Contoh Pertanyaan IELTS Speaking Part 2

Contoh Pertanyaan IELTS Speaking Part 2

titiknolenglish.com (Contoh Pertanyaan IELTS Speaking Part 2) – Hallo TNers, Speaking merupakan tahapan terakhir dalam tes IELTS yang perlu kamu lakukan. Dalam tes speaking ini terbagi menjadi tiga sesi dengan total waktu kurang lebih 11 – 14 menit. Sesi pertama berlangsung selama 3 – 4 menit, sesi kedua 1 – 2 menit, dan sesi ketiga berlangsung selama 3 – 4 menit.

Pada masing-masing sesi, peserta harus menjawab topik pertanyaan yang berbeda. Sesi pertama examiner akan bertanya pertanyaan yang berkaitan dengan hal umum seputar personality peserta tes. Sesi kedua berisi pertanyaan dengan topik yang bersifat global sesuai dengan ketentuan examiner. Sedangkan sesi ketiga merupakan sesi diskusi untuk mendapatkan jawaban yang lebih detail dari pertanyaan sesi kedua sebelumnya.

Nah, kali ini kita akan fokus pada contoh pertanyaan IELTS Speaking part 2. Mau tahu seperti apa contoh pertanyaan dalam sesi ini? Pastikan simak penjelasan lengkapnya berikut ini:

Hal yang Perlu Dipersiapkan dalam Tes IELTS Speaking Part 2

Pada sesi kedua dari IELTS Speaking ini, penguji atau examiner akan meminta peserta untuk berbicara secara detail tentang suatu topik tertentu. Agar bisa melakukan tes speaking part 2 dengan lancar, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan, antara lain adalah:

  • Berbicara secara detail dan jelas tentang topik yang tercantum pada kartu
  • Berikan jawaban yang terorganisis dengan mengikuti petunjuk yang tertulis pada kartu
  • Terus berbicara mengenai topik tanpa bantuan examiner minimal selama 1 – 2 menit.

Sesi kedua tes IELTS Speaking ini lebih fokus untuk mengetahui kemampuan berbicara peserta dengan sedikit atau tidak ada gangguan dan menjelaskan detail mengenai topik. Jadi pastikan kamu melatih kemampuan speaking dengan baik dan benar agar bisa menyelesaikan tes IELTS Speaking part 2 dengan lancar.

What to Do and What Not to Do

Agar tes IELTS Speaking part 2 kamu bisa berjalan dengan lancar dan mendapatkan hasil maksimal, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Kali ini Minol akan merangkumnya dalam materi what to do and what not to do saat tes IELTS Speaking part 2.

1. What to Do

  • Gunakan waktu yang diberikan untuk mempersiapkan hanya pada topik yang ditanyakan.
  • Buat jawaban terstruktur dan terorganisir dengan mengikuti petunjuk yang tercantum pada kartu.
  • Gunakan waktu berbicara secara maksimal.
  • Pastikan jawab semua pertanyaan yang ditulis dalam kartu dan persiapkan juga jawaban dari beberapa pertanyaan terkait kartu.

2. What Not to Do

  • Jangan berbicara di luar topik.
  • Jangan terdiam terlalu lama.
  • Jangan ragu untuk memperbaiki kesalahan grammar tapi perhatikan juga mengenai kelancaran berbicara.
  • Jangan berharap penguji memberikan umpan balik terkait bagaimana performance kamu saat berbicara.

Sebelum tes IELTS Speaking part 2 dimulai, biasanya peserta akan diberikan waktu satu menit untuk mempersiapkan jawaban. Pastikan gunakan waktu tersebut dengan baik untuk membaca kartu secara detail dan hati-hati. Jika perlu catat topik yang akan kamu bahas agar tes speaking bisa berjalan dengan lebih lancar.

Cara terbaik untuk mempersiapkan tes IELTS Speaking part 2 ini adalah dengan baca kartu secara cepat mulai dari awal hingga akhir. Selanjutnya, lakukan latihan sebentar untuk mempersiapkan topik yang akan kamu bicarakan. Biasanya ada 3 – 4 intruksi mengenai topik yang tertulis dalam kartu. Karena waktu tes IELTS Speaking part 2 ini hanya 1 – 2 menit saja, maka usahakan berbicara 30 detik untuk setiap topiknya.

Topik Paling Umum dalam IELTS Speaking Part 2

Pada sesi IELTS Speaking part 2 ini, peserta akan diminta untuk menjelaskan suatu yang umum atau global. Secara umum ada beberapa jenis topik yang kerap diberikan examiner kepada peserta tes. Berikut ini delapan topik umum yang sering dibahas dalam IELTS Speaking part 2:

  • People

Untuk topik ini biasanya kamu akan diminta untuk berbicara mengenai sosok yang kamu kagumi. Kamu harus menjelaskan siapa sosok tersebut, sudah berapa lama mengenalnya, kelebihan apa yang dimiliki hingga apa alasan kamu mengaguminya.

  • Places

Topik ini biasanya berkaitan dengan tempat yang pernah kamu kunjungi. Kamu perlu menjelaskan apa tempat tersebut, kapan kamu terakhir kali mengunjunginya, apakah perjalanan ke tempat tersebut menyenangkan atau tidak hingga hal positif dan negative yang ada di tempat tersebut.

  • Experience

Kamu bisa menceritakan tentang pengalaman saat mengikuti kegiatan tertentu seperti acara musik atau yang lainnya. Kamu bisa menjelaskan apa jenis acara tersebut, dimana acara digelar, dan alasan mengapa kamu menikmati pengalaman tersebut.

  • Feeling

Sebenarnya ini merupakan topik yang cukup sulit dan jarang dibahas. Akan tetapi jika kamu mendapatkan topik tersebut, kamu bisa mencoba mengungkapkan perasaan saat melupakan sesuatu. Ceritakan apa dan mengapa kamu lupa serta apa yang kamu lakukan setelahnya.

  • Habits

Kamu bisa menjelaskan tentang kegiatan yang sering dilakukan. Contohnya saja seperti jelaskan tentang situs web yang sering kamu kunjungi. Jelaskan apa isi website tersebut, bagaimana kamu bisa mengetahui situs tersebut, dan mengapa kamu sering mengunjungi situs tersebut.

  • Preferences

Jika mendapatkan topik ini, kamu bisa membahas tentang film atau lagu favorit. Jelaskan apa genrenya, popularitasnya dan hal lain yang berkaitan dengan topik.

  • Object

Untuk topik ini, kamu bisa menjelaskan tentang hal penting yang kamu miliki. Jelaskan berapa lama kamu memilikinya, untuk apa barang tersebut dan mengapa barang tersebut penting bagi kamu. Kamu juga bisa menjelaskan tentang transportasi umum di suatu negara.

  • Ideas

Untuk topik ini, kamu bisa menjelaskan tentang apa saja sesuai keinginan. Salah satu contohnya kamu bisa menjelaskan tentang liburan yang sempurna. Jelaskan di mana liburan tersebut akan dilakukan, dengan siapa kamu pergi berlibur serta mengapa kamu ingin pergi ke sana.

Daftar Pertanyaan IELTS Speaking Part 2

Berikut contoh soal pertanyaan IELTS Speaking part 2 dengan topik “People”. Dalam topik ini kamu diharuskan untuk “Describe a person that you find inspiring”. Beberapa topik yang perlu kamu jelaskan antara lain adalah:

  • Who is this person? Do you know him/her in person?
  • Why is that person inspiring? What kind of inspiring thing has this person done?
  • How has that person affected your life personally?

Selain itu, contoh topic card lainnya adalah :

  • The location of the city of town
  • The part of the city or town you are most familiar with
  • Important landmarks and places to visit
  • What makes that city or town special to you and to others

Perlu kamu ketahui, bahwa dalam tes IELTS Speaking part 2 ini kata kunci diberikan pada kalimat pertama yang ada di kartu. Dalam hal ini, kamu perlu memahami kalimat pertama terlebih dahulu untuk mempersiapkan topik yang akan dibicarakan di depan examiner. Selain itu, usahakan untuk memaksimalkan waktu tes selama 2 menit tersebut agar bisa menjawab semua topik dengan jelas.

Nah, itulah contoh soal pada tes IELTS Speaking Part 1. Untuk pembahasan mengenai contoh-contoh soal IELTS Part 3 akan kita bahas di artikel selanjutnya. Jangan lupa follow akun Instagram Titik Nol English Course di @titiknolenglish ya!