New Zealand Scholarship (NZS)

NZS adalah beasiswa S2 dan S3 yang diberikan oleh pemerintah New Zaeland kepada mahasiswa internasional. Tunjangan beasiswa ini mencakup biaya kuliah penuh, biaya hidup, tunjangan kemandirian, asuransi, dan tiket pesawat. Menariknya, beasiswa ini juga memprioritaskan pendaftar yang berasal dari kawasan Indonesia Timur, tepatnya NTB, NTT, Maluku, Maluku Utara, Papua, dan Papua Barat. Beberapa bidang studi yang dijadikan prioritas antara lain good governance, climate change, dan agriculture.

Link https://www.mfat.govt.nz/en/aid-and-development/new-zealand-government-scholarships/

University of Auckland

Universitas yang terletak di kota Auckland ini adalah universitas nomor satu di New Zealand dan menduduki peringkat 85 di dunia menurut QS World University Rankings. University of Auckland memiliki sekitar 7000 mahasiswa dari 120 negara yang berbeda. Universitas ini menawarkan jurusan di bidang Bisnis, Seni, Pendidikan, Teknik, Hukum, Ilmu Kesehatan, Sains, dan Industri.

University of Otago

University of Otago adalah universitas tertua di New Zealand, di dalamnya terdapat bangunan kuno nan ikonik, yakni Clocktower yang telah berdiri sejak tahun 1869. Universitas yang menduduki peringkat 175 di dunia ini memiliki reputasi yang sangat baik dalam bidang riset. Universitas ini juga menawarkan pendidikan di berbagai bidang, di antaranya Ilmu Kesehatan, Sains, Sastra, dan Bisnis.

Victoria University of Wellington

Secara umum, Victoria University of Wellington terdapat di peringkat 221 di dunia. Akan tetapi, kampus yang terletak di Ibukota New Zealand ini berhasil menempatkan jurusan Ilmu Hukumnya dalam peringkat 38 di dunia, lho! Tak hanya itu, program studi lain seperti Arkeologi, Bahasa Inggris, dan Ilmu Sejarah di universitas ini pun berhasil menduduki peringkat seratus besar. Maka tak heran jika Victoria University of Wellington kerap dijadikan kampus pilihan.

University of Canterbury

Universitas ini adalah universitas tertua kedua di New Zealand dan berhasil menduduki peringkat 231 dunia. Menariknya, universitas ini didirikan oleh para lulusan Oxford dan Cambridge pada tahun 1873. University of Cantebury memiliki fakultas Seni, Bisnis dan Ekonomi, Pendidikan, Teknik, Sains, dan Hukum.

University of Waikato

Terletak di North Island, University of Waikato berhasil mencapai peringkat kelima universitas terbaik New Zealand dan peringkat 274 di dunia. Universitas ini terkenal akan kemitraannya dengan lembaga pemerintahan dan lembaga pendidikan lain, terutama di bidang riset. Universitas ini memiliki lebih dari 100 program studi di bidang Seni, Ilmu Komputer dan Matematika, Ilmu Kesehatan, Pendidikan, Hukum, Sains, Teknik, dan Manajemen.