pendidikan warga negaranya. Pendidikan di Denmark gratis untuk semua program bachelor hingga master untuk mahasiswa yang berasal dari negara di Uni Eropa.

Beberapa universitas di Denmark yang tidak mengenakan biaya pendidikan untuk mahasiswa dari wilayah Uni Eropa atau Wilayah Ekonomi Eropa, yaitu Aalborg University, University of Southern Denmark, dan Roskilde University.

Bagi mahasiswa yang tidak berasal dari wilayah Uni Eropa akan tetap diberikan keringanan biaya pendidikan di beberapa universitas seperti Aarhus University, University of Copenhagen, Technical University of Denmark, dan universitas lainnya.

Demikianlah beberapa negara yang menggratiskan biaya pendidikan tinggi untuk mahasiswa internasional. Informasi lebih lengkap sobat OSC dapat tanyakan pada seseorang atau mencari informasi lainnya di internet. Terlepas dari kebijakan menggratiskan tersebut, tentu saja ada persyaratan yang harus dipenuhi untuk mendapatkannya.

REGULAR ONLINE COURSE

Daftar Disini
Daftar Disini
Daftar Disini
Daftar Disini

PRIVATE ONLINE COURSE

IELTS Writing – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Writing IELTS disertai praktek.


Kamu akan belajar setiap

Senin-Rabu-Jumat


Pukul:

19:00-20:00 WIB


PAKET:
6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

Harga : Rp. 1.000.000

Daftar Disini

IELTS Speaking – Titik Nol English Course

Belajar tips & trick mendapatkan skor tinggi pada tes Speaking IELTS disertai praktek.

Kamu akan belajar setiap

Senin-Rabu-Jumat

Pukul: 10:00-11:00 WIB

PAKET: 6 Pertemuan (masing-masing 1 jam)

Harga : Rp. 1.000.000

Daftar Disini