Hello, Guys! Tau gak sih kalau Data Analysts berada di peringkat pertama dalam Jobs of Tomorrow menurut World Economic Forum? Ya, demand terhadap pekerjaan ini diduga akan meningkat pesat hingga tahun 2025 mendatang.

Apa itu Data Analysts?

Secara singkat, data analyst bertugas untuk menerjemahkan angka-angka menjadi sebuah laporan yang mudah dipahami. Data-data seperti data penjualan, riset pasar, logistik, maupun biaya transportasi akan disulap oleh data analyst menjadi sebuah acuan perusahaan untuk menentukan harga produk atau melakukan efisiensi biaya.

Nah, pekerjaan ini pas banget buat kamu yang hobi berkutat dengan angka dan melek teknologi!

Management Information Systems

Jurusan ini pastinya cocok bagi calon-calon data analysts, karena jurusan ini secara spesifik mempelajari tentang teori dan penggunaan teknologi informasi untuk kebutuhan manajemen suatu perusahaan.

Rekomendasi Universitas

  1. Massachusetts Institute of Technology
  2. University of Texas
  3. University of Manchester

Computer Science

Di zaman yang serba big data, melek teknologi tentu menjadi sebuah keharusan. Nah, dengan kuliah di jurusan Ilmu Komputer, selain mendalami teknologi, kamu juga akan dididik untuk mengolah data yang ada dengan efektif menggunakan program-program pilihan.

Rekomendasi Universitas

  1. Massachusetts Institute of Technology
  2. Stanford University
  3. University of Oxford

Finance

Lulusan Finance cocok menjadi seorang data analyst karena telah terlatih untuk memiliki kemampuan kuantitatif yang kuat dan pengetahuan yang mendalam tentang probability & risk, termasuk dalam konteks bisnis.

Rekomendasi Universitas

  1. Harvard University
  2. London School of Economics and Political Science
  3. National University of Singapore

Statistics

Sebagai sebuah studi data, Ilmu Statistika tentu menjadi jurusan yang tepat untuk menjadi data analyst. Kini, mayoritas jurusan Statistika juga memiliki ilmu tentang statistical programming dalam kurikulumnya, menjadikan jurusan ini sangat relevan dengan zaman.

Rekomendasi Universitas

  1. ETH Zurich – Swiss Federal Institute of Technology
  2. Imperial College London
  3. University of California, Berkeley (UCB)