Apa-itu-IELTS

Apa Itu IELTS

titiknolenglish.com (Apa itu IELTS) Hai Tners! kamu tahu nggak apa itu IELTS? ya, IELTS adalah salah satu persyaratan yang harus kamu penuhi apabila kamu ingin melanjutkan pendidikan atau bekerja ke luar negeri. IELTS menjadi suatu bukti bahwa kamu telah menguasai bahasa Inggris sebagai syarat kemampuan kamu pergi ke luar negeri untuk jurusan tertentu. Kalau kamu ke luar negeri dan tidak bisa berbahasa Inggris, pastinya kamu akan kesulitan untuk hidup di sana. Maka IELTS ini akan menjadikan bukti bahwa kamu memiliki kemampuan bahasa Inggris. Lebih jelasnya kamu bisa baca ulasan di bawah ini mengenai apa itu IELTS, simak Ulasannya sampai habis ya Tners!

Apa itu IELTS?

IELTS (International English Language Testing System) merupakan sebuah tes yang digunakan untuk menguji kemampuan bahasa Inggris bagi orang yang akan mengambil beasiswa, melanjutkan pendidikan, dan bekerja ke keluar negeri. IELTS menggunakan British English dan lebih dipilih di negara-negara Inggris dan negara-negara persemakmuran seperti Australia dan Selandia Baru. IELTS adalah salah satu syarat yang harus kamu penuhi apabila kamu ingin kuliah di negara lain, terlebih jika kamu berasal dari negara yang tidak menggunakan bahasa Inggris sebagai Bahasa Ibu. Pastinya kamu harus membuktikan kemampuan bahasa Inggrismu salah satunya dengan IELTS tersebut, agar kamu bisa berkomunikasi dengan orang-orang di negara tujuan kamu. Apa jadinya kan jika kamu kuliah di luar negeri tapi tidak bisa berkomunikasi dengan orang-orang di sana.

IELTS dibagi menjadi dua jenis, yang pertama adalah IELTS Academic, apa itu IELTS Academic? yaitu tes yang diperuntukan bagi mereka yang berkepentingan untuk melanjutkan pendidikan jenjang S1, S2, atau S3 di negara yang menggunakan bahasa Inggris. yang kedua adalah IELTS General Training, apa itu IELTS general training? yaitu yang dipertuntukan bagi mereka yang berkepentingan untuk bekerja, iimigrasi, atau mengikuti training singkat ke negara dengan bahasa Inggris. Jadi entah kamu bekerja, kuliah atau imigrasi, kamu harus menyertakan sertifikat IELTS sebagai persyaratan karena kamu nantinya tidak akan lepas dari Interaksi seperti percakapan sehari-hari, berdiskusi, presentasi dan lain-lain dengan orang di sana, yang pastinya menggunakan bahasa Inggris.

Format pengujian dalam tes IELTS ini menguji kemampuan bahasa Inggris pada empat aspek yaitu reading, listening, writing, dan speaking. Keempat kemampuan ini akan diujikan masing-masing dengan cara yang berbeda. Misalnya seperti dalam reading kamu harus bisa mengetahui makna dan pokok dari suatu bacaan, dalam listening kamu harus mengetahui makna dan pokok suatu dialog atau monolog, dalam writing dan speaking kamu harus bisa menyampaikan suatu pendapat secara lisan maupun tulisan. Tes IELTS ini lebih menekankan pada kemampuan kamu dalam praktek, jadi tidak hanya menjawab soal di atas kertas atau di layar komputer.

Baca juga: Uang Saku LPDP

Skoring IELTS

Apa itu skoring IELTS? skoring IELTS merupakan pengambilan nilai dari tes IELTS. Sebuah kemampuan pastinya memiliki tingkatan tertentu, juga sebuah tes atau ujian pasti memiliki nilai, tes IELTS juga demikian. Kemampuan bahasa Inggris yang diujikan pada kamu nantinya akan disajikan dalam bentuk skor. Skor dalam IELTS disajikan dalam rentang angka 1 sampai 9. Skor ini akan diberikan pada setiap aspek yang diujikan pada kamu yaitu reading, listening, writing, dan speaking. Selanjutnya setiap nilai tersebut akan diambil nilai akhir dengan cara mengambil rata-rata dari setiap skor yang kamu dapatnya, apabila hasilnya koma atau desimal, maka skor kamu akan dibulatkan pada angka terdekat. Misalnya dalam reading listening masing-masing kamu mendapat skor 8, dan writing, dan speaking mendapat nilai 6, maka dengan cara menjumlahkan setiap skor dan hasilnya dibagi 4, akan mendapat nilai akhir yaitu 7, itulah nilai akhir dari tes IELTS-mu.

Skoring ini memiliki interpretasi yang berbeda-beda pada setiap rentang angkanya. Interpretasi setiap angka ini menggambarkan kemampuan bahasa Inggris yang kamu kuasai. Interpretasi dari setiap rentang angkanya bisa kamu lihat di bawah ini:

 

Skor Tingkatan Interpretasi
1 Non User Tidak mampu berbahasa Inggris
2 Intermitent User Kesulitan memamahi dan mengekspresikan gagasan dalam bahasa Inggris
3 Extremely Limited User Kemampuan bahasa inggris masih terbatas
4 Limited User Kemampuan bahasa inggris masih terbatas
5 Modest User Pengetahuan bahasa Inggris yang lebih luas, akan tetapi masih terdapat beberapa kesalahan
6 Competent User Penguasaan bahasa Inggris yang baik, mampu terlibat percakapan sehari-hari
7 Good User Penguasaan yang baik, mampu terlibat dalam percapakan kompleks tertentu
8 Very Good User Penggunaan bahasa inggris yang sangat baik
9 Expert User Mahir berbahasa Inggris

 

Bagaimana Tahapan-Tahapan dalam Tes IELTS?

Selanjutnya dari artikel apa itu IELTS, Sudah dijelaskan bahwa tes IELTS menguji 4 kemampuan berbahasa Inggris, yaitu Reading, Writing, Listening, dan Speaking. Dari keempat kemampuan tersebut kamu akan diuji satu per satu, apa saja tahapan dalam tes IELTS? Minol akan jelaskan detailne di bawah ini:

Reading Test

Tes ini berdurasi 60 menit, di sini kalian akan diuji dengan berbagai jenis pertanyaan untuk melihat kemampuan membaca, menemukan pesan dari bacaan, mencari maksud bacaan, dan kemampuan membaca cepat secara keseluruhan.

Writing Test

Tes ini berdurasi 60 menit, kamu harus menyelesaika dua tugas untuk menulis topik-topik yang bersifat umum.

Tugas 1: kamu harus membuat penjelasan atau ringkasan dari tabel, grafik, atau diagram denan bahasa kamu sendiri.

Tugas 2: kamu harus membuat tanggapan atau argumen dalam bentuk essay mengenai suatu pendapat atau permasalahan

Listening Test

Tes ini berdurasi 40 menit, kamu akan mendengarkan 4 rekaman yang mana keempat rekaman tersebut menggunakan penutur asli bahasa Inggris

Rekaman 1 –  Mendengarkan dialog dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Rekaman 2 – Mendengarkan monolog tentang kehidupan sehari-hari atau dalam konteks sosial.
Rekaman 3 – Mendengarkan percakapan antara lebih dari dua orang dalam konteks pelatihan atau pendidikan.

Rekaman 4 – Mendengarkan monolog mengenai subjek akademik, Seperti kuliah universitas.

Speaking Test

Tes ini berdurasi 11-14 menit, kamu akan berbicara dalam bahasa inggris tentang hal-hal yang akan ditanyakan kepada kamu

Bagian 1: kamu akan ditanya mengenai diri kamu, keluarga, dan minat.

Bagian 2: kamu akan diberikan suatu topik, dan kamu harus berbicara mengenai topic tersebut

Bagian 3: kamu akan ditanyai mengenai topic yang sudah diberikan sebelumnya, disini kamu kan diajak berdiskusi mengenai topic tersebut.

Apakah persiapan sebelum tes IELTS itu penting?

setelah membaca membaca artikel apa itu IELTS, pertanyaan selanjutnya adalah apakah persiapan IELTS itu penting? Pastinya setiap persiapan sebelum melakukan tes itu penting. Anggaplah sebuah tes ini adalah sebuah pertandingan olimpiade, dan kamu adalah seorang atlet. Seorang atlet sebelum bertanding di olimpiade pasti telah melewati latihan yang menguras waktu dan tenaga, latihan ini dilakukan agar ia memperoleh kemenangan dalam pertandingan yang akan ia ikuti. Sama seperti tes IELTS, apabila kamu ingin mendapatkan nilai yang tinggi dan tujuan kamu untuk mengambil beasiswa, kuliah, atau bekerja di luar negeri dapat kamu raih, kamu harus melakukan persiapan sebelum benar-benar menghadapi tes IELTS. Akan sangat disayangkan apabila kamu sudah mendaftar tes IELTS dengan biaya yang lumayan mahal, akan tetapi kamu tidak mendapatkan nilai yang memuaskan hanya karena kamu belum persiapan. Maka kamu persiapan menjadi hal yang penting, salah satunya adalah dengan mengikuti kursus persiapn IELTS.

Titik Nol English Course menyediakan program kursus bahasa Inggris persiapan IELTS dengan nama program IELTS Preparation dan IELTS Scoring yang bisa kamu kuti secara offline dan online. apa itu IELTS Preparation? IELTS Preparation adalah program kursus persiapan IELTS bagi kamu yang sedang mempersiapkan tes IELTS. Lalu apa itu IELTS Scoring? IELTS scoring merupakan program lanjutan dimana kamu akan dibiasakan dengan latihan-latihan soal IELTS.

Di titik nol English Course kamu akan dibimbing oleh tutor yang berpengalamaan dan bersertifikasi Internasional. Pembelajarannya pun juga menyenankan, dijamin kamu tidak akan bosan, karena telah didukung oleh kurikulum yang terintegrasi dan diterapkan dengan cara yang inovatif. Titik Nol English Course juga sudah terbukti mengantarkan tutor dan alumninya mendapatkan beasiswa pendidikan dan bekerja ke luar negeri. harga kursusnya juga terjankau, kamu juga akan mendapatkan fasilitas dan bonus yang menarik. Jadi tunggu apalagi, persiapkan IELTS-mu di Titik Nol English Course, kamu juga bisa melihat program-program kursus kami dengan menggunjungi website resmi Titik Nol English Course.

Jika kamu ingin kursus untuk general english, kamu bisa mengikuti kursus bahasa Inggris di Bright English. Kamu akan belajar mengenai bahasa Inggris umum seperti Grammar dan Speaking. Kamu akan ditempatkan pada kelas sesuai dengan level kemampuan kamu, jadi kamu bisa belajar meskipun dari nol sekalipun. Jadi kembangkan kemampuan bahasa Inggris kamu di Bright English, kamu bisa mendaftarkan diri kamu dengan mengunjungi website resmi Bright English, belajar bahasa Inggris yang seru dan menyenangkan agar kamu bisa lebih pede berbicara bahasa Inggris.

itulah informasi mengenai apa itu IELTS. Selain program kursus kamu bisa membaca artikel-artikel lain selain “apa itu IELTS” di website Titik Nol English Course dan Bright English sebagai tambahan informasi bagi kamu. Tetap ikuti update info dari kami ya TNers!

  • Tes TOEFL ITP Online Resmi
Daftar Kursus TOEFL dan IELTS