3 Beasiswa untuk Tenaga Pengajar/Guru

titiknolenglish.com (3 Beasiswa untuk Tenaga Pengajar) – Hallo TNers, siapa diantara kalian yang bercita-cita menjadi tenaga pengajar/guru? Nah, kali ini Minol punya informasi menarik dan unik tentang beasiswa yang disediakan khusus untuk kamu yang memiliki latar belakang seorang pengajar.

Siapa pun kamu yang sudah merencanakan untuk melanjutkan kuliah di luar negeri tidak ada salahnya untuk mecoba salah satu beasiswa di bawah ini.

Apa kalian sudah penasaran beasiswa apa saja yang disediakan untuk tenaga pengajar/guru. Yuk langsung aja simak infonya sampai habis!

Fullbright Distinguished Awards in Teaching Program (Fullbright DAI)

Beasiswa Fullbright DAI memberikan kesempatan bagi para pengajar tingkat SD-SMA di Indonesia untuk mengikuti perkuliahan selama satu semester di AS. Beasiswa fully funded dari organisasi non-profit asal Washington ini memberikan tunjangan berupa biaya visa, pembekalan pre-departure, tiket pesawat PP, akomodasi, transportasi, uang saku, serta tunjangan lain yang dibutuhkan.

Beberapa Persyaratan Umum:

  1. Guru tetap SD-SMA
  2. Memiliki minimal 3 tahun pengalaman mengajar
  3. WNI
  4. Bergelar Sarjana
  5. TOEFL ITP min. 500/TOEFL iBT min. 60

Link

www.aminef.or.id

MEXT Teacher Training

Selain memberikan beasiswa S2 dan S3, Monbukagakusho (MEXT) juga ternyata menawarkan beasiswa khusus untuk tenaga pendidik nih, Sob. Beasiswa ini bertujuan untuk meningkatkan mutu serta kemampuan para guru. Nantinya, para penerima akan mendapat benefit berupa biaya kuliah, tunjangan hidup sebesar ¥143,000 (Rp 19,5 juta) per bulan, asrama, biaya visa, dan tiket pesawat PP.

Beberapa persyaratan umum:

  1. Usia maksimal 34 tahun
  2. Telah lulus S1/D4
  3. Guru aktif di lembaga formal SD-SMA
  4. Memiliki pengalaman mengajar min. 5 tahun
  5. Sehat Jasmani dan Rohani

Link

id.emb-japan.go.jp/sch_tt.html

Beasiswa Pendidikan Pascasarjana Luar Negeri (BPP-LN)

BPP-LN adalah beasiswa tahunan yang datang dari dalam negeri. Beasiswa ini ditujukan khusus bagi dosen tetap di bawah Kementerian Ristek Dikti yang ingin mengambil gelar S3 di luar negeri. Dikti memberikan tunjangan lengkap berupa 100% uang kuliah, biaya hidup penerima dan keluarga yang menyertai, tiket pesawat PP, asuransi kesehatan, serta biaya buku.

Beberapa persyaratan umum

  1. Dosen tetap di bawah Kemristekdikti
  2. Telah memiliki gelar S2
  3. Telah memiliki LoA dari universitas tujuan
  4. Usia maksimal 47 tahun
  5. Bersedia melakukan ikatan dinas seusai studi

Link

beasiswadosen.kemdikbud.go.id/bppln/