Sobat tiknol masih ingat kan LoA itu apa? Yup! LoA atau Letter of Acceptance adalah surat pernyataan dari kampus bersangkutan yang membuktikan bahwa pendaftar telah diterima di kampus tersebut, dengan jurusan yang dituju.

Nah tapi gak semua beasiswa membutuhkan LoA, lho. Bahkan, beberapa beasiswa akan memastikan diterimanya para awardee di universitas pilihan. Jadi jika kamu mendapat beasiswa tersebut, kamu otomatis bisa memilih universitas yang telah menjadi partner. Enak banget kan? Kira-kira beasiswa apa aja sih? Berikut beberapa beasiswa yang gak pakai LoA!

New Zealand Scholarship (NZS)

Beasiswa yang Gak Perlu LoA Pertama adalah New Zealand Scholarship. Beasiswa ini memang menjadi incaran para scholarship hunter tiap tahunnya. Bagaimana tidak? NZS memberikan tunjangan penuh berupa biaya kuliah, biaya kedatangan, tunjangan hidup, asuransi kesehatan, serta biaya perjalanan. Terlebih lagi, beasiswa ini tidak mengharuskan pendaftar untuk melampirkan LoA. Jika diterima sebagai awardee, maka pihak NZS yang akan mencarikan tempat di perguruan tinggi yang sesuai dengan formulir. Enak banget, kan!

Periode Beasiswa

Bulan Februari – Maret

Link

www.nzscholarships.govt.nz

Australia Awards Scholarship

Beasiswa yang Gak Perlu LoA selanjutanya adalah AAS. Beasiswa yang satu ini adalah beasiswa yang paling dikejar para pelajar Indonesia yang ingin melanjutkan studi di Australia. Selain tidak membutuhkan LoA, beasiswa yang ditawarkan oleh Pemerintah Australia ini juga menanggung seluruh biaya pendidikan, biaya visa, tiket pesawat PP Indonesia-Australia, serta tunjangan-tunjangan lainnya. Ayo, jangan sampai ketinggalan!

Periode Beasiswa

Bulan April-Mei

Link

Australiaawardsindonesia.org

Knight-Hennessy Scholarship

Beasiswa yang Gak Perlu LoA selanjutnya adalah Knigh-Hennessy Scolarship. Kita semua pasti udah gak asing lagi kan dengar Stanford University? Nah, universitas nomor 2 di dunia ini ternyata juga membuka beasiswa fully funded untuk S2 & S3 nih! Melalui beasiswa Knight-Hennesy, para penerima akan diberi tunjangan penuh biaya kuliah, uang saku, akomodasi, tunjangan pendidikan dan tiket pesawat PP. Menariknya, kamu bisa daftar beasiswa ini tanpa LoA dari Stanford!

Periode Beasiswa

Sekitar bulan Oktober

Link

https://knight-hennessy.stanford.edu/

Beasiswa Monbukagakusho/MEXT

Beasiswa yang Gak Perlu LoA Selanjutnya adalah Beasiswa Mobukagakusho/MEXT. Beasiswa dari pemerintah Jepang ini memang jadi primadona incaran para pelajar Indonesia. Beasiswa ini menanggung 100% biaya tiket pesawat, pembuatan visa, hingga biaya perkuliahan. Ada pula uang saku sebesar ¥117.000/bulan (setara Rp 15,5 juta) untuk menunjang kehidupan selama di sana. Terlebih lagi, beasiswa ini juga tidak memerlukan LoA, untuk mendaftar cukup dengan melampirkan dokumen identitas, kemampuan bahasa, ijazah, dan transkrip nilai saja.

Periode Beasiswa

Tahap I: 15 – 29 Juni

Tahap II: 1 – 15 Juli

Link

www.id.emb-japan.go.jp/sch_gakubu2021.html

Stipendium Hungaricum

Beasiswa yang Gak Perlu LoA selanjutnya adalah Stipendium Hungaricum. Sama seperti beasiswa-beasiswa sebelumnya, beasiswa Pemerintah Hungaria yang satu ini juga tidak menuntut pendaftar untuk memiliki LoA, lho! Sebagai awardee, kamu akan mendapat fasilitas berupa tunjangan biaya kuliah, tunjangan hidup, biaya akomodasi, dan asuransi kesehatan. Eits… masih ada lagi, beasiswa ini juga menyediakan pelatihan bahasa Hungaria gratis!

Periode Beasiswa

Bulan Januari

Link

apply.stipendiumhungaricum.hu

Nah itu tadi beasiswa tanpa LoA! Kira-kira beasiswa mana nih yang paling sobat tiknol minati?

 

Tertarik untuk Menjadi Scholarship Hunters? yuk Mulai kursus TOEFL dan IELTS disini >>>