Romanian Government Scholarship

Benefit yang ditawarkan Beasiswa Pemerintah Romania ini memang tidak perlu diragukan lagi. Dari biaya kuliah, biaya hidup, asuransi, dan akomodasi semua terpenuhi. Gak heran kalau beasiswa ini kerap dijadikan rebutan. Eits… gak cuma itu, beasiswa ini juga membebaskan pendaftarnya dari melampirkan surat rekomendasi! Waah, enak banget, kan?

https://www.mae.ro/en/node/10251

Russian Government Scholarship

Bagi sobat titiknolenglish yang mau mengenal budaya Rusia lebih dalam, beasiswa ini cocok untuk dijadikan pertimbangan. Dokumen yang diperlukan untuk mendaftar beasiswa ini simple banget! Kamu cukup melampirkan formulir elektronik, paspor, dan ijazah saja. Gak perlu pakai Recommendation Letter atau TOEFL. Beasiswa ini tersedia untuk S1-S3 lho!

https://studyinrussia.ru/en/actual/scholarships/

Stipendium Hungaricum

Sama seperti dua besasiswa sebelumnya, beasiswa Pemerintah Hungaria yang satu ini juga tidak menuntut pendaftar untuk memiliki Surat Rekomendasi. Dokumen yang diperlukan untuk apply beasiswa fully funded ini antara lain sertifikat bahasa, ijazah, surat keterangan medis, dan portofolio (untuk jurusan tertentu). Uniknya, beasiswa ini juga menyediakan pelatihan gratis bahasa Hungaria, loh! Waah, menarik!

https://stipendiumhungaricum.hu/

Invest your talent in Italy

Sedikit berbeda dengan beasiswa-beasiswa sebelumnya, beasiswa ini hanya dibuka untuk beberapa program khusus, yakni desain, teknik, ekonomi, manajemen, advance technology, dan arsitektur. Beasiswa S2 ke Italy ini tidak menuntut para pendaftar untuk melampirkan recommendation letter, kamu cukup menyiapkan CV, paspor, sertifikat IELTS/TOEFL, serta transkrip nilai untuk memenuhi syarat administrasi. Gimana? Sudah siap terbang ke Italia?

https://investyourtalentapplication.esteri.it/

Eric Bleumink Fund (EBF) Scholarship

Kabar baik untuk kamu yang ingin kuliah di Belanda! Menduduki peringkat 128 di QS World University Rankings, University of Groningen menawarkan beasiswa S2 fully funded bagi para pelajar internasional. Untuk mendaftar beasiswa ini, kamu gak butuh surat rekomendasi, cukup melampirkan ijazah, paspor, dan LoA. Mudah, kan? Beasiswa ini juga membebaskan kamu untuk memilih jurusan di University of Groningen lho!

https://www.rug.nl/education/scholarships/eric-bleumink-fund?lang=en