Durasi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak

Durasi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak, Ideal dan Tidak Bakal Bosan

Hi TNers Mom and Dad, kira-kira berapa sih durasi belajar bahasa Inggris untuk anak yang paling ideal? Mengajarkan bahasa Inggris untuk anak sejak dini memang jadi impian banyak orang tua. Supaya cepat pintar, tak jarang anak-anak dipaksa untuk belajar lebih lama dan lebih banyak.

Namun fakta menyebutkan bahwa anak-anak punya cara belajar yang jauh berbeda dengan orang dewasa loh! Meskipun cepat dalam menangkap hal-hal baru, ternyata anak-anak juga gampang hilang fokus. Lalu, bagaimana cara menentukan durasi belajar untuk anak yang pas agar mereka makin bersemangat? Simak baik-baik dalam artikel kali ini ya, Tners Mom!

Mengapa Tahu Durasi Belajar itu Penting? 

Tahu dan paham akan lama belajar, terutama belajar bahasa Inggris untuk anak itu sangatlah penting. Setiap anak punya kemampuan fokus yang berbeda-beda karena berbagai faktor, terutama usia. Bayangkan kalau anak TNers Mom dipaksa belajar terus tanpa dikasih jeda, tentunya mereka bakal cepat bosan dan bahkan sampai lelah.

Belajar bahasa Inggris untuk anak akan lebih menyenangkan sekaligus efektif kalau sudah tau durasi yang pas. Tak cuma itu, anak tidak bakal merasa tertekan. Durasi belajar bahasa Inggris untuk anak yang pas justru bisa menjaga minat belajar anak karena mereka semakin tertarik dan enjoy.

Faktor yang Mempengaruhi Durasi Belajar

Pernah nggak sih TNers Mom kesal kalau anak-anak belajar cuma sebentar dan lebih pilih main gadget? Perlu diketahui kalau durasi belajar tiap anak berbeda-beda. Selain karena distraksi dari luar, ternyata ada loh beberapa faktor yang mempengaruhi hal ini. Simak baik-baik di bawah ini ya.

Tingkat Kemampuan Anak 

Penguasaan akan bahasa tidak bisa disamakan pada tiap anak ya, TNers Mom! Anak yang baru belajar bahasa Inggris pastinya butuh aktivitas yang ringan dan sesi belajar yang pendek. Lain halnya kalau anak sudah mahir, sesi belajar bisa lebih panjang atau menantang. Oleh karena itu, penting bagi TNers Mom mengenal tingkat kemampuan anaknya. 

Usia Anak

Anak-anak dengan usia tertentu memiliki cara belajar  yang berbeda. Tingkat usia anak ikut menentukan lamanya mereka bisa fokus belajar. Semakin muda, sesi belajar anak akan semakin pendek. Jika anak makin bertambah usia, maka durasi belajar bisa lebih lama.

Metode Pembelajaran

Faktor yang ikut mempengaruhi lama belajar adalah metode pembelajaran. Jika cara belajar lebih interaktif dan menarik, dijamin anak-anak bakal betah. Sebaliknya, kalau cara belajar sangat monoton, durasi belajar bahasa Inggris untuk anak menjadi singkat.

Oleh karena itu, pilih tutor atau guru yang memberikan metode pembelajaran menarik. Salah satunya tutor dari Titik Nol English yang sangat paham tentang pendekatan belajar super seru serta disesuaikan dengan gaya belajar anak.

TNers Mom masih bingung dengan metode pembelajaran seperti apa yang cocok untuk anak? Kami memiliki metode unggulan gamified leraning dan age-adaptive content yang cocok untuk rentang usia 7-15 tahun. Anak-anak jadi lebih paham dan belajar jadi lebih menyenangkan. Info selengkapnya klik button di bawah ini!

Durasi Belajar Bahasa Inggris untuk Anak Berdasarkan Usia

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, salah satu faktor yang bikin mempengaruhi durasi belajar anak adalah usianya. Yuk, kita bahas selengkapnya di sini!

Usia 3 – 5 Tahun

Anak-anak usia dini punya karakteristik unik seperti rasa ingin tahu yang tinggi. Kalau TNers Mom mengamati, mereka suka menjelajah dan berinteraksi dengan apa yang ada di sekitarnya. 

Selain itu, mereka punya batas fokus atau perhatian yang pendek sehingga sangat butuh yang namanya variasi. Tak heran kalau anak-anak dengan usia ini mudah bosan kalau berkutat dengan satu aktivitas. 

Lalu, berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk belajar bahasa Inggris untuk anak-anak dengan usia 3-5 tahun? Rentang waktu 10 –  15 menit per sesi sudah cukup untuk mengajari anak bahasa Inggris. 

Agar mereka makin betah, tambahkan aktivitas interaktif seperti permainan, lagu-lagu anak , atau aktivitas menyenangkan lainnya. Jika anak sudah terlihat bosan dengan kegiatan tadi, ajak mereka untuk aktivitas melibatkan fisik seperti berlari atau bermain. 

Usia 6 – 8 Tahun

Tahukah TNers Mom jika anak dengan usia 6-8 tahun sudah punya fokus yang lebih lama? Dengan rentang usia ini, pastinya anak-anak sudah masuk usia sekolah. 

Durasi belajar bahasa Inggris untuk anak dengan usia ini yang ideal adalah 20 hingga 30 menit di tiap sesinya. Meskipun tingkat fokus lebih tinggi, pembelajaran untuk usia ini harus tetap fun, ya!

Contohnya bermain game edukasi, membaca cerita pendek, atau nonton video yang menggunakan bahasa Inggris ringan. Aktivitas yang variatif tersebut makin bikin anak betah dan ketagihan untuk belajar.

Usia 9 – 12 Tahun

Rentang usia anak selanjutnya adalah 9 hingga 12 tahun yang mana mereka sudah siap untuk diajak serius namun harus tetap asyik. Durasi belajar bahasa Inggris untuk anak di kelompok usia ini ideal jika per sesi memiliki waktu 45 hingga 60 menit saja. 

Berbagai materi intensif yang bisa diajarkan misalnya nonton film pendek, conversion sederhana, atau baca buku cerita berbahasa Inggris. Aktivitas seperti itu bisa membuat anak belajar lebih lama.

Namun tahukah TNers Mom, meskipun serius ternyata mereka juga bisa jenuh loh! Untuk mengatasi kejenuhan itu, guru atau tutor bisa memberikan selingan atau istirahat agar mereka merasa lebih santai. 

Itu dia durasi belajar bahasa Inggris untuk anak yang paling ideal berdasarkan kelompok usianya. Memberikan pembelajaran bahasa Inggris maupun materi lain untuk anak-anak akan lebih efektif kalau TNers Mom and Dad sudah memahami hal ini. Anak nyaman, TNers Mom and Dad juga akan lebih tenang!

+ posts